eprintid: 29140 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/40 datestamp: 2023-09-21 05:24:21 lastmod: 2023-09-21 05:24:21 status_changed: 2023-09-21 05:24:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Purnamawati, Sri Endang title: Evaluasi Terhadap Program Budaya Kerja Guru di SMK PGRI 16 Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: evaluasi, budaya kerja guru abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi terhadap program budaya kerja guru di SMK PGRI 16 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi yang menilai objek yang diteliti seperti kebijakan, program, proyek, orang, atau material, dan sebagainya berdasarkan standar atau tolok ukur tertentu. Data dan informasi di lapangan dijaring dengan bantuan kuesioner. Landasan kebijakan yang digunakan dalam pelaksanaan budaya kerja guru di SMK PGRI 16 berdasarkan hasil evaluasi model ketimpangan meliputi: a), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, b) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, c) Kode Etik dan Ikrar Guru Indonesia, dan Buku Saku yang berisi tentang uraian tugas dan tata tertib pendidik dan tenaga kependidikan di SMK PGRI 16 Jakarta. Tujuan budaya kerja guru adalah agar mereka dapat menunjukkan kinerjanya secara optimal, yakni memiliki loyalitas yang tinggi, dedikasi yang kuat, melaksanakan tugas pokok dan fungsinya penuh rasa tanggung jawab, memiliki prakarsa dan jiwa kepemimpinan yang baik pula. Pelaksanaan evaluasi budaya kerja para guru di SMK PGRI 16 Jakarta ditempuh sesuai prosedur yang semestinya harus ditempuh dalam evaluasi model ketimpangan: a) mengembangkan desain dan standar yang menspesifikasikan karakteristik implementasi ideal dari objek evaluasi berupa kebijakan, program, dan atau proyek, b) merencanakan evaluasi dengan menentukan informasi yang diperlukan untuk membandingkan implementasi yang sesungguhnya dengan standar kinerja yang seharusnya, c) menjaring kinerja objek evaluasi yang meliputi pelaksanaan program, hasil kuantitatif dan hasil kualitatif. Melalui evaluasi ketimpangan diperoleh data dan informasi di lapangan bahwa budaya kerja guru di SMK PGRI 16 Jakarta pada umumnya baik, hal tersebut berdasar pada data bahwa dari 25 aspek (indikator) budaya kerja guru sebanyak 35 orang, ternyata jawaban Ya sebanyak 767 poin (87,66%) dapat dicapai dengan baik, sedangkan yang menjawab Tidak sebanyak 89 poin (12,34%) masih buruk. Adapun hasil outcome yang didapat dari penelitian ini adalah: guru siap ditugasi melaksanakan jabatan atau tugas tertentu sesuai kemampuan standar minimum, para guru dapat mengelola proses pembelajaran dengan baik; mengarahkan, membimbing, memotivasi, dan menasehati para siswa khususnya siswa yang bermasalah (maladjusted), guru menyelenggarakan penilaian dan evaluasi secara rutin (formatif dan sumatif), dan guru membantu panitia kegiatan yang dilakukan OSIS seperti penyelenggaraan HUT RI, Idul Qurban, kunjungan dunia industri, dan ulang tahun PGRI/ hari guru nasional. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Alkin, Marvin C. 2011. Evaluation Essentials. New York: The Guilford Press. Amnuhai, Siti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: Cetakan Keempat. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Alfabeta. _________ dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. _________. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara. Djatmiko, Yayat Hayati. 2015. Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta. Djojonegoro, Wardiman. 2012. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Jayakarta Agung Offset. Finch dan Crunkilton. 2016. Curriculum Development in Vocational and Technical Education. New York: Lab Press. Ghani, Rahman A. 2014. Metodologi Penelitian Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers. Hamalik, Oemar. 2012. Menjadi Guru Profesional: Teknik dan Strategi. Bandung: Jenmars. Hasibuan, Malayu S. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi Revisi. Jakarta: Bina Aksara. Hidayatulloh, Agus et. al. 2013. Al-Wasim: Al-Quran Tajwid Kode Transliterasi Per Kata Terjemahan Per Kata. Bekasi: Cipta Bagus Sagara. Ibrahim R dan Muhammad Ali. 2016. Teori Evaluasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press. Koentjaraningrat. 2014. Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia. _________. 2015. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djembatan. Lofland dan Lexy J. Moleong. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Milles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2012. Analisis Data Kualitatif: Terjemahan Tjetjep Rohadi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press. Moekijat. 2016. Azas-Azas Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Mandar Maju. Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nawawi, Hadari. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia: Cetakan Kelima. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. _________ dan Mimi Martini. 2013. Penelitian Aplikatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ndraha, Taliziduhu. 2013. Teori Budaya Organisasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Newstrom J. dan K. Davis. 2013. Human Behavior at Work: Organization Behavior 8th Edition. Singapore: McGraw Hill International. Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia Bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Bab 1 Pasal 1 Diktum 1. Jakarta: Arya Duta. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Prasetya, Triguno. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Prasetyo, Andi Eko. 2014. Evaluasi Budaya Kerja Guru terhadap Perilaku Kerja dan Kinerja Guru di SMAN 1 Jember. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Pusparani, Regina. 