eprintid: 29134 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/34 datestamp: 2023-09-21 04:51:15 lastmod: 2023-09-21 04:51:15 status_changed: 2023-09-21 04:51:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Januardi, Ega title: Evaluasi program manajerial kepemimpinan kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Manajerial, Mutu Pendidikan, Google Drive (GDrive), dan Konsekuensi Logis abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program manajerial kepala sekolah guna meningkatkan mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta, dengan difokuskan pada sistem pengumpulan data melalui Google Drive (GDrive) maka diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk perbaikan pelaksanaan program, sehingga program tersebut dapat terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan mutu Pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian dilakukan melalui penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi berbasis tujuan (Goal Oriented Evaluation Model), Semua sumber informasi berasal dari warga sekolah seperti: Ketua DIKDASMEN, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Kepala TU, Koordinator Ekstrakurikuler, Koordinator Piket, Koordinator ISMUBA, Koordinator Humas, Koordinator UKS, Guru, dan Komite Sekolah. Pengumpulan data diperoleh dengan cara: observasi langsung, wawancara dan dokumentasi, setelah mendapatkan informasi kemudian dilakukan kroscek data primer dan literatur yang ada kemudian temuan penelitian ini dideskripsikan berupa narasi. Penelitian memperoleh hasil bahwa program tersebut dapat meningkatkan tiga standar Pendidikan dari delapan standar Pendidikan, yaitu standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pendidik dan tenaga pendidik. Rekomendasi untuk program tersebut adalah dapat dilanjutkan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pelaksanaan program tersebut maka kepala sekolah harus membuat pelatihan secara khusus dan terjadwal kemudian membuat konsekuensi logis terhadap kedisiplinan pengumpulan file administrasi guru date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Sani, R. A. dkk. 2018. Sistem Penjaminan Mutu Internal. Tangerang : Tira Smart. Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Chairunnisa, Connie. 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Jakarta: Rajawali Pers. Djamal. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gunawan, I . dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Husien, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Yang Profesional. Yogyakarta : Pustaka Baru Press. Kementerian Agama. 2012. Alqur’an dan Terjemahan. Latief, A. M. 2013. Evaluasi Program Teori dan Aplikasi. Jakarta: UHAMKA PRESS. Latief, A. M. 2014. Evaluasi Kinerja SDM Konsep, Aplikasi, Standar dan Penelitian. Tangerang: Haja Mandiri. Mulyana, Deddy. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja Rosdakarya. Keputusan Majelis DIKDASMEN Nomor 35 Tahun 2014 tentang Panduan Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Dasar dan Menengah Cabang Muhammadiyah Kebayoran Baru. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor PER/15/MENDIKBUD/2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor PER/13/MENDIKNAS/2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor PER/06/MENDIKBUD/2018 Tentang Pedoman Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 13. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 19. Purwanto, Ngalim. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. Rajasa, Sutan. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Karya Utama. Rosyada, Dede. 2017. Madrasah dan Profesionalisme Guru. Depok : Kencana. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Suyatno et al. 2013. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Jakarta: UHAMKA PRESS. Tim Grasindo. 2017. UUD 1945 dan Amandemen. Jakarta: Grasindo. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 14. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 20. Wirawan. 2008. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Raja Grafindo. Arhipova, Olga Irēna Kokina, dan Alona, Rauckienė Michaelsson. 2018. Educational Management: School Principal’s Management Competences For Successful School Development. 78(1) Tiltai 2018: 63-75. Outson, Janet. 2015. International Educational Management Administration: Management Competences, School Effectiveness and Education Management. 21(4) Virginia 2015: 212-221. Zahir, Abdul. 2012. standar evaluasi program. https://hepimakassar.wordpress.com/2012/04/29/standar-evaluasiprogram/ . citation: Januardi, Ega (2019) Evaluasi program manajerial kepemimpinan kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29134/1/SPS_MAP_1709037022_EGA%20JANUARDI.pdf