eprintid: 29133 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/33 datestamp: 2023-09-21 04:17:20 lastmod: 2023-09-21 04:17:20 status_changed: 2023-09-21 04:17:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azhar, Dika Khairullah title: Evaluasi Implementasi Praktik Kerja Industri Pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Di Smk Islam Wijaya Kusuma Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi Implementasi Program, CIPP, Praktik Kerja Industri abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menilai implementasi Praktik Kerja Industri pada kompetensi keahlian otomatisasi dan tatakelola perkantoran di SMK Islam Wijaya Kusuma Jakarta. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model CIPP (Context, Input, Process dan Product). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa wawancara, observasi dan studi dokumen. Informan pada penelitian ini adalah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat, kepala program otomatisasi dan tatakelola perkantoran, guru pembing dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Prakerin di SMK Islam Wijaya Kusuma belum sepenuhnya berjalan optimal. Pada aspek konteks sudah lengkap namun hanya saja latar belakang prakerin yang telah dirumuskan sekolah belum disosialisasikan kepada peserta didik dan tujuan Prakerin yang telah dibuat sekolah belum sepenuhnya mencerminkan tujuan Prakerin Nasional. Pada aspek masukan, aspek yang belum terpenuhi adalah penysununan kurikulum belum melibatkan dunia usaha/industri, sarana dan prasarana melum lengkap, kerja sama dengan industri pasangan masih relatif sedikit, perencanaan prakerin belum melibatkan dunia usaha/industri, pembekalan prakerin belum mencerminkan keseluruhan kegiatan prakerin. Pada aspek proses, aspek yang belum terpenuhi adalah waktu pelaksanaan prakerin belum sesuai dengan standar yang dibuat oleh pemerintah, pekerjaan selama prakerin belum sepenuhnya sesuai dengan materi pembelajaran disekolah, guru pembimbing belum sepenuhnya melaksanakan tugas pembimbingan. Pada aspek hasil, aspek yang belum optimal adalah pelaporan prakerin hanya bersifat laporan tidak dilakukan presentasi/sidang date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Alipour, et all. 2009. A Study Of On The Job Training Effectiveness: Empirical Evidence Of Iran. Vol 4. Arifin. 2014. Pengaruh Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal IKIP Veteran Semarang Vol. 4 No. 2 November 2014. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. Arthur. 2015. Learning Approach of Problem Solving for Increase Learning Achievement of the Civil Engineering Evaluation Program Badan Pusat Satistik Tentang angka pengangguran Indonesia No 103/11/th.XX,06 November 2017. Bukit, Masrim. 2014. Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan. Bandung: Alfabeta. Bungin, Burhan. 2014. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2016. Pelatihan Implementasi kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan, Materi Pelatihan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gie, The Liang. 2012. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty. Gunawan, Imam. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. Hakan, Karatas. 2011. Journal CIPP Evaluation Model Scale: Development, reliability and Validity,Procedia Social and Behavioral Sciences. Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hasan, Hamid. 2009. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Jabbari, Lotfali. 2015. The Study of Technical and Vocational Education and Training Needs of Dairy and Cooking Oil Producing Companies in Tehran Province. Vol 6, No 10 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 323/U/1997. Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: 1998. Konsultan Kresna. 2017. http://konsultasiskripsi.com/2017/01/09/komponen-praktik-kerja-industri-prakerin -skripsi-dan-tesis/ ( diunduh pada bulan Juni 2018). Mahmudi Mokhamad, 2013. Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Bersertifikat ISO di SMK Negeri 1 Malang. Vol. 1, No. 2 Mahanani, Fauzan A, et all, 2017. The Development of Industrial Work Practice Monitoring by Using “Simorin” at Vocational High School. Journal of Vocational and Career Education 2 (1) Maulana, et all, 2018. Evaluation Program on the Implementation of Industrial Apprenticeship (Prakerin) in Electrical Engineering. Bandung. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia. Moleong. Lexy J. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Munthe, Ashiong P. 2015. Pentingnya Evaluasi Program: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria, Vol. 5, No. 2 Murniati AR, Nasir Usman, Azizah. 2016. vocational school-industry partnership in improving graduate competency. International Multidisciplinary Journal Vol. 4, No. 3 Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Perdana Media Group. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990, Tentang Pendidikan Menengah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Priansa, Doni Juni & Agus Garnida. 2015. Manajemen Perkantoran. Bandung: Alfabeta Rochiyatun. 2016 “Evaluasi Program Kerja Industri (PRAKERIN) Studi Kasus Pada SMK Negeri 13 Jakarta””, Tesis Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pasca Sarjana UHAMKA. Saenab, Siti, et all, 2013. Scientific Writing (Best-Practice Principal Achievement) Analysis of Successful Practices Managing Industrial attachment in Vocational School 8 Makassar (SMK 8). Journal of Education and Practice Vol.5, No.4 Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Sidik. 2017 “Evaluation of Industrial Work Practice Program Competence of Motorcycle Engineering Expertise Based on CIPP Model”. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR) Volume 5, Issue 9. Post Graduate Program, Universitas Pakuan Bogor Indonesia Soeprijanto 2010. Daya Dukung Industri Terhadap Pelaksanaan Praktik Kerja Idustri (Prakerin), Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16 Nomor 3. Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sugiono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara. Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta. Topno, Harsit. 2012. “Evaluation of Training and Development: An Analysis of Various Models”.Journal of Business and Management, Volume 5, Issue 2. Umam, Khaerul. 2014. Manajemen Perkantoran. Bandung: CV Pustaka Setia. Undang – Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 1 ayat Wirawan. 2011. Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profect. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, Wena, Made. 2006. Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Tarsito Yumaroh, Lestari & Masrukhan. 2014. Pengembangan instrumen evaluasi program praktik kerja industri kompetensi keahlian teknik audio video SMK. Journal of Educational Research and Evaluation citation: Azhar, Dika Khairullah (2019) Evaluasi Implementasi Praktik Kerja Industri Pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Di Smk Islam Wijaya Kusuma Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29133/1/SPS_MAP_1709037020_DIKA%20KHAIRULLAH%20AZHAR.pdf