eprintid: 29149 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/49 datestamp: 2023-09-22 07:47:09 lastmod: 2023-09-22 07:47:09 status_changed: 2023-09-22 07:47:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Permana, Adi Yuda title: Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pramuka untuk meningkatkan kepemimpinan dan motivasi belajar di SDN Jatisampurna IX Bekasi Tahun 2019 ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi, Program , Ekstrakurikuler Pramuka abstract: Tesis ini bertujuanuntuk melihat tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan pada Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model evaluasi Context, Input, Procces, Product (CIPP) untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan pada Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pramuka di SDN Jatisampurna IX Bekasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Data analisis menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Komponen Context, semua kebijakan yang telah ditetapkan untuk pelaksanaan program Ekstrakurikuler Pramuka pada komponen Context sudah memenuhi syarat. Komponen Input, semua standar kriteria yang telah ditetapkan untuk pelaksanaan program Ekstrakurikuler Pramuka pada komponen input sudah baik namun terdapat komponen yang belum terpenuhiterkait pembina tambahan untuk menunjang kegiatan program Ekstrakurikuler Pramukake arah yang lebih baik. Komponen Process, terdapat beberapa standar yang tidak terlaksana seperti tidak dilaksanakannya kegiatan musyawarah gugus depan, guru kelas/mata pelajaran belum sepenuhnya melaksanakan pendampingan dengan baik, masih terdapat guru yang tidak mendampingi peserta didik, memberikan arahan, ataupun memonitoring. Komponen Product, standar yang telah ditetapkan berdasarkan komponen product sudah baik namun ketidakoptimalan terjadi pada pada partisipasi masyarakat sebagai pengawas tidak berjalan dengan baik. date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Abd. Rahman A. Ghani. 2016. Metodoogi Penelitian Tindakan Sekolah. Depok: RajaGrafindo Persada. Abd. Rahman A. Ghani. 2006. Evaluasi Pembelajaran Suatu Tinjauan Teoritis. Dalam Evaluasi Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Setiadi, Hari., Ghani. Abd. Rahman A., Suyatno (Ed). Jakarta: Uhamka Press. Asep Jihad, dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo. Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Kencana Media Group. Ahmad Syukran. 2015. Evaluasi program ekstrakurikuler kepramukaan pada jenjang pendidikan menengah di kabupaten lombok timur. Universitas Mataram. Azrul Azwar. 2012. Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta. Erlangga Group. Djokosoentoso Moeljono. Galang gagas Tantangan SDM, Kepemimpinan, dan Perilaku Organisasi. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. Dimyati, dkk. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: rineka cipta. Elfa My Reza. 2014. Evaluasi pelak pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam penanamann karakter siswa Di SMA Negeri 14 Surabaya. Universitas Negri Surabaya. Eveline siregar. 2014. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor. Ghalia Indonesia. Evi Octavia . 2017. Hubungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan sikap kepemimpinan siswadi smpn 4 sidoarjo. UNESA. Fredic W. Rohm. Jr. 2013. Scouting and Servant Leadership in Cross –cultural Perspective.: An Exploratory Study. Southeastern University. Handoko Cahyandaru. 2013. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas XI MAN Yogyakarta II. Universitas Negeri Yogyakarta. Jana T. Anggadireja dkk. 2011. Kursus Pembina Pramuka Mahir . Jakarta: PT Pustaka Tunas Media. Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakaya. Matthew Vick. 2011. Scouting science merit badges and the revised bloo’m taxonomy. Miftah Thoha. 2017. Kepemimpinan dalam manajemen. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Mislia. 2015. The Implementation of Character Education through Scout Activities . Universitas Negeri Makasar M. Sobry Sutikno. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica Lombok M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama. Muhammad Ihsanudin. 2016. evaluasi program ekstrakurikuler keahlian di SMK Muhammadiyah prambanan. Universitas Negeri Yogyakarta Oemar Hamalik. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Repulik Indonesia Nomor 63 tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 : Pasal 2. Pudjosemedi. 2010. Organisasi dan Kepemimpinan. Uhamka Press Puji Sri Winarni. 2017. Evaluasi program kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan prestasi non akademik di SMP Negeri 28 Semarang tahun 2016. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Sadirman. 2004.interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada Sarah melinda. 2014. Pelaksanaan kegiatan pramukadi sd Negeri 164 kelurahan tuah karya kecamatan tampan kota pekanbaru. Universitas Riau Sudirman Anwar. 2011. Implementasi program pengembangan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA PGRI Tembilahan. Universitas islam negeri sultan syarif kasim Riau Suharsimi Arikunto dan Abdul Jabar, Cepi Safrudin. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya Jakarta: Bumi Aksara. Stufflebeam, Daniel L., dan Anthony J. Shinkfield. 1985. Systematic Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing. Tika sulistyarini. 2015. Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka penggalng SD Jaranan banguntapan bantul. Universitas Negeri Yogyakarta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 : Pasal 4. Veithzal Rivai. 2004. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal 3 Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok PT Raja Grafindo Persada Wirawan. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia : Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat. Zaky 2018.Pengertian pendidikan menurut para ahli dan secara umum https://www.zonareferensi.com/pengertian-pendidikan/. citation: Permana, Adi Yuda (2019) Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pramuka untuk meningkatkan kepemimpinan dan motivasi belajar di SDN Jatisampurna IX Bekasi Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29149/1/SPS_MAP_1709037044_ADI%20YUDA%20PERMANA.pdf