eprintid: 29324 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/93/24 datestamp: 2023-09-26 02:19:06 lastmod: 2023-09-26 02:19:06 status_changed: 2023-09-26 02:19:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraeni, Adelia Nur title: Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna Ecommerce (Studi Kasus pada Usaha Online Shop) ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan perpajakan, sanksi pajak, sosialisasi perpajakan, dan tarif pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce terutama pada usaha online shop. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang terdaftar pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Sampel pada penelitian ini adalah 100 usaha online shop pada bidang fashion yang beroperasi di media sosial Instagram dan berada di DKI Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengirimkan kuesioner melalui chat personal dalam bentuk google form kepada pengusaha online shop. Teknik pengolahan data dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis model pengukuran atau outer model, dan analisis model struktural atau inner model dengan pendekatan SEM (Structural Equation Modelling) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan program software SmartPLS versi 3.3.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce (usaha online shop). Sedangkan variabel sosialisasi perpajakan dan tarif pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce (usaha online shop). Dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan uji R-Square menunjukkan bahwa variabel kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce dipengaruhi oleh variabel Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak sebesar 0,504 atau 50,4% sehingga sisanya 49,6% dijelaskan oleh variabel lain. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan variabel lain selain variabel yang diteliti dalam penelitian ini, menambah sampel data, dan waktu yang lebih luas untuk memberikan wawasan lebih luas mengenai kepatuhan Wajib Pajak. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 29 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arisandy, N. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 62–71. Atarwaman, R. J. D. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 39–51. Ezer, E., & Ghozali, I. (2017). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Tarif Pajak, Denda Pajak, Dan Probabilitas Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 407–419. Febrian, E., & Hasan, J. M. (2021). Wajib Pajak Dan Pemahaman Wajib Pajak Kepatuhan Wajib Pajak. Abstrak. 1(1), 482–487. Fitria, R., & Muiz, E. (2021). Penerapan E-Filing, Pengetahuan Perpajakan Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi, 10(1), 107–115 Hama, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Peraturan Pajak, Dan Penyuluhan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Transaksi E-Commerce di Surabaya (The Effect of Taxpayer Awareness, Knowledge of Tax Regulations, and Tax Education on Tax Payment) C. Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(2). Hapsari, A. R., Ramayanti, 2022). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak , Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM 5(1), 16–24. Indriyani, P. D., & Jayanto, P. Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan WPOP Pelaku E-Commerce di Kota Semarang pada Platform Online Marketplace Blibli.com. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 113–122. Mardiasmo. (2018). Perpajakan (Maya & Andang (eds.); XIX). Andi Offset. Maxuel, A., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh sosialisasi perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 16, 21–29. Maxuel, A., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh sosialisasi perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 16, 21–29. Pasaribu, E. M., & Wijaya, S. Y. (2017). Implementasi Teori Atribusi Untuk Menilai Perilaku Kecurangan Akuntansi. Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 41–66. Prof. H. Imam Ghozali. (2021). Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3 (ed.)). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Putri Thoyyibatun Nadiyah, Syamsul Bahri, M. A. T. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran, Dan Sanksi Denda Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Pada Usaha E-Commerce. Conference on Economic and Business Innovation (CEBI) Faculty of Economic and Business, Widyagama University of Malang, Vol. 1 No.(2021-03–32), 1–14. Rahayu Rahmadhani, S., Cheisviyanny, C., & Mulyani, E. (2020). Analisis Kepatuhan Pajak Pelaku UMKM Pasca Penerbitan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(1), 2537–2553. Romadhon, F., & Diamastuti, E. (2020). Tax Compliance: A Theoretical Analysis Based on the Perspective of Attribution Theory. Jurnal Ilmiah Esai, 14(1), 17– 35. Romindo, Muttaqin, Saputra, D. H., Purba, D. W., Iswahyudi, M., Banjarnahor, A. R., Kusuma, A. H. P., Effendy, F., Sulaiman, O. K., & Simarmata, J. (2019). E-commerce Impelentasi, Strategi & Inovasinya (T. Limbong & Janner Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis. Siamena, E., Sabijono, H., & Warongan, J. D. . (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 917–927. Sudaryono, Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-commerce dorong perekonomian Indonesia, selama pandemi covid 19 sebagai entrepreneur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan, 2(3), 200– 213. Sudrajat, A. (2020). Pajak E-Commerce, Pemecahan dan Solusinya. Jurnal Pajak Vokasi (JUPASI), 2(1), 22–36. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Tikupadang, W. K., & Palalangan, C. A. (2020). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak, Pengetahuan Sistem e-Filling, Tax Audit, dan Tax Avoidance terhadap Penerimaan Pajak (Studi Kasus Pada KPP Makassar Utara). Paulus Journal of Accounting (PJA), 1(2), 45–53. Wahyu, G., & Zulma, M. (2020). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Administrasi Pajak, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak Pada Pelaku Usaha UMKM di Indonesia. 4(September), 288–294. Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pengetahuan Perpajakan Sebagai Variabel Interventing (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64–69. Yuliyanah, P. R., R, D. N., & Fanani, B. (2019). Pengaruh Omzet Penghasilan, Tarif Pajak, Serta Self Assessment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tegal. Multiplier: Jurnal Magister Manajemen, 3(1). https://pajak.go.id/id/tahunan-page. https://jakarta.bpk.go.id/peta-wilayah-jakarta/ https://jakarta.bps.go.id/publication/2021/02/26/bb7fa6dd5e90b534e3fa6984/prov insi-dki-jakarta-dalam-angka-2021.html. citation: Anggraeni, Adelia Nur (2022) Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna Ecommerce (Studi Kasus pada Usaha Online Shop). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29324/1/FEB_AKT_1802015067_Adelia%20Nur%20Anggreni.pdf