eprintid: 29213 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/92/13 datestamp: 2023-09-25 02:01:14 lastmod: 2023-09-25 02:01:14 status_changed: 2023-09-25 02:01:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hakim, Aldi Rahman title: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran, dan Pembayaran Samsat Via Online terhadap Ketaatan Membayar Pajak Kendaraan (Studi Pemilik Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta) ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak, dan pembayaran samsat via online terhadap ketaatan membayar pajak kendaraan pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Variabel yang di teliti adalah kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak, dan pembayaran samsat via online sebagai variabel bebas dan ketaatan membayar pajak kendaraan sebagai variabel terikat pada pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Data penelitian ini bersifat primer yang di kumpulkan dengan cara menyebar kuesioner. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pengolahan dan analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap ketaatan membayar pajak kendaraan bermotor, kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap ketaatan membayar pajak kendaraan bermotor, pembayaran samsat via online berpengaruh signifikan terhadap ketaatan membayar pajak kendaraan. Secara simultan kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak, dan pembayaran samsat via online terhadap ketaatan membayar pajak kendaraan pada pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 30 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anto, L. O., Husin, Hamid, W., & Bulan, N. L. (2021). Taxpayer Awareness, Tax Knowledge, Tax Sanctions, Public Service Account Ability and Taxpayer Compliance. Journal Growing Science, 7, 49-58. Aswati, W. O., Mas'ud, A., & Nudi, T. N. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, dan Akuntabilitas Pelayanan Publik terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 27-39. Awaluddin, I., & Tamburaka, S. (2017). The Effect of Service Quality and Taxpayer Satisfaction on Compliance Payment Tax Motor Vehicles at Office One Roof System in Kendari. The International Journal of Engineering and Science, 6(1), 25-34. Carolina, V., & Fortunata, R. (2018). Tax Fairness Perception and Tax Compliance. Jurnal InFestasi, 9(1), 1-8. Congda, L., & Setyarini, Y. (2022). The Effect of E-Samsat Implementation, Tax Knowledge, Service Quality, and Tax Sanctions on Motor Vehicle Taxpayer Compliance in East Surabaya. Journal Accounting and Finance Studies, 2(2), 17-36. Danarsi, Nurlaela, S., & Subroto, H. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Mobil Dengan Diberlakukannya Pajak Progresif di Kota Surakarta. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 18(1), 45-55. Fitria, D. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Journal of Applied Business and Economic, 4(1), 30-44. Fuzian, R., Betha, M., Ardiansyah, R., Ibadurrahman, A. R., Ramadhan, R. P., & Hidayat, R. (2022). Effect of Understanding of Taxpayers and Samsat Services with Sambara Application on Compliance with Cimahi City Motor Vehicle Taxpayers. Journal Central Asia and the Caucasus, 23(1), 1-11. Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hidayat, I., & Maulana, L. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Tangerang. Bongaya Journal for Research in Accounting, 5(1), 11-35. Ilhamsyah, R., Endang, M. G., & Dewantara, R. Y. (2018). Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). Jurnal Perpajakan, 8(1), 1-9. Kotami, N. K., & Merkusiwati, N. K. (2021). Taxation Knowledge, Quality of Service, Compliance Fees, and E-OAS (One-Stop Administration Services) on Taxpayer Compliance (Empirical Study on Vehicle Tax). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(4), 595- 599. Mulyana, E., & Surahman. (2021). Services and Tax Administration Easy to the Compliance Level of Motor Vehicles Taxpayers in Pandeglang Regency. Scientific Journal of Management, 9(2), 672-681. Rubiansah, M. R., Damayanti, R., Aflhat, M., Nabil, M. F., & Arnan, S. G. (2020). The Influence of Covid-19 Pandemic in E-Samsat Service (Sambara) and the Taxpayer Awareness to the Vehicle Taxpayer Compliance (Case Study at Cimahi City) Period of January - June 2020. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt, 17(4), 2952-2958. Siahaan, M. P. (2017). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Raja Grafindo. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. Sukesi, & Yunaidah, I. (2020). The Effect of Tax Socialization, Superior Service, and Service Quality on Taxpayers’ Satisfaction and Compliance. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 22(3), 347-359. Sunyoto, D. (2020). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). Susanto, A. K., & Arfamaini, R. (2021). The Influence of Tax Knowledge, Taxpayer Awareness, Tax Sanctions and Service Quality on Taxpayer Compliance in Paying Motor Vehicle Taxes (Study on Taxpayers at the Joint Office of Samsat in North Surabaya). Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi-Sosial, 5(1), 12-33. Tawas, V. B., Poputra, A. T., & Lambey, R. (2019). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal EMBA, 4(4), 912-921. Wardani, D. K., & Asis, M. R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Program SAMSAT Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Dewantara, 1(2), 106-116. Wardani, D. K., & Rumiyatun. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, dan Sistem Samsat Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15-24. Widiastini, N. P., & Supadmi, N. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 30(7), 1645-1657. Wijayatiningsih, H. P., Pakasi, U., & Sardjijo. (2021). An Analysis of Service Quality at The Samsat Office of Nabire Regency, Papua Province, Indonesia. Journal Pinisi Discretion Review, 5(1), 155-168. Winasari, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran, Sanksi, dan Sistem ESamsat terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 11-19. Xin, M. K., Khai, K. G., Fong, L. S., & Chen, N. H. (2017). Factors Affecting Individual Taxpayers Compliance in Malaysian Tax Filling System. The International Journal of Business & Management, 3(9), 339. Yanti, Maemunah, M., & Adha, R. (2019). The Impact of Tax Awareness and Taxation Sanctions on the Motor Vehicles Tax Compliance (Case Study on SAMSAT Karawang Regency's, West Java). European Exploratory Scientific Journal, 3(2), 1-8. Yuliansyah, R. D. (2022). Pengaruh Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Pusdansi, 2(2), 1-11. Yunianti, L. N., Putri, N. K., Sudibyo, Y. A., & Rafinda, A. (2019). The Influence of Awareness, Moral Obligations, Tax Access, Service Quality and Tax Sanctions on Taxpayer Compliance in Paying Motor Vehicle Tax. Journal of Accounting and Strategic Finance, 2(1), 1-13. citation: Hakim, Aldi Rahman (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran, dan Pembayaran Samsat Via Online terhadap Ketaatan Membayar Pajak Kendaraan (Studi Pemilik Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29213/1/FEB_AKT_1602015020_Aldi%20Rahman%20Hakim.pdf