eprintid: 29141 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/41 datestamp: 2023-09-21 05:31:07 lastmod: 2023-09-21 05:31:07 status_changed: 2023-09-21 05:31:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kholid, Kholid title: Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi kasus Madrasah Aliyah Aziziyyah Ciledug Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: TIK, Strategi Peningkatan mutu sekolah, Evaluasi CIPP, MA Aziziyyah. abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengathui manajemen peningkatan mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Aziziyyah Ciledug Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian Evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di MA. Aziziyyah Ciledug Tangerang, pengumpulan data dilakukan dnegan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan, menganalisa, dan mengidentifikasi problematika manajemen peningkatan mutu Pendidikan kemudian mengorganisasi, mengklasifikasi, dan mencari pola-pola hubungan, menemukan apa yang dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesari dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahsawanya: (1) Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu strategi peningkatan mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Aziziyyah Ciledug Tangerang tidak terlepas dari peran kepala madrasah baik sebagai educator, manajer, administrator, leader, supervisor, wirausaha, yang didalamnya terdapat kemampuan manajerial meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian terhadap tenaga kependidikan, (2) hasil penerapa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu strategi peningkatan mutu di Madrasah Aliyah Aziziyyah belum sepenuhnya efektif, oleh karena itu peran pemerintah, khususnya Kementerian Agama dan kepala madrasah sebagai political will perlu dimaksimalkan (3) faktor utama kurang maksimalnya pencapaian penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai strategi peningkatan mutu Pendidikan di MA. Aziziyyah, disebabkan oleh keterbatasan sumberdaya manusia Pendidikan, dana, dan fasilitas Pendidikan. Dengan kondisi tersebut maka perlu adanya strategi peningkatan mutu sekolah dalam mata pelajaran TIK. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Adimprana, Kwarta. 2008. Strategi Pembelajaran Berbasis TIK. Adu. 2001. The Use And Management Of Ict In Schools: Strategies For School Leaders. Albers Mohram, Susan. 1994. School Based Management; Organizing For Hight Performance, San Fransisco : Jossi Bass. Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit, Repositori.upi.edu. Arcaro, Jerome S. 2001. Pendidikan Berbasis Mutu Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arief Sosiawan, Edowi. Kajian Internet Sebagai Media Komunikasi Interpersonal dan Massa. Arikunto, Suharsimi,Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: Aditya Media. ________________, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineke Cipta. Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya Jakarta: Bumi Aksara. Bambang H. Hadi Wiarjo, Sulistijarningsih Wibisono. 1996. Memasuki Pasar Internasional dengan ISO 9000. Sistem Manajemen Mutu. Jakarta: Ghalia Indonesia. Bambang H. Hadi Wiarjo. 1996. Memasuki Pasar Internasional dengan ISO 9000, Sistem Manajemen Mutu. Jakarta: Ghalia Indonesia. Bateman, Thomas S., Snell A. Scott. 2008. MANAJEMEN Kepemimpinan dan Kolaborasi dalam Dunia yang Kompetitif. Jakarta: Salemba Empat. Begnan, Ribert dan Steve. 2000. yang dikutip Lexy Meleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. Bogdan dan Taylor. 1992. Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdkarya. Chaeruman, Uwes A. 2008. Pengembangan Rencana Pembelajaran yang mengintegrasikan TIK. Jakarta: Pusat Teknologi dan Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional. Communication Tecnology (ICT) in Teacher Preparation Programme, 2012. ISSN 1948-5476, International Journal of Education, Macrothink Institue Mulyasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Dasar, Bandung: Penerbit Enggarnet. Danim, Sudarwan. 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah; Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademiik. Jakarta: Bumi Aksara. Daryanto. 2005. Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya juz 1-30. Dokumen ISO 9001:2008 MA NU Banat Kudus POS. 6.3.a, 1989. Tentang Sarana dan Prasarana, Semarang: CV. Toha Putra. Dokumentasi MA NU Banat Kudus tentang profil Madrasah. Dokumentasi Renstra Rencana Strategis MA NU Banat Kudus tahun 2006-2012. E. Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Rosda Karya. Echols, John M. dan Hassan Shadily. 