2016. Evaluasi Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru di SMKN 1 Jember. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Sabila, Lubis. 2015. Evaluasi Budaya Kerja Guru dan Sikap Inovatif terhadap Kinerja Guru MAN di Kota Medan. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Medan. Sagala, Syaiful. 2011. Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan Pemberdayaan Organisasi Pendidikan ke Arah yang Lebih Profesional dan Dinamis di Provinsi, Kabupaten/ Kota, dan Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sardjo, Sulastri Linda Darmajanti, dan Koeshariyaningsih C. Boediono. 2016. Implementasi Model Evaluasi Formatif Program Pembangunan Sosial (EFPPS): Partisipasi Multipihak dalam Evaluasi Program. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI bekerjasama dengan Yayasan Pustaka Obor Indonesia Anggota IKAPI DKI Jakarta. Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sinamo, Jansen. 2011. Delapan Etos Kerja Profesional. Jakarta: Institut Mahardika. Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 2012. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: LP3ES. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sumanto. 2014. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Aplikasi Metode Kuantitatif dan Statistika dalam Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset. Supranto. 2012. Metode Riset: Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi. Supriyadi, Gering dan Triguno Prasetya. 2014. Budaya Kerja Organisasi Pemerintah. Jakarta: LAN. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2006. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Utomo, Hendro. 2015. Evaluasi Context, Input, Process, Product Program Praktek Kerja Industri SMK MAHADIKA 1 JAKARTA. Tesis. Magister Administrasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA. Widagdho, Djoko. 2014. Ilmu Budaya Dasar: Cetakan Kesembilan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Widoyoko, Eko Putro dan Saifuddin Zuhri Qudsy. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran. Wijaya, E. Juhana 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Jakarta: PT. Intimedia Ciptanusantara. Wirawan. 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Yanto, Indri. 2012. Pengantar Pendidikan Kejuruan. Jakarta: Bumi Aksara. Yusuf, Farida. 2015. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta. Jurnal: Arianto, Dwi Agung Nugroho. 2013. Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja, dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia: Volume 9 Nomor 2, diakses dari https://journal.uny.ac.id Hadi, Sutrisno. 2015. “Aplikasi Ilmu Statistika pada Fakultas Psikologi”. Anima Indonesian Psychological Journal (Jurnal Psikologi): Volume 20 Nomor 3, diakses dari https://jurnal.ugm.ac.id Hanif, Achmad Sofyan. 2011. Evaluasi Terhadap Sekolah Khusus Olahragawan SMP/ SMA Ragunan Jakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan: Volume 1 Nomor 2, diakses dari https://journal.uny.ac.id Hayadin. 2012. “Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Jarak Jauh”. Jurnal Edukasi: Volume 10 Nomor 1, diakses dari https://jurnaledukasikemenag.org Kurniawan, Dedi. 2012. “Pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Guru International Federation Red Cross Banda Aceh”. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala: Volume 1 Nomor 1, diakses dari http://prodipps.unsyiah.ac.id/jurnalmm/index.php/jurnal/13agustus/6dedik urniawan Langke, Rusman. 2013. “Inovasi dalam Bekerja”. Jurnal Diklat Keagamaan Surabaya: Volume 3 Nomor 4, diakses dari http://.03-rusmanedited.pdf Muhtadi, Ali. 2011. “Pengembangan Sikap dan Perilaku Siswa yang Bermoral dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah”. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Pembelajaran: Nomor 1 Volume 1, diakses dari https://journal.uny.ac.id N. S, Amelia. 2010. “Hubungan Antara Motivasi dan Budaya Kerja dengan Kinerja Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat”. Jurnal Penyuluhan: Volume 5 Nomor 1, diakses dari http://.03- Ameliaedited.pdf Setiyati, Sri. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Volume 22, Nomor 2, diakses dari https://journal.uny.ac.id Sukardewi, Nyoman. 2013. “Kontribusi Adversity Quotient (AQ) Etos Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kota Amlapura”. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala: Volume 4 Nomor 2, diakses dari https://jurnal.unsyiah.ac.id Susanto Irawan, Abdullah Taman, dan Sukirno. 2015. “Balanced Scored sebagai Alat Pengukuran Kinerja Manajemen”. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta: Volume 4 Nomor 5, diakses dari https://journal.uny.ac.id Tyagita, Brigitta Putri Atika dan Kristiana Hesti Padmini. 2015. “Edupreneur dalam Meningkatkan Mutu Lulusan SMK”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta: Volume 9 Nomor 19, diakses dari https://ejournal.uksw.edu Wahjusaputri, Sintha. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengembangan, Budaya Kerja, dan Self Learning Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kawasan Pesisir Pantai Utara Jakarta. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan: Volume 4, diakses dari https://journal.uhamka.ac.id Wahyu, Made. 2009. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Budaya Kerja Pegawai”. Jurnal MSDM: Volume 4 Nomor 2, diakses dari http://.02- madewahyu3732.pdf Wulan, Ana Ratna. 2015. Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, dan Pengukuran. Jurnal FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, diakses dari https://journal.uny.ac.id citation: Purnamawati, Sri Endang (2019) Evaluasi Terhadap Program Budaya Kerja Guru di SMK PGRI 16 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29140/1/SPS_MAP_1709037032_SRI%20ENDANG%20PURNAMAWATI.pdf