eprintid: 29139 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/39 datestamp: 2023-09-21 05:17:50 lastmod: 2023-09-21 05:17:50 status_changed: 2023-09-21 05:17:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Huzaimah, Sitti title: Evaluasi Implementasi Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Bintang Puri Widya Kota Bandung ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: evaluasi program, parenting, pendidikan anak usia dini abstract: Studi penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap pelaksanaan Program di Bintang Puri Widya Kota Bandung, melalui evaluasi terhadap komponen konteks, input, proses dan produk di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi program. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mengevaluasi fenomena-fenomena mulai dari context – input, process dan product pelaksanaan program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Bintang Puri Widya Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan dokumen ditambah dengan evaluasi CIPP (conteks, input, proses, produk). Wawancara dilakukan terhadap kepala yayasan, kepala sekolah, guru, komite dan siswa/santri. Untuk keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan program parenting PAUD sejatinya menjadi program yang sangat strategis untuk membentuk karakter anak melalui pelibatan secara penuh orang tua, lembaga pendidikan dan masyarakat sebagai trilogi sentral pendidikan itu sendiri. Program parenting PAUD merupakan upaya memperkuat peran orang tua dalam tumbuh kembang anak usia dini. Hal ini relevan dengan 90,8% masyarakat telah mengetahui tujuan dari parenting itu sendiri yakni untuk: (1) Meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pentingnya perawatan, pengasuhan, perlindungan dan pendidikan yang pertama dan utama; (2) Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif orang tua dalam mengasuh tumbuh kembang anak usia dini; (3) Meningkatkan peran aktif orang tua dalam proses pendidikan anak usia dini baik di rumah, sekolah maupun di masyarakat; (4) Meningkatkan mutu layanan orang tua kepada anak usia dini dalam memantau, dan mengasuh tumbuh kembang anak dimana dan kapanpun anak berexplor kemampuannya. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: AG. Subarsono. 2011. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Alkin, Marvin C. 2004. Evaluation Roots: Tracing Theorists Views and Influences. London: Sage Publications. Ariyati.,Tatik. 2016. Parenting Di PAUD Sebagai Upaya Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kependidikan Khasanah Pendidikan, Vol. IX, No. 2. Maret 2016. DOI: 10.30595/jkp.v9i2.1065. Bredekamp., Sue.. Developmentaaly Appropriate Practice in Early Childhood Program Serving Children From Birth Through Age 8. Washington DC: NAEYC. Brooks, J.B. 2001. Parenting. California: Mayfield Publishing Company. Cronbach.,Lee J. . Toward Reform of Program Evaluation. San Francisco: Jossey-Bass Publisher. Depdiknas. 2010. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Dessinger.,Joan C. dan James L. Moseley. 2004. Comfirmative Evaluation. San Frasisco: John Wiley & Sons, Incs. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. 2017. Dokumen Monitoring dan Evaluasi Program Tahun 2017. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. Ditbinkel Kemdikbud. 2017. Laporan Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan Keluarga. Jakarta: Ditbinkel Kemdikbud. Ditjen PAUDNI. 2013. Pedoman Penyelenggaran Pendidikan Keorangtuaan (Parenting). Jakarta: Ditjen PAUDNI. Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ. Elliot., Alison. 2006. Early Childhood Education Pathways to Quality and Equity for All Children. Journal Australian Education Review. Victoria: ACER. Fernandes.,H.J.X. 1989. Evaluation of Educational Programs. Jakarta: National Education, Planning, Evaluation and Development. Fink., Arlene. . Evaluation for Education and Psychology. London: Sage Publication. Fitzpatrick, Jody L., James S. Sanders, dan Blaine R. Worthen. 2004. Program Evaluation: Alternative Approach and Practical Guidelines. New York: Pearson Education. Gregory., Robert J. Psychological. 2004. Testing: History, Principles and Applications. Boston: Pearson Education Group Inc. Hayati.Fitria dan Nurdin Mamat. 2014. Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. Jurnal Garuda, Volume 1 Nomor 1, 01 September Tahun 2014. Hurlock.,Elizabeth B. 2008. Perkembangan Anak (terj.) Meitasari Tjandrasa dan Soedjarwo, Jilid II Edisi-IV. Jakarta: Erlangga. Hyoscyamina.,Darosy Endah dan Kartika Sari Dewi. 2012. Pengembangan Program Parenting Bagi Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Psikologi Positif dan Karakter Islami. Proceedings Seminar Nasional Psikologi Islami, 2012. Hal. 43 https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/1749. Diakses 30 Mei 2018 Pukul 12.45 WIB. Jamaris.Martini. 2010. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni. Latif.,Mukhtar Dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Marzuki.Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. McDavid.,James C. & Luara R. Hawthorn. 2006. Program Evaluation & Performance Measurement. California, Sage Publication. Miles.,Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press. Morrison.,George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Kelima. Jakarta: Indeks. Munif Chatib. 2012. Orangtuanya Manusia. Bandung: Kaifa Mutiah.,Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. National Association for The Education of Young Children. http://www.naeyc.org/files/academy/file/OverviewStandards.pdf (diakses 15 Mei 2018 pukul 20.00 WIB). Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. Olson, D.H., DeFrain, J., Skogrand, L. 2011. Marriages and Families: Intimacy, Diversity, and Strengths.Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies. Owen.John M. . Program Evaluation: Forms and Approaches. New York: Allen dan Unwin Press Papalia.,Diane E. et al. 2010. Human Development, terjemahan A.K.Anwar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Popham.,W. James. 1981. Modern Educational Evaluation. New Jersey: Prenctice Hall Inc. Royse.,David, Bruce Thyer, dan Deborah Padgett. 2010. Program Evaluation: An Introduction. Belmont: Wadsworth Cengage Learning. Rutman., Leonard. 1984. Evaluation Research Methods: A Basic Guide. London: Sage Publication. Santoso., Soegeng. 2011. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya Jilid 1. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Setijaningsih.,Triana dan Wiwin Martiningsih. 2014. The Effect of Parenting Program Towards Knowledge and Attitude of Parents for Giving Fundamental Needs of Children in Early Age. Jurnal Ners dan Kebidanan, Volume 1, Nomor 1, Juli 2014, hlm.116-121. DOI: 10.26699/jnk.v1i2.ART.p116-121. Stake.Robert E. 2004. Standards-Based & Responsive Evaluation. California: Sage Publications. Stufflebeam.,Daniel L, dan A.J Shinkfield. 1985. Systematic Evaluation. Boston: Kluwer Nijhoff Publishing. ________. 2007. Evaluation Theory, Models, And Applications. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc. Sujiono.,Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Indeks. ________. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Index. Sunarno.2013. “Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda (Suatu Penelitian Evaluasi Berdasarkan Model CIPP Mengenai Pendidikan Sistem Ganda Di SMK Geologi Pertambangan Tenggarong). Disertasi, Universitas Negeri Jakarta. Tyler., Ralph W. 1991. Ukuran Baku Untuk Evaluasi Program, Proyek, dan Materi Pendidikan Terjemahan Rasdi Eko Siswoyo. Semarang: IKIP Semarang Pres. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Pasal 1. Worthen.,Blain R. dan James R. Sanders. 1973. Educational Evaluation: Theory and Practice. Worthington: Jones Publishing Company. Wirawan. 2016. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. citation: Huzaimah, Sitti (2019) Evaluasi Implementasi Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Bintang Puri Widya Kota Bandung. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29139/1/SPS_MAP_1709037031_SITTI%20HUZAIMAH.pdf