eprintid: 29317 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/93/17 datestamp: 2023-09-26 01:52:26 lastmod: 2023-10-10 01:34:10 status_changed: 2023-09-26 01:52:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yunita, Whidya Fransisca title: Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2016-2021 ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini sebanyak 42 perusahaan yang terdaftar di BEI pada sektor pertambangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 7 (tujuh) perusahaan sampel dengan 6 (enam) tahun pengamatan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan corporate social responsibility memperoleh nilai thitung sebesar -1.514 > ttabel -2.02809 sehingga dapat disimpulkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Return on asset memperoleh nilai thitung sebesar -1.525 > ttabel -2.02809 sehingga dapat disimpulkan bahwa return on asset berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Return on equity memperoleh nilai thitung sebesar 5.930 > ttabel -2.02809 sehingga dapat disimpulkan bahwa return on equity berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Net profit margin memperoleh nilai thitung sebesar -3.782 < ttabel -2.02809 sehingga dapat disimpulkan bahwa net profit margin tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Earning per share memperoleh nilai thitung sebesar -0.677 > ttabel -2.02809 sehingga dapat disimpulkan bahwa earning per share berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan nilai Fhitung 9.200 > Ftabel 2.47 serta nilai Adjusted R Square sebesar 0.500 yang berarti bahwa variasi perubahan naik turunnya Nilai Perusahaan dapat dijelaskan oleh corporate social responsibility, return on asset, return on equity, net profit margin dan earning per share sebesar 50%. Sedangkan sisanya 50% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak masuk ke dalam penelitian ini seperti leverage, firm size, dan debt to equity ratio. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang telah disebutkan, menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel perusahaan yang berbeda. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 34 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aripin, Z., dan Negara, R. P. (2021). Perilaku Bisnis: Etika Bisnis & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Budi Utama. Arum, R. A. (2022). Analisis Laporan Keuangan: Penilaian Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Rasio Keuangan. Bandung: Media Sains Indonesia. Astuti. (2021). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Media Sains Indonesia. Azhaguraja, N., dan Deo M. (2020). Role Of Corporate Governance Professionals on Firm Value. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering. Volume 9, Issue 3. Januari 2020. Department of Commerce, Pondicherry University, Pondicherry, India. Bintara, R. (2020). Asean Corporate Governance Scorecard, Financial Performance, and Disclosure of Corporate Social Responsibility on Firm Value. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR). Volume 6, Issue 7. Juli 2020. Universitas Mercu Buana. Cahya, K. D., dan Riwoe, J. C. (2018). Pengaruh ROA dan ROE Terhadap Nilai Perusahaan dengan Sustainability Reporting sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Terdaftar di LQ 45. Maret 2018. Journal of Accounting and Business Studies, Volume 3, Issue 1. Chintrakarn, P., Jiraporn, P., Jiraporn, N., dan Davidson, T. (2017). Estimating the Effect of Corporate Social Responsibility on Firm Value Using Geographic Identification. Asia-Pacific Journal of Financial Studies. Volume 46, Issue 2. April 2017. Mahidol University International College (MUIC), Thailand., School of Graduate Professional Studies (SGPS), Pennsylvania State University, United States., State University of New York (SUNY) at Oswego, United States., dan Ohio University, United States. Dhani, I. P., dan Utama, A. G. S. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga. Volume 2, Nomor 1. Mei 2017. Universitas Airlangga, Surabaya. Gao, Y., dan Han, K. (2020). Managerial Overconfidence, CSR and Firm Value. Asia-Pacific Journal of Accounting & Economics. Volume 1, Issue 19. Oktober 2020. Department of Accounting, Qingdao University, Qingdao, China., dan Department of Accounting, Jeonbuk National University, Jeonju, South Korea. Hanafi, M. M. (2016). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE. Ji, S. (2020). The Impact of Corporate Social Responsibility on Firm Value Consider Customer Awareness and Industry Fixed Effect. April 2020. Western University. Labetubun, H. A. (2022). CSR Perusahaan Teori dan Praktis untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab. Bandung: Widina Bhakti Persada. Liniarti, S., dan Nasution. (2022). Kajian Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jakarta: Guepedia. Luffarelli, J., dan Awaysheh, A. (2018). The Impact of Indirect Corporate Social Performance Signals on Firm Value: Evidence from an Event Study. Corporate Social Responsibility and Environmental Management. Volume 25, Issue 3. Mei 2018. Kelley School of Business, Indiana University, 801 W Michigan St, Indianapolis, IN 46202, USA. Mahyuni, L. P. (2021). Strategi Praktis Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah untuk Sukses Publikasi pada Jurnal Bereputasi. Aceh: Syiah Kuala University Press. Marhaeningtyas, D., dan Hartono, U. (2020). Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan di Indonesia). Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 8, Nomor 3. Juli 2020. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. Mishra, R. dan Kapil, S. (2017), Effect of Ownership Structure and Board Structure on Firm Value: Evidence from India. The International Journal of Business in Society. Volume 17, Issue 4. Agustus 2017. Comell University Library. Muchtar, E. H. (2021). Corporate Governance: Konsep dan Implementasinya pada Emiten Saham Syariah. Indramayu: Penerbit Adab. Mufidah, N. M., dan Purnamasari, P. E. (2018). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderating. Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah. Volume 6, Nomor 1. Tahun 2018. