TY - UNPB Y1 - 2019/12/04/ A1 - Anggarasih, Dwi N2 - Penelitian ini berujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan program tahfidz, prosedur penyelengaraan, ketenagaan, sarana dan prasarana, proses pembelajaran, hasil dan dampak pelaksanaan program tahfidzdi IGBS Darul Marhamah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (context, input, Proses, produk. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari Kepala Kepesantrenan dan Bidang Kurikulum Kepesantrenan. Teknik analisis data dengan reduksi (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian didapat disimpulkan sebagai berikut : (1) landasan filososfis, tujuan program tahfidz dalam katagor baik. (2) Kepemimpinan Kepala Kepesantrenan dan Kurikulum Program tahfidz, karakteristik tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pembiayaan dalam katagori baik. (3) Proses belajar mengajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dalam keadaan baik. (4) hasil pelaksanaan program tahfidz dan dampak pelaksanaan program tahfidz dalam katagori baik. Kelebihan dari program tahfidz Al ? Qur?an di IGBS Darul Marhamah ialah kebijakan program dalam melaksanakannya dan upaya menciptakakan generasi yang mencintai Al ? Qur?an dan berakhlak Qur?ani AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA N1 - Unpublished KW - program tahfidz KW - tahfidz Al ? Qur?an KW - menghafal Al ? Qur?an UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29131/ ID - repository29131 TI - Evaluasi Implementasi Program Tahfidz Al ? Qur?an di IGBS Darul Marhamah M1 - masters ER -