eprintid: 29244 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/92/44 datestamp: 2023-09-25 04:08:26 lastmod: 2023-09-25 04:08:26 status_changed: 2023-09-25 04:08:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maryatsi, Tri title: Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016 – 2020 ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, penulis hanya membatasi penelitian tentang Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility dalam kelompok perusahaan pertambangan yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 5 (lima) periode yaitu dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Hasil dari penelitian ini Leverage (X1) Bernilai positif sebesar 0,273 yang artinya Leverage (X1) mempengaruhi Corporate Social Responsibility (Y). Profitabilitas (X2) bernilai positif sebesar 0,001 yang artinya Profitabilitas (X2) mempengaruhi Corporate Social Responsibility (Y). Ukuran Perusahaan (X3) bernilai negatif sebesar -0,432, artinya Ukuran Perusahaan (X3) mengalami penurunan Corporate Social Responsibility (Y). Bagi perusahaan, sebaiknya menurunkan Leverage untuk mengurangi tingginya resiko perusahaan gagal bayar kepada kreditur. Semakin rendah nilai Leverage, maka akan semakin baik kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka Panjang maupun jangka pendek dan mengasumsikan bahwa perusahaan dalam kondisi yang stabil. Karena semakin tinggi Leverage suatu perusahaan, maka akan perusahaan tidak dapat menjalankan Corporate Social Responsibility dengan nilai hutang yang sangat tinggi. Perusahaan harus memperhatikan profitabilitas dengan cara meningkatkan keuntungan. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 36 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anatan, L. (2009). Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan (April et al., 2017)University, 8(2), 66–77. majour.maranatha.edu/index.php/jurnal-manajemen/article/view/220. April, P., Akuntansi, J. R., Wulandari, S., Zulhaimi, H., Akuntansi, P. S., & Indonesia, U. P. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Dan Jasa Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 101–112. April, P., Akuntansi, J. R., Wulandari, S., Zulhaimi, H., Akuntansi, P. S., & Indonesia, U. P. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Dan Jasa Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 101–112. Astuti, A. D. (2018). Implikasi Kebijakan Indonesia Dalam Menangani Kasus Pencemaran Lingkungan Oleh Pt. Freeport Terhadap Keamanan Manusia Di Mimika Papua. Journal of International Relations, 4(3), 547–555. Baharuddin,K ., Kassim N.A ., Nordin, S.K ., Buyong, S.Z ., “Understanding the Halal Concept and the Importance of Information on Halal Food Business Needed by Potential Malaysian Entrepreneurs”, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 5, No. 2, 2015, hlm. 170. Bawono, A.A.K,.& Haryanto. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Cakupan Operasional Perusahaan, Dan Sertifikasi Iso 14001 Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2013). Diponegoro Journal of Accounting, 4(3), 1–12. Boediman, E.P ., “Halal Lifestyle in Marketing Communication of Tourism and Hospitality”, International Journal of Economic Research, Volume. 14, Number. 4, 2017, hlm. 429. Darwis, H. (2017). Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Financial Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan High Profile Di Bei. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 13(1), 52–61. Fatmawatie, N. (2015). Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Akuntansi Sosial Ekonomi Di Tinjau Dari Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 222–237. Indika, M. (2012). Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 2007, 103–120. Ismainingtyas, B., Suryono, B., & Wahidahwati, W. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 23(1), 1–23. Iswandika, R., Murtanto, M., & Sipayung, E. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan, Corporate Governance, Dan Kualitas Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Trisakti, 1(2), 1. Latifah, S. W. (2013). Tanggung Jawab Sosial Berdasarkan Iso 26000 Dan Nilai Perusahaan Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomika Bisnis, 03(01), 65–74. Meiyana, A., & Aisyah, M. Nu. (2019). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2. Jurnal Nominal, 8(1), 1–18. Mirza Nurdin Nugroho, A. Y. (2015). Pengaruh Profitabilitas Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Csr Perusahaan Terdaftar Jii 2011-2013. Accounting Analysis Journal, 4(1), 1–12. Mirza Nurdin Nugroho, A. Y. (2015). Pengaruh Profitabilitas Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Csr Perusahaan Terdaftar JII 2011-2013. Accounting Analysis Journal, 4(1), 1–12. Nur, M., & Priantinah, D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.996. Nurhandika, A., & Hamzah, A. (2020). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Dampaknya pada Nilai Perusahaan. Sosio E-Kons, 11(3), 249. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v11i3.5084 Permatasari, H. D. & Prasetiono (2014). Pengaruh Leverage, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012). Journal Of Management, 4(1), 1–9. Putri, R. K. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Tahun 2012-2014. JOM Fekon, 4, 558–571. Ramadhan, A. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 08(01), 1–11. Respati, R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2015). Perusahaan , Tipe Industri , Dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Diponegoro Journal of Accounting, 4, 1–11. Rosyada, A., & Astrina, F. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Trisnawati, R. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Industri Perbankan di Indonesia. Seminar Nasional Dan Call For Paper, October, 27–32. Wardhani, R., & Muid, D. (2017). Pengaruh Agresivitas Pajak, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015). Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 752–761. Widya Novita Sari, & Rani, P. (2015). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Return on Assets (ROA) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 2015. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000. Yunus, A.B.M ., Chik, W.M.Y.W., Mohamad, B.M., “The Concept of Halalan Tayyiba and Its Application in Products Marketing: A Case Study at Sabasun HyperRuncit Kuala Terengganu, Malaysia”, International Journal of Business and Social Science, Vol. 1, No. 3, 2010, hlm. 239. citation: Maryatsi, Tri (2022) Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016 – 2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29244/1/FEB_AKT_1702015067_Fanny%20Indah%20Puspita.pdf