eprintid: 29142 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/42 datestamp: 2023-09-21 05:39:32 lastmod: 2023-09-21 05:39:32 status_changed: 2023-09-21 05:39:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Abdullah, Sudirman title: Strategi Kementerian Agama Kabupaten Lembata Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Startegi, Kementerian Agama Kabupaten Lembata, Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Strategi Kementerian abstract: Tesis ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi Kementerian Agama Kabupaten Lembata dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, dan kendala serta solusi dalam pelaksanaan strategi peningkatan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamia, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Lembata, Kepala Seksi Pendidikan Islam, Pengawas Madrasah dan perwakilan Kepala Madrasah Ibtidaiyah. Data dianalisis menggunakan model Miles and Hubberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi Kementerian Agama Kabupaten Lembata dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dengan cara meningkatkan mutu akademik dan non akademik dengan memenuhi 8 standar pendidikan nasional sesuai dengan PP No. 32 Tahun 2013 yang meliputi standar isi, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar kompetensi kelulusan, standar kompetensi pengelolaan, standar kompetensi pembiayaan, standar kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan serta standar kompetensi penilaian yaitu : menugaskan pengawas madrasah untuk melakuakan pendampingan, pembinaan, pembimbingan, supervisi, monitoring dan evaluasi, mengaktifkan forum kedinasan seperti KKKMI, KKG, MGMP dan Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS), memberikan bantuan beruapa peningkatan sarana dan prasarana beruapa pembangunan ruang kelas baru, rehap dan bantuan buku-buku mata pelajaran, penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tepat waktu dan tepat sasaraan, memotivasi guru agar yang belum S1 supaya menempuh pendidikan S1 yang sesuai dengan tugasnya, melakukan upgrading dan training kepada semua pendidik dan tenaga pendidik secara berkala, Mengikut sertakan guru dalam workshop dan pelatihan, menggunakan media internet dan alat komunikasi serta social media e-mail, WA, SMS dan sejenisnya. Kendala yang dialami oleh Kementerian Agama Kabupaten Lembata dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah seperti tenaga pendidik yang belum memenuhi standar akademik, masih rendahnya kemampuan memanfaatkan IT, Sarana Prasarana kurang memadai dan letak geografis madrasah yang susah dijangkau serta dan jumlah pengawas madrasah yang masih terbatas. Solusi untuk mengatasi kendala dalam peningkatan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Lembata adalah memotivasi guru agar meningkatkan kualifikasi pendidikan, mengikut sertakan guru dalam workshop dan pelatihan, mengaktifkan kegiatan KKG, dan harus bisa menggunakan IT seperti internet, alat komunikasi dan social media lainnya. date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi. Bandung: Armilo. Arifin, Tatang. 1992. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Rajawali Press Arikunto, Suharsimi. 2002.Prosedur Peneltian Suatu Praktek . Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, cet. Ke-3. Jakarta: Rineka Cipta. Atwell, Alison. 2001. Peningkatan Madrasah Efektif. Jakarta: Learning Assistance Program. Depdiknas. 2010. Manajemen Berbasis Sekolah. www.mgp-e.depdiknas.go.id. Diakses dari alamat www.mgp- be.depdiknas.go.id/cms/upload/Publikasi/m01u02a.pdf. Edy Suharyanto, Edy. 2005. Pengalaman peningkatan mutu pendidikan melaluipengembagan buday asekolah di SMAN 1 Kasihan Bantul. Makalah disajikandalam Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah, 23 November 2005 di UNY. Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Implementasi ManajemenPeningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras. Hadi, Soetrisno. 1995. Metodologi Research, Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset. Hariadi, Bambang. 2005. Strategi Manajemen. Malang: Bayumedia Publishing. Hayati, Nur. 2012. “Analisis Strategi Kebijakan Pemerintah Atas Pendidikan AgamaDitinjau dari Perspektif Plurarisme Agama” dalam Tesis. Yogyakarta:Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://www2.kemenag.go.id/artikel/12432/sejarah-kementerian-agama Langgulung, Hasan. 2000. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra. Mahmud, Arif. 2010. Sketsa Sejarah, Geliat, dan Dinamika Peran Madrasah dalamMerespon Tantangan Pendidika Islam (Dilema Madrasah dalam Kancah Pendidikan dan Peran Kontributif Madrasah Berbasis Pesantren). Eds. Prof.Dr. Nizar Ali, M.Ag dan Dr. H. Sumedi, M.Ag. dalam Ontologi PendidikanIslam. Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga kerjasamaPenerbit Idea Press. Mardapi, Djemari. 2003. Kurikulum 2004 dan optimalisasi system evaluasipendidikan di sekolah. Makalah disampaikan pada Seminar NasionalKurikulum 2004 Berbasis Kompetensi, 10 Januari 2003 di UGM Yogyakarta. Moekijad. 1990. Kamus Manajemen. Bandung: Mandar Maju. Moleong,LexyJ.2014.MetodologiPenelitianKualitatif(Rev,Ed.).Bandung: Remaja Rosda Karya Muhajir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. IV. Yogyakarta: Rake Sarusin. Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis YangKompetitif, Cetakan Ke-4. Yogyakarta: Gajah Mada Univercity Press. Nurmalia, Lia. 2014. “StrategiPelaksanaan Pendidikan di Kota Tangerang (StudiKasus: Periode Walikota Wahidin Halim)” dalam Tesis. Jakarta: UniversitasIslam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Partanto, A Pius dan Dahlan, M. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, Standar Pendidikdan Tenaga Kependidikan, Pasal 1, ayat (8). Rifai, Moh. MA. 1982. Administrasi dan Supervisi Pendidikan Jilid II. Bandung: Jemarss. Slamet, Margono. 1984. Pembelajaran Bermutu, Peningkatan Mutu ProsesPemebelajaran dengan Pendekatan Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: HeadProject-Depdikbud. Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Tanzah, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wardana, Ardy Gemilang. 2012. “KebijakanLembaga PendidikanMa‟arifNUdalam Upaya Peningkatan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU Bantul, Yogyakarta” dalam Tesis. Yogyakarta: Universitas Islam IndonesiaYogyakarta. Wheelen, Thomas L dan Hunger, David. 2003. Manajemen Strategi. Yogyakarta : Andi. www.answer.com/system. (di akses pada 17 Februari2019) Yusuf, ChoirulFuad Yusuf. 2008. Budaya Madrasah dan mutu Pendidikan. Jakarta: PT. Pena Citrasatria. Zamroni. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah: Piranti Reformasi sistemPendidikan”.www.diknas.go.id. Zuriah, Nurul. 2009. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan, Cet. Ke-3. Jakarta: Bumi Aksara citation: Abdullah, Sudirman (2019) Strategi Kementerian Agama Kabupaten Lembata Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29142/1/SPS_MAP_1709037035_SUDIRMAN%20ABDULLAH.pdf