eprintid: 29136 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/36 datestamp: 2023-09-21 05:03:22 lastmod: 2023-09-21 05:03:22 status_changed: 2023-09-21 05:03:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maryam, Maryam title: Evaluasi Implementasi Teaching Factory Pada Bidang Perhotelan di Sekolah Menengah Keujuran 57 Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi program, CIPP, Teaching Factory abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: 1) konteks (context) implementasi program teaching factory pada aspek kondisi lingkungan yang mendukung meliputi (a) Visi Misi Sekolah, (b) Kerjasama dengan DU/DI, (c) kurikulum yang digunakan menjadi acuan; 2) masukan (input) program Pendidikan sistem ganda yang meliputi, (a) ketersedian sarana dan prasarana, (b) sumber daya manusia, (c) karakteristik peserta didik, (d) perencanaan pembelajaran teaching factory; 3) proses (prosess) membahas pelaksanaan program pembelajaran teaching factory; 4) produk (product) yaitu hasil praktik peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 57 Jakarta, pada bidang keahlian perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluative model CIPP (Context, input, prosess, product). Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik purposive sampling yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas X jurusan perhotelan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) evaluasi terhadap konteks tergolong tinggi, aspek ini meliputi (a) Visi Misi Sekolah, (b) Kerjasama dengan DU/DI, (c) kurikulum yang digunakan menjadi acuan program pembelajaran teaching factory. 2) evaluasi terhadap masukan program pembelajaran teaching factory tergolong tinggi. Aspek input terdiri dari: (a) ketersedian sarana dan prasarana, (b) sumber daya manusia, (c) karakteristik peserta didik, (d) perencanaan pembelajaran teaching factory; 3) evaluasi terhadap proses (prosess) tergolong tinggi aspek yang dinilai tentang pelaksanaan program pembelajaran teaching factory; 4) evaluasi terhadap produk (product) tergolong sangat tinggi aspek yang dinilai yaitu hasil praktik peserta didik (penilaian). date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Arikunto, Suhaimi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan :Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi. Jakarta: Bumi Aksara, cet ketiga. Arikunto. 2012. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidkan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. DPSMK. 2008. Model -Model Pembelajaran di SMK 2010-2014. Jakarta: Depdiknas. Farida,Yusuf. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, Fuadi, Afnan. 2016. Evaluasi program pembelajaran teaching factory di sekolah perikanan menengah. Jurnal PERSEPEKTIF ilmu Pendidikan – Vol 30 No 2 Oktober 2016. Ghani, Abd. Rahman A. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. Griffin, Ricky W. 2006. Business ,8th Edition. NJ: Prentice Hall Kadarsiman, M. 2012. Menejemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers. Laura, Langbein dan Felbinger L Claire. 2006. Public Program Evaluation :A Statical guide. New York: M>B Shape inc M. Danang Hidayat. 2011. Model Pembelajaran Teaching factory Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17, Nomer 4 Februari 2011. Meolong, Lexy. 2000. Metodelogi Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nurmala. 2010. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Diakses dari http://klipingnurmala.bogspot.com. Purba, Sonia Veronica .2009. Implentasi teaching factory. Yogyakarta: UNY Lumbung Pustaka Quaid, PM. et al. 2011. Teaching factory. Proceedings, American Society for Engineering Education. San Luis Obispo: California Polytechnic State University. Diakses dari http://digitalcommons.calpoly.edu. Diakses tanggal 3 Maret 2019 Rahman, Fathur. 2011. Menjalin Patnership Industri, Membangun SMK Lebih Maju. Diakses dari http://douparado.blogspot.com . Diakses tanggal 3 Maret 2019 Rsnaders, Chair James. 1994. The Program Evaluation stndards nd Edition How to Asses evaluations of Educational program. California: Publication ,Inc S, Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suparman, A. 2012. Desain instruksional modern. Jakarta:Erlangga Stufflebeam, Daniel L. 1999a. Foundation Modelfor 21th Century Program Evaluation. Kalamazoo. MI: The Evaluation Center, Western Michigan University. Syaodih. Nana. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Wahjusaputri, Sintha, Fitriani, Somariah dan Khuloq, Ihsana El. 2017. The Implementation of Teaching factory And Its Implication To Vacational High School Student’s Competence In The Industrial Area Of Jakarta Provience, Indonesia. Jakarta: UHAMKA press, ISSN 2549-0974 Wirawan. 2011. Evaluasi teori ,model,metodologi,standar,aplikasi dan profesi ,Contoh Aplikasi Evaluasi Program : Pengembamgan Sumber Daya Manusia Program Zaini, Muhamad. 2009. Pengembangan Kurikulum. Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras. citation: Maryam, Maryam (2019) Evaluasi Implementasi Teaching Factory Pada Bidang Perhotelan di Sekolah Menengah Keujuran 57 Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29136/1/SPS_MAP_1709037024_MARYAM.pdf