eprintid: 29284 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/92/84 datestamp: 2023-09-25 07:43:09 lastmod: 2023-09-25 07:43:09 status_changed: 2023-09-25 07:43:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmatillah, Nurputi title: Pengaruh Pendidikan Keuangan terhadap Hubungan Literasi Keuangan dengan Perilaku Keuangan pada Mahasiswa Uhamka ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Sejauh literatur yang terjangkau oleh penulis, belum ada penelitian yang menjadikan program studi (ekonomi vs non ekonomi) sebagai moderator bagi hubungan literasi keuangan dan perilaku keuangan mahasiswa. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana pengaruh pendidikan keuangan sebagai moderator terhadap hubungan literasi keuangan dengan perilaku keuangan pada mahasiswa UHAMKA. Pendidikan keuangan diproksikan dengan program studi yang lebih banyak mata kuliah keuangannya, yaitu program studi berbasis ekonomi (Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Ekonomi) dibandingkan dengan mahasiswa yang sangat sedikit atau hampir tidak ada mata kuliah keuangannya yaitu program studi non-ekonomi (Pendidikan Matematika). Sampel pada penelitian ini berjumlah 145 mahasiswa yang dipilih secara acak bertahap. Pengukuran perilaku keuangan diadaptasi dari OECD (2013) berupa 9 butir pernyataan skala Liker yang mengukur perilaku menabung, perilaku tagihan dan pembayaran pinjaman, perilaku investasi yang bertanggung jawab dan perilaku perencanaan keuangan. Sedangkan pengukuran literasi keuangan diadaptasi dari Lusardi & Mitchell (2014) berupa tes yang berisi 3 soal masing-masing tentang menghitung suku bunga, pemahaman inflasi, dan pemahaman risiko investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) literasi keuangan berhubungan positif dengan perilaku keuangan; (2) pendidikan keuangan tidak berhubungan positif dengan perilaku keuangan; dan (3) pendidikan keuangan memoderasi hubungan positif literasi keuangan dengan perilaku keuangan, di mana hubungan antara literasi keuangan dengan perilaku keuangan hanya positif untuk mahasiswa program studi berbasis ekonomi. Dengan demikian, pendidikan keuangan yang memfokuskan pada literasi keuangan sangat perlu disampaikan, terutama pada mahasiswa program studi non-ekonomi. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 28 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akben-Selcuk, E., & Altiok-Yilmaz, A. (2014). Financial Literacy Among Turkish College Students: The Role Of Formal Education, Learning Approaches, And Parental Teaching. Psychological Reports: Employment Psychology & Marketing, 115(2), 351–371. https://doi.org/10.2466/31.11.PR0.115c18z3 Aliah, S., & Krisnawati, A. (2019). Analisis Perbedaan Tingkat Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Mahasiswa di Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(1), 109–120. http://ejurnalmitramanajemen. com/index.php/jmm/article/view/125/69 Amagir, A., Groot, W., van den Brink, H. M., & Wilschut, A. (2020). Financial literacy of high school students in the Netherlands: knowledge, attitudes, self-efficacy, and behavior. International Review of Economics Education, 34. https://doi.org/10.1016/j.iree.2020.100185 Arofah, A. A., Purwaningsih, Y., & Indriayu, M. (2018). Financial Literacy, Materialism and Financial Behavior. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 370. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.171 Dikria, O., & W. Sri Umi M. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 09(2), 128–139. Erawati, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan, Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Dan Pengalaman Bekerja Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1), 1–7. Ergün, K. (2018). Financial literacy among university students: A study in eight European countries. International Journal of Consumer Studies, 42(1), 2–15. https://doi.org/10.1111/ijcs.12408 Everitt, B. ., & Skrondal, A. (2010). The Cambridge Dictionaryof Statistics (4th ed.). Cambridge University Press. Fadli, M. A., Nurmatias, & Sugianto. (2020). Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Umkm. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi I. https://doi.org/10.4234/jjoffamilysociology.28.250 Fatimah, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). Fernandes, D., Lynch, J. G., & Netemeyer, R. G. (2014). Financial literacy, financial education, and downstream financial behaviors. Management Science, 60(8), 1861–1883. https://doi.org/10.1287/mnsc.2013.1849 Fitriarianti, B. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi. Proseding Seminar Nasional Akuntansi, 1(1), 64–75. Garg, N., & Singh, S. (2018). Financial literacy among youth. International Journal of Social Economics, 45(1), 173–186. https://doi.org/10.1108/IJSE- 11-2016-0303 Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Grohmann, A., Klühs, T., & Menkhoff, L. (2018). Does financial literacy improve financial inclusion? Cross country evidence. World Development, 111, 84– 96. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.06.020 Herawati, N. T. (2015). Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1–3(48), 60–70. Izza, M. Y. (2020). Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi. Perbanas Institutional Respository, 1, 1–9. Jose, P. E. (2013). Doing Statistical Mediation and Moderation. The Guilford Press. Kumar, S., Watung, C., Eunike, J., & Liunata, L. (2017). The Influence of Literacy towards Financial Behavior and Its Implication on Financial Decision: A Survey of President University Student in Cikarang-Bekasi. FIRM: Journal of Management Studies, 2(1), 14–23. Kusnandar, D. L., & Rinandiyana, L. R. (2018). Apakah Menjadi Kekinian Merubah Perilaku Keuangan Generasi Millenial Di Universitas Siliwangi. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(May), 55–60. Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5 Manurung, H., Y, R. B., & Ricky, I. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Intensi Berinvestasi Dengan Moderasi Self Regulatory Focus. Indonesian Business Review, 1(1). Morgan, P., & Trinh, L. (2019). Determinants and Impacts of Financial Literacy in Cambodia and Viet Nam. Journal of Risk and Financial Management, 12(1), 19. https://doi.org/10.3390/jrfm12010019 Nasihah, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) UNESA, 7(3), 336–341. Navickas, M., & Gudaitis, T. (2014). Influence Of Financial Literacy On Management Of Personal Finances In A Young Household. Business: Theory and PracTice, 15(1), 32–40. Oktarina, H., Agung, E. A., & Bungatang. (2021). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Harti. Phinisi Integration Review, 4(1). Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Otoritas Jasa Keuangan, 1–99. Purnama, E. D., & Simarmata, F. E. (2021). Efek Lifestyle Dalam Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Perencanaan Keuangan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208. Putri, N. A., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda di Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 31–42. Rahmadhani, A. N., & Yunita, I. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan (Perbandingan Mahasiswa Bisnis Dan Mahasiswa Teknik Universitas Telkom). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 4(2), 251–261. Rai, K., Dua, S., & Yadav, M. (2019). Association of Financial Attitude, Financial Behaviour and Financial Knowledge Towards Financial Literacy: A Structural Equation Modeling Approach. FIIB Business Review, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.1177/2319714519826651 Riski, T. R., & Sulistianingsih, H. (2020). Literasi Keuangan, Media Sosial dan Perilaku Keuangan Mahasiswa Dikota Padang Tri. Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 113–126. Romadloniyah, A., & Setiaji, K. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Prespektif Gender. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 50– 64. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37224 Sari, D. A. (2015). Financial Literacy Dan Perilaku Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Stie „Yppi‟ Rembang). Buletin Bisnis & Manajemen, 01(02), 171–189. Sipunga, P. N., & Muhammad, A. H. (2014). Kecenderungan Perilaku Konsumtif Remaja Ditinjau dari Pendapatan Orang Tua Pada Siswa-Siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. Journal of Social and Industrial Psychology, 3(1d), 62–68. Soejono, F., & Mendari, A. S. (2019). Literasi Keuangan Dosen Di Palembang : Kepemilikan Produk Financial. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 69–83. Subaida, I., & Hakiki, F. N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Pengalaman Keuangan Terhadap Perilaku Perencanaan Investasi Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(2), 152–163. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan R&D. Afabeta, CV. Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2019). Using Multivariate Statistics. In Pearson Education, Inc. (7th ed.). https://doi.org/10.4324/9780429500749- 17 Trunk, A., Koeàr, S., & Širca, N. T. (2017). Education and training for financial Literacy: The role of banks-case study Slovenia. International Journal of Innovation and Learning, 22(3), 385–406. https://doi.org/10.1504/IJIL.2017.086735 Utami, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Moderasi. 1(1), 6–7. https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf Widiawati, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Locus of Control , Financial Self-Efficacy, Dan Love of Money Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 97–108. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma Yoshino, N., Morgan, P., & Wignaraja, G. (2015). Financial Education in Asia: Assessment and Recommendations. SSRN Electronic Journal, 534. https://doi.org/10.2139/ssrn.2641681 Zhu, A. Y. F. (2019). School financial education and parental financial socialization: Findings from a sample of Hong Kong adolescents. Children and Youth Services Review, 107(October). https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104532 citation: Rahmatillah, Nurputi (2021) Pengaruh Pendidikan Keuangan terhadap Hubungan Literasi Keuangan dengan Perilaku Keuangan pada Mahasiswa Uhamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29284/1/FEB_AKT_1702015177_Nurputi%20Rahmatillah.pdf