eprintid: 29129 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/29 datestamp: 2023-09-21 03:51:36 lastmod: 2023-09-21 03:51:36 status_changed: 2023-09-21 03:51:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azaria, Cut Nabila title: Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi, Kinerja Guru abstract: Tesis ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi organisasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Hipotesis dalam penelitian ini adalah a)Terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap kinerja guru SMA Negeri Di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, b)Terdapat pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap kinerja guru SMA Negeri Di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, c)Terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Komunikasi Organisasi SMA Negeri Di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 300 responden dan sampel sebanyak 171 responden. Metode yang di gunakan adalah metode survey kausal dengan pendekatan kuantitaif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan besar pengaruh gaya kepemimpinan (X1) terhadap kinerja guru (X3). Sebesar p31 = 0,220, sementara nilai thit = 2,937, sedangkan nilai ttab pada taraf α (0,05) = 1,974 karena thit > ttab maka Ho ditolak dan H1 diterima. Besar pengaruh komunikasi organisasi (X2) terhadap kinerja guru (X3) sebesar p32 = 0,203, sementara nilai thit = 2,701, sedangkan nilai ttab pada α (0,05) = 1,974, karena thit > ttab maka Ho ditolak dan H1 diterima. Besar pengaruh gaya kepemimpinan (X1) terhadap komunikasi organisasi (X2) sebesar p21 = 0,205, sementara nilai thit = 2,726, sedangkan nilai ttab pada α (0,05) = 1,947, karena thit > ttab maka Ho ditolak dan H1 diterima. Variabel gaya kepemimpinan (X1) akan berdampak terhadap kinerja guru (X3) apabila seorang kepala sekolah dalam organisasi dapat mengoptimalkan dan menggunakan gaya kepemimpinan yang tepat sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Variabel komunikasi organisasi (X2) akan berdampak terhadap kinerja guru (X3) apabila kepala sekolah bisa menjadi komunikator yang baik. Variabel gaya kepemimpinan (X1) akan berdampak terhadap komunikasi organisasi (X2) apabila kepala sekolah dapat menggunakan gaya kepemimpinan yang efektif sehingga tercipta komunikasi organisasi yang baik di sekolah. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Anan, N. 2017. Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Serta Implikasinya pada Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Scientific Journals UNPAS. http://repository.unpas.ac.id. Arifin, M. H. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru di MAN 2 Kabupaten Probolinggo. Jurnal PIPSI 3 (1). http://journal.stkipsingkawang.ac.id. Arni, M. 2014. Komunikasi Organisasi. Edisi Dua Belas. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Astuti, N. F. 2018. Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat. Scientific Journals UNPAS. http://repository.unpas.ac.id. Christifora R, Arikunto, S . 2015. Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 3 (2). https://journal.uny.ac.id. Danim, S, Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta. Effendy, O. U. 2011. Ilmu Komunikasi;Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Gibson, I, Donnelly. 2016. Organisasi; Perilaku, Struktur dan Proses (Alih bahasa Adiarni Nunuk). Jilid II. Tanggerang: Binarupa Aksara, Handoko, T. H. 2012. Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta Hasibuan, M. S. P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. Heni, Rohaeni. 2016. Model Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai. Bandung. Hoon, T. S, Nasaruddin, N. F. M, & Singh, P. 2017. Communication Skills among Different Classroom Management Styles Teachers. Asian Journal of University Education, vol 13 (1). https://eric.ed.gov. Irfani, F. 2012. Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Ivancevich, J. M, Konopaske, R & Matteson, M, T. 2015. Perilaku dan Manajemen Organisasi Edisi Ketujuh. Terjemahan Dharma Yuwono. Jakarta: Erlangga. Majid, A. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Malthis, R. L, Jackson, J. H. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat. Mangkunegara, A. P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Munir, A. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Northouse, P. G. 2013. Kepemimpinan, Teori dan Praktik. Edisi Keenam (Alih Bahasa Ati Cahyani). Jakarta: PT.Indeks. Nursalam. 2012. Manajemen Keperawatan; Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika. Pace, R. W, Faules, D. F. 2010. Komunikasi Organisasi, strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, 2010. Bandung: Rosda Karya. Pradana, L. R, Setyanti, S, W, L, H, & Endhiarto, T. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja pada Dinas Koperasi dan Umkm Kabupaten Jember. Jurnal Bisnis dan Manajemen 10 (2). https://jurnal.unej.ac.id. Pratiningsih, S. A. 2016. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu. Priatna, N., Sukamto, T. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rahmatullah M. 2016. The Relationship between Learning Effectiveness, Teacher Competence and Teachers Performance Madrasah Tsanawiyah at Serang, Banten, Indonesia. Higher Education Studies, Vol. 6 (1). https://eric.ed.gov Rifa’I, A., Anni, C. T. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Rivai, V., M, Deddy. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.Ed.9. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Robbins, S. P, Timothy, J. A . 2017. Perilaku Organisasi ( Alih bahasa Angelia D dkk ). Jakarta: Salemba Empat. Rohim, S. 2017. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. Sinambela, L. P. 2012. Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Sudarmanto. 2011. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sunyoto, D. 2012. Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS). Tjipto, F. 2012. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Publisher. Tubs, S. L., Moss, S. 2013 Human Communication: Konteks – Konteks Komunikasi. (Alih Bahasa: Deddy Mulyana dan Gembirasari). Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Uno, H. B., Lamatenggo, N. 2014. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Usman, H. 2014. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Wahab, A., Umiarso. A. 2011. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Edisi ketiga. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Wirawan. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia; Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat. citation: Azaria, Cut Nabila (2019) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29129/1/SPS_MAP_1709037006_CUT%20NABILA%20AZARIA.pdf