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Muniarty, P. (2021). Strategi Pengelolaan Manajemen Resiko Perusahaan. Cirebon: Penerbit Insania. Nafisah, N. I., Halim, A., dan Sari, A. R. (2018). Pengaruh Return on Assets (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Return on Equity (ROE), Price Earning Ratio (PER), Total Assets Turnover (TATO), dan Earning per Share (EPS) terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi. Volume 6, Nomor 2. Oktober 2018. Universitas Kanjuruhan, Malang. Puspitaningtyas, Z., dan Rasda, A. A. (2020). Kemampuan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi. Yogyakarta: Pandiva Buku. Puteri, A. W., dan Laily, N. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). Volume 7, Nomor 1. Januari 2018. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya. Saputra, W. S. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Bisnis. Volume 10, Nomor 1. Januari 2018. Universitas Bunda Mulia, Indonesia. Septiana, A. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep Dasar dan Deskripsi Laporan Keuangan. Pamekasan: Duta Media Publishing. Setianto, B. (2016). Prospek Investasi Saham Adaro Energy per Laporan Keuangan Q2 2016: Lengkap Profile Emiten, Industry Analysis, Key Financials dan Laporan Keuangan, Perhitungan Nilai Wajar Saham & Beberapa Metode Valuasi. Jakarta: BSK Capital. Sihombing, M. A., Hutagalung, D. N., Siska, N., dan Sakuntala, D. (2020). Pengaruh Intellectual Capital, Earning per Share, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia. Riset dan Jurnal Akuntansi. Volume 4, Nomor 2. Agustus 2020. Universitas Prima Indonesia, Medan. Simeth, M., dan Cincera, M. (2015). Corporate Science, Innovation and Firm Value. Forthcoming, Management Science. Mei 2015. Universidad Carlos III de Madrid, Department of Business Administration, Spain. dan Université Libre de Bruxelles (ULB), Solvay Brussels School of Economics and Management, iCite, Belgium. Singh, P. J., Sethuraman, K., dan Lam, J. Y. (2017). Impact of Corporate Social Responsibility Dimensions on Firm Value: Some Evidence from Hong Kong and China. Sustainability 9, Issue 9. Agustus 2017. University of Melbourne, Melbourne, VIC 3010, Australia dan Nanyang Technological University, Singapore. Sucuahi, W., dan Jay, M, C. (2016). Influence of Profitability to the Firm Value of Diversified Companies in The Philippines. Accounting and Finance Research. Volume 5, Issue 2. Maret 2016. University of Mindanao, Philippines. Sufyati dan Anlia. (2021). Kinerja Keuangan Perusahaan Jakarta Islamic Index di Masa Pandemi Covid-19. Cirebon: Insania. Sujarweni, W., dan Utami, R. (2019). The Master Book of SPSS. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia. Suryandani, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate. Business Management Analysis Journal (BMAJ), Volume 1, Nomor 1. Oktober 2018. Universitas Muria Kudus. Susanto, C. M., dan Ardini, L. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA). Volume 5, Nomor 7. Juli 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya. Susilowati, J., dan Retnani, E. D. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). Volume 5, Nomor 11. November 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya. Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Toni, N., dan Anggara, L. (2021). Analisis Partial Least Square Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jakarta: Merdeka Kreasi Group. Toni, N., dan Slivia. (2021). Determinan Nilai Perusahaan. Surabaya: Jakad Media. Tran, T. P. T. (2019). The Impact of Capital Structure on Firm Value of Vietnamese listed Companies - a Quantile Regression Approach. Journal of International Economics and Management. Issue 124. Desember 2019. Foreign Trade University. Ulum, I. (2017). Intelectual Capital : Model Pengukuran, Framework Pengugkapan & Kinerja Organisasi. Malang: UMM Press. Utomo, N. M. (2019). Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan. Surabaya: Jakad Publishing. Warti, R. L. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. April 2019. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan, Perbankan dan Pembangunan, Padang. Wijaya, A. L., dan Pancawati, E. L. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap NIlai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Food and Beverage Tahun 2013-2017). Jurnal Akuntansi. Volume 3, Nomor 2. Oktober 2019. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Madiun. Wijaya, H., Tania, D., dan Cahya di, H. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bina Akuntansi, Volume 8, Nomor 2. Universitas Tarumanegara. Wijoyo, A. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi. Volume 23, Nomor 1. Maret 2018. Universitas Tarumanegara. Windasari, O., dan Riharjo, I. B. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA). Volume 6, Nomor 10. Oktober 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya. Xie, Z., Wang, J., dan Guoqin Z. (2022). Impact of Green Innovation on Firm Value: Evidence from Listed Companies in China’s Heavy Pollution Industries. Fronties in Energy Research. Volume 9, Article 806926. Januari 2022. University of Finance and Economic, Beijing, China dan CCCC Asset Management Company Limited, Beijing, China. Yusuf, Y. M. (2017). Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) Pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS) : Teori Dan Praktik. Jakarta: Prenada Media. Zahid.A (2021). The Impact of Intellectual Capital on Firm Value and Moderating Role of Managerial Ownership and Institutional Ownership. International Journal of Business Reflections. Volume 2, Issue 1. September 2021. Pakistan Credit Rating Agency (PACRA) Lahore, Pakistan. Zulaika, T., dan Sihombing, G. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Governance Andalas, Volume 2, Nomor 2. Agustus 2019. Fakultas Ekonomi, Universitas Palangkaraya citation: Yunita, Whidya Fransisca (2022) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2016-2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29317/1/FEB_AKT_1802015052_Whidya%20Fransisca%20Yunita.pdf