2003. An English-Indonesian Dictionary, Cet. XXV, Jakarta: PT Gramedia. Effendi, Empty dan hartono Zhung. 2005. e-learning, konsep dan aplikasi. Yogyakarta: penerbit andi. Engkoswara, AanKomariah. 2010. Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Eti Rochaeti, dkk. 2005. Sistim Informasi Manajemen Pendidikan, Bumi Aksara. Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi. _______________, 2009. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi. Gardner, Alan. 2002. As & A Level ICT Through Diagram. New York: Oxford University Press. Gunawan, Ary H. 2013. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Micro, Jakarta. Haddad, Wadi D. 2005. ICTs for Education a Reference Handbook, Part 2: Analycal Review. Hamalik, Oemar. 1990. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rusda Karya. Cet ke1. Herdiansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Heri Priowirjanto, Gatot, dkk. 2008. Sejarah Pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, dari Jarnet hinga Jardiknas menuju ke South East Asian Education Network (SEA EDUNET), (http/khalidmustafawordpress. com/2008/05/23/sejarah-pengembangan-infrastruktur-teknologiinformasi- dari-jarnet-hingga-jardiknas–menuju-South-East-Asian- Education-Network-sea-edunet. Hidayat, Ara, Imam Machali. 2010. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa. HJk. Fernandes. 199. Evaluation Of Educational Program. Jakarta : Nasional Education Planning and Develpomen. Ibtisan Abu Duhao, 2004. School Based Management. Jakarta: Kencana. Isjoni.et. ai. 2008. ICT untuk sekolah unggul, Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kunandar. 2009. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT. Rajakrafindo Persada. Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta : Kencana. Miles B dan A, Math, Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press. Mingaine, Laaria. 2013. Leadership Challenges in the Implementatian of Ict in Public econdary School. Moleong, Lexy J. 2001. Metode penelitian Kulitatif. Bandung: Rosdakarya. Mulyadi. 1998. Total Quality Management. Yogyakarta: Gajah Mada. Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta : Rosda Karya. Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. Nasuiton, M Nur. 2005. Manajemen Mutu Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia. _____________, 2003. Metode Penelitian Naturalistik, Bandung: Tarsito. Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Nurcholis. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah Teori dan Praktik. Jakarta: Rosda. Nurhasan. 1994. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum untuk Abad 21, Indikator Cara Pengukuran dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi Mutu Pendidikan. Jakarta :PT Sindo. Rahman A. Ghani, Abd. 2009. Mengurai Simpul Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Rangkuti, Fredi. 2002. analisis SWOT Teknik membedah kasus bisnis berorientasi konsep perencanaan strategi untuk menghadapi abad 21. Jakarta: PT.Gramedia utama. Robert C. Bogdan dan Sari Knopp Biklen. 1998. Qualitative Reserch for Education Boston: Allyn an Bacon, Inc, ha. Rochaeti, Eti. dkk. 2005. Sistim Informasi Manajemen. Pend. Bumi Aksara. Cet 1. ______________, 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Penerbit bumi aksara. Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana. Rumtini dan Jiyono. 1999. Manajemen Berbasis Sekolah : Konsep dan Kemungkinannya. Sadiman, Arief S. 2004. “Pendayagunaan Teknologi Pendidikan di Negara Tetangga” Mozaik Teknologi Penddikan, ed. Dewi Salma Prawiradilaga&Eveline Siregar. Jakarta : Pranata Media. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran, Berioretasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : kencana prenada media group. Sudjana, Djuju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syafarudin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta : Grasindo. Syafrudin, Manajemn Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Umaedi. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah. Jakarta: CEQM. UNESCO, International Journal of Education, ISSN 1948-5476. The International Commission on education for the Twenty First Century Education The Case of Mauritius, Macrothink Institue. Wohlsteter Albert Mohrman, Pricilia. 1996. Assesment of school Based Management. citation: Kholid, Kholid (2019) Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi kasus Madrasah Aliyah Aziziyyah Ciledug Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29141/1/SPS_MAP_1709037033_KHOLID.pdf