relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29324/ title: Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna Ecommerce (Studi Kasus pada Usaha Online Shop) creator: Anggraeni, Adelia Nur subject: HG Finance description: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan perpajakan, sanksi pajak, sosialisasi perpajakan, dan tarif pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce terutama pada usaha online shop. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang terdaftar pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Sampel pada penelitian ini adalah 100 usaha online shop pada bidang fashion yang beroperasi di media sosial Instagram dan berada di DKI Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengirimkan kuesioner melalui chat personal dalam bentuk google form kepada pengusaha online shop. Teknik pengolahan data dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis model pengukuran atau outer model, dan analisis model struktural atau inner model dengan pendekatan SEM (Structural Equation Modelling) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan program software SmartPLS versi 3.3.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce (usaha online shop). Sedangkan variabel sosialisasi perpajakan dan tarif pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce (usaha online shop). Dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan uji R-Square menunjukkan bahwa variabel kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce dipengaruhi oleh variabel Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak sebesar 0,504 atau 50,4% sehingga sisanya 49,6% dijelaskan oleh variabel lain. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan variabel lain selain variabel yang diteliti dalam penelitian ini, menambah sampel data, dan waktu yang lebih luas untuk memberikan wawasan lebih luas mengenai kepatuhan Wajib Pajak. date: 2022 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29324/1/FEB_AKT_1802015067_Adelia%20Nur%20Anggreni.pdf identifier: Anggraeni, Adelia Nur (2022) Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna Ecommerce (Studi Kasus pada Usaha Online Shop). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.