eprintid: 29131 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/31 datestamp: 2023-09-21 04:09:58 lastmod: 2023-09-21 04:09:58 status_changed: 2023-09-21 04:09:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggarasih, Dwi title: Evaluasi Implementasi Program Tahfidz Al – Qur’an di IGBS Darul Marhamah ispublished: unpub subjects: C divisions: 86104 keywords: program tahfidz, tahfidz Al – Qur’an, menghafal Al – Qur’an abstract: Penelitian ini berujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan program tahfidz, prosedur penyelengaraan, ketenagaan, sarana dan prasarana, proses pembelajaran, hasil dan dampak pelaksanaan program tahfidzdi IGBS Darul Marhamah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (context, input, Proses, produk. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari Kepala Kepesantrenan dan Bidang Kurikulum Kepesantrenan. Teknik analisis data dengan reduksi (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian didapat disimpulkan sebagai berikut : (1) landasan filososfis, tujuan program tahfidz dalam katagor baik. (2) Kepemimpinan Kepala Kepesantrenan dan Kurikulum Program tahfidz, karakteristik tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pembiayaan dalam katagori baik. (3) Proses belajar mengajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dalam keadaan baik. (4) hasil pelaksanaan program tahfidz dan dampak pelaksanaan program tahfidz dalam katagori baik. Kelebihan dari program tahfidz Al – Qur’an di IGBS Darul Marhamah ialah kebijakan program dalam melaksanakannya dan upaya menciptakakan generasi yang mencintai Al – Qur’an dan berakhlak Qur’ani date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Quraish Shihab; 1994. Membumikan Al-Qur'an Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakkat, Bandung: Mizan Media Utama Ahsin AlHafidz, 2005; Bimbingan Praktik Menghafal Al-Qur’an, Bumi Aksara, Jakarta. Suharsimi Arikunto & Jabar, Cepi S.A, 2014; Evaluasi Program Pendidikan: Pedomanm Teoretis, Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikann; Bumi Aksara; Jakarta Farida Yusuf Tayibnapis, 2008; Evaluasi Program Dan Instrumen untuk Program Pendidikan Dan Penelitian; Rineka Cipta, Jakarta Kisbiyanto,.2008. Bunga Rampai Penelitian Manajemen Pendidikan, Rasail Media Group Suharsimi arikunto, 2009, dasar – dasar Evaluasi Pendidikan, PT Bumi Aksara; Jakarta. Djudju Sudjana, 2008, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia; P. T. Remaja Rosdakarya; Bandung Suharsimi Arikunto. 2015. Dasar dasar evaluasi pendidikan edisi kedua; Bumi Aksara, Jakarta Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran; PT. Refika Aditama, Bandung. N asution, 2011; Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. (Jakarta, PT Bumi Aksara: Jakarta https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/ di akses pada tanggal 04 Desember 2018 Abdurrab Nawabuddin dan Bambang Saiful Ma’arif, 2005; Teknik Menghafal al- Qur’an (Kaifa Tahfiz al-Qur’an), Sinar Baru Algesindo, Bandung Ahsin Al-Hafidz,2005; Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, PT Bumi Aksara, Jakarta Aziz Abdul Rauf, 2004; Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah; PT Syaamil Cipta Media, Bandung Al-Qur’an Surat Al-Qiyamah Ayat 16-18, Yayasan Penyelenggaran Penerjemahan dan Penafsir Al-Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Depag RI, Jakarta, 1989, hlm. 575 Ahsin Al-Hafidz, 2005, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, PT Bumi Aksara, Jakarta Muhibbin Syah,2000; Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya,Bandung Mardiyah Hayati, 2009 Desain Pembelajaran; Yayasan Pustaka Riau, Pekanbaru 2009 Oemar Hamalik, 2008 Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bumi Aksara, Jakarta Wina Sanjaya, 2006; Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kencana Prenada Group, Jakarta https://alestaripbio10.wordpress.com/2012/10/05/fungsi-dan-tujuan-evaluasi/ di akses pada tanggal 04 November 2018 Suharsimi Arikunto Dan Cepi Saprudin , 2009, Evaluasi Program Pendidikan; Pedoman Teoritis Praktis bagi mahasiswa Dan praktisi pendidikan; Bumi Aksara, Jakarta Sugiyono, 2013, metode penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, alfabeta, Bandung Suharsimi Arikunto Dan Cepi Saprudin, 2009. Evaluasi Program Pendidikan;Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan; Bumi Aksara; Jakarta Zainal Arifin, 2012; Penelitian Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung Sutrisno Hadi, 2004; Metodologi Research 1; Rineka Cipta, Yogyakarta Suharsimi Arikunto, 2009; Prosedur Penelitian; Rineka Cipta, Jakarta citation: Anggarasih, Dwi (2019) Evaluasi Implementasi Program Tahfidz Al – Qur’an di IGBS Darul Marhamah. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29131/1/SPS_MAP_1709037007_DWI%20ANGGARASIH.pdf