eprintid: 29144 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/44 datestamp: 2023-09-21 05:47:23 lastmod: 2023-09-21 05:47:23 status_changed: 2023-09-21 05:47:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Winarni, Winarni title: Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru di Gugus IV Kecamatan Koja Jakarta Utara ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Kinerja Guru, Supervisi Kepala Sekolah, Konsep diri abstract: Penelitian ini sebagai alat kajian bertujuan untuk menelaah dan menganalisis dari masalah sebagai variabel yang diteliti sesuai dengan hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif konsep diri guru terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap konsep diri guru. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif yang dilaksanakan pada guru-guru SD Negeri di Wilayah IV Kecamatan Koja Jakarta Utara sebagai populasi sebanyak 190 guru dengan sampel penelitian sejumlah 30 guru yang dipilih secara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner dengan metode survey yang dikumpulkan melalui tiga instrumen yaitu prestasi kerja guru, kepemimpinan kharismatik kepala sekolah, dan komitmen kerja guru dengan menggunakan skala model linket. Instrumen dikalibrasi dengan uji validitas butir dan koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan SPSS 22 guna untuk menguji normalitas data, normalitas Galat, dan uji homogenitas varians. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi sederhana, uji linearitas data, dan uji analisis jalur juga dilakukan dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan : Pertama, Terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah sebesar 5,52 % terhadap kinerja guru Gugus IV Wilayah Kecamatan Koja Jakarta Utara. Pernyataan ini didukung data perolehan persamaan regresi sederhana : 3 = 110,870 + 0,160 X1 yang menginformasikan bahwa setiap perubahan kenaikan supervisi kepala sekolah sebesar satu satuan, maka perubahan tersebut dapat mempengaruhi perubahan bagi peningkatan kinerja guru sebesar 0,160 pada arah positif dengan konstanta 110,870 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian supervisi kepala sekolah yang kuat efektif dapat meningkatkan kinerja guru. Kedua, Terdapat pengaruh langsung positif konsep diri sebesar 1, 23 % terhadap kinerja guru Gugus IV Wilayah Kecamatan Koja Jakarta Utara. Pernyataan ini didukung data perolehan persamaan regresi sederhana : 3 = 116,850 + 0,106 X2 yang menginformasikan bahwa setiap perubahan kenaikan konsep diri sebesar satu satuan, maka perubahan tersebut dapat mempengaruhi perubahan bagi peningkatan kerja guru sebesar 0,106 pada arah positif dengan konstanta 116,850 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian konsep diri yang kuat efektif dapat meningkatkan kinerja guru. Ketiga, Terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah sebesar 51,26 % terhadap konsep diri guru di Gugus IV Wilayah Kecamatan Koja Jakarta Utara. Pernyataan ini didukung data perolehan persamaan regresi sederhana : 2 = 114,441 + 0,099 X1 yang menginformasikan bahwa setiap perubahan kenaikan supervisi kepala sekolah sebesar satu satuan, maka perubahan tersebut dapat mempengaruhi perubahan bagi peningkatan konsep diri sebesar 0,099 pada arah positif dengan konstanta 114,441 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian supervisi kepala sekolah yang kuat efektif dapat meningkatkan konsep guru. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi bermanfaat bagi guru dan kepala sekolah pada khususnya dan semua pihak yang terkait dalam mengupayakan peningkatan prestasi kerja guru melalui supervisi kepala sekolah dan meningkatkan kinerja guru. date: 2019-06-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., dan Bloom, B.S. 2001. A Taxonomy for Learningm Teaching and Assesing . New York : Longman Banun Muslim. 2008. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung. Alfabeta. Clara R. Pudjijogyanti. 2001. Konsep Diri Dalam Pendidikan. Jakarta: Arcan. Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta Rineka Cipta Dadang Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Layanan dalam meningkatakan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah. Bandung. Alfabeta. Hendriati Agustiani. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Refika Aditama. Henry Simamora. 2001.Sumber Daya Manusia. Jakarta Jalaluddin Rakhmat. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Juliansyah Noor. 2015. Metodologi Penelitian: Skripsi, tesis, disertasi dan karya ilmiah. Cetakan ke-5. Jakarta: Kencana. Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Pendidikan Dasar. Direktorat Tenaga Kependidikan. Ditjen PMPTK. Depdiknas, Jakarta. Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Pendidikan. Jambi; GP Press. Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jambi : GP Press. Press, Purwanto. 2012. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Cetakan Ke-9. Bandung: Alfabeta. Rifa Hidatah. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak, Malang: UIN Malang Press. Robbins,Stephen P, 2004. Essentials of Organizational Behavior, new Jersey : prentice_Hall International,Inc, Sahertian, A. Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta. Rineka Cipta. Singgih D.Y Gunarsa, dan Yulia S Gunarsa. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, Sri Banun Muslim. 2008. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung. Afabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Cetakan Ke-20, Bandung : Alfabeta.. Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Wasty Soemanto,2006 Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Arikunto. Suharsimi. 2010. Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta Bumi Aksara. A.Sani. Ridwan. 2016. Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara. AS. Pujdosumedi., dkk. 2013. Profesi Pendidikan. Jakarta : Uhamka Press. . Choliq MT, A.2011 Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Mitra Cendekia Daryanto, 2015. Pengelola Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta : Gava Media __.. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Depdikbud. 2003. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta : Depdikbud. Departemen Pendidikan Indonesia. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta : Balai Pustaka Dharma, Agus. 2005. Manajemen Sekolah .Jakarta : Pusdiklat Depdiknas. Direktorat Profesi Pendidik. 2006.1nstrumen Penilaian kinerja Guru (IPKG). Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Djumiati, 2003. Kontribusi Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Pati : PPS UNNES. Ghani, Abd.Rahman, 2009. Mengurai Simpul Pendidikan. J akarta : Uhamka Ghozali. Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multi variat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip. _____, 2014. Metode Penelitian Tindakan Sekolah Jakarta : Rajagrafmdo Persada Gunbayi, Ilham. 2007. School Climate and Teacher Perceptions Climete Faktor : Reasearch Into Nine Urban High Schools. Turkish Joumal of Education Technology (TOJET) Hoy, Wayne K. & Miske,2008. Education Administration . New York :. Ceci1 G lsyoni. 2004. Arlikel Kinerja Guru. Riau :Univcrsitas Riau. Jamaludin. Noor Popoy,1978, Ilmu Pendidikan, Bagian Proyek Peningkatan Mutu, PGAN: DEPAG. Komariah, Aan. 2006. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efeknf Jakarta : Bumi Aksara. Latief, A. Madjid. 2014. Evaluasi Kinerja SDM Konsep, Aplikasi. Standar dan Penelitian. Jakarta : HAJA Mandiri Mulyasa.,Enco. 2012. Menjadi Guru Profesionalisme : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung : Remaja Rosda Karja _____, 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya ,. 2007. Manajemen Berbasis Sckolah. Bandung : Remaja Rosdakarya . 2008 Standar Kompctcnsi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Muslich, Masnur. 2010. Pendidikan karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensi Jakarta : Bumi Aksara. Musrini, 2002. Hubungan Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah dan Kompensasi dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kec. Semarang Barat Kata Semarang. Semarang : PPS UNNES. Husaini Usman. 2009, Manajemen Teori Praktek dan Rise: Pendidikan. Yogyakana : Bumi Aksara Sahertian A. Piet. 2000. Konsep Dasar don Telmik Supervisi Pendidikan, dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta. Sally .1. Zepeda. 2003.1nstructional Supervision Applying Tools and Concepts, Eye On EducationLibrary of Conggres Cataloging-in-Publication Data. Santoso, Singgih. 2003. SPSS Mengelola Data Statistika secara Profesional.Jakarta : Gramedia Suharsaputra. Uhar. 2013. Administras! Pendidikan. Bandung: Reflka Aditama Sudjana, Nana. 2004. Penllaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Katya. _____.2003. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito Sugiyono. 2002. Salistik untuk Penelitian. Bandung : Alfa Beta. _____.2008. Metode Penelltlan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D Bandung : Alfabcta Stephen P. Robbin .2005 Organization Behavior, Eleventh Edition Internasional Edition. New Jersey : Prentice-Hall/ Pearson, T.T. Paterson 2002. Job Evolution. London : Jhony Wiley Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Graftka. Undang-Undang Nomor l4 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta Media Pustaka Mandiri. Uno. HamzahB. Lamatenggo, Nina. 2014. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakana: Bumi Aksara. Yasmin dan Maisah. 2010. Standarisasi Kerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung : Alfabeta citation: Winarni, Winarni (2019) Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru di Gugus IV Kecamatan Koja Jakarta Utara. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29144/1/SPS_MAP_1709037043_WINARNI.pdf