eprintid: 29127 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/27 datestamp: 2023-09-21 02:00:02 lastmod: 2023-09-21 02:00:02 status_changed: 2023-09-21 02:00:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azizah, Alif Luthvi title: Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Aliyah Aziziyyah Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Efektivitas Kepemimpinan, Literasi, Pengembangan Budaya abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Aliyah Aziziyyah Tangerang. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data dan menggunakan teknik observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung kepada unit analisis, yaitu: Kepala Sekolah, Pengurus Yayasan, Staff Tata Usaha, Guru Bahasa Indonesia, dan Peserta Didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desain pengembangan budaya literasi di MA Aziziyyah Tangerang telah disesuaikan dengan panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dirumuskan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, meliputi 3 tahapan yaitu: Tahapan Pembiasaan, Tahapan Pengembangan, dan Tahapan Pembelajaran. Indikator ketercapaian dalam tahapan-tahapan tersebut terpenuhi 30 butir dari total 37 butir. Hasil ini menunjukkan bahwa masing-masih tahapan dalam desain pengembangan budaya literasi berjalan optimal sesuai dengan tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan budaya literasi di MA Aziziyyah Tangerang, diantaranya: faktor psikososial, faktor kepemimpinan, faktor lingkungan, faktor organisasi, faktor ekologi, dan kebijakan pemerintah. Faktor-faktor tersebut cenderung memberikan dampak positif bagi proses pengembangan budaya literasi di MA Aziziyyah. Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah menjadi pondasi utama optimalisasi pengembangan budaya literasi. Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi ditunjukkan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan nilai-nilai literasi dan diterapkan guna mengoptimalkan unsur-unsur budaya literasi yang ada di lingkungan sekolah. Indikator ketercapaian terkait efektivitas kepemimpinan kepala sekolah MA Aziziyyah dalam mengembangkan budaya literasi terpenuhi 6 butir dari total 7 butir. Hasil penelitian memperlihatkan kepemimpinan yang dijalankan oleh kepala sekolah sudah cukup efektif. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi ilmiah dalam upaya pengembangan budaya literasi di Indonesia khususnya MA Aziziyyah Tangerang. Sehingga menjadi penting bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian ini baik menggunakan pendekatan kualitatif atau kuantitatif dan mencakup variabel yang lebih beragam. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Alberta, Government of. 2010. Literacy First: A Plan for Action. Canada: Alberta. Ambarita, Alben. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu. Ari, Donald, Lucy Chear Jacobs, & Asghar Razaviah. 2000. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Terjemahan Arif Furchan. Surabaya: Usaha Nasional. Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Back, Les et al. 2012. Cultural Sociology An Introduction. Oxford: Blackwell Publishing. Bungin, Burhan. 2010. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ+EQ), Etika, Perilaku Motivasi, dan Mitos. Bandung: Alfabeta. Daryanto, Hery Tarno. 2015. Pengelolaan Budaya Dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media. Day, Christopher & Pamela Sammons. 2014. Succesful School Leadership. Berkshire: Education Development Trust. Dharma (ed), Satria. 2016. Transformasi Surabaya Sebagai Kota Literasi. Surabaya: Unesa University Press. Fiedler, Fred E. & Martin M. Chamers dalam Wahjosumidjo. 2004. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Gottschalk, Louis. 2003. Understanding History of Historical Method. Terjemahan Nugroho Natosusanto. Jakarta: UI Press. Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research II. Jakarta: Andi Office. Hamdan. 2013. Paradigma Baru Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. HB, Sutopo. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press. Klebansky, Anna and Sharon P. Fraser. 2013. Strategic Approach to Curriculum Design for Information Literacy in Teacher Education – Implementing Literacy Conceptual Framework. Autralia: University of Tasmania. Latief, Abdul Majid. 2015. Manajemen Pendidikan Islam. Ciputat: Haja Mandiri. Ma’mur, Lizamudin. 2010. Membangun Budaya Literasi. Jakarta : Diadit Media. Muwarni, Santosa. 2003. Pedoman Penelitian Tesis dan Disertasi. Jakarta: UHAMKA Press. National Association of Secondary School Principals. 2005. Creating a Culture of Literacy: a Guide for Middle and High School Principal. New York: NASSP. Nawawi, Hadari. 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajahmada University Press. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). 2015. PISA 2015 Result in Focus. OECD Publishing. Pakistianingsih, Arini. 2010. Surabaya Sebagai Kota Literasi. Surabaya: Pelita Hati. Ridwanullan. 2014. Urgensi Belajar Menurut Al-Quran (Kajian Tafsir Q.S Al-Alaq /96:1-5). Jakarta: Repository UIN Jakarta. Robin, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia. Setyowati, Lestari & Ninik Suryatiningsih. 2016. Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Anak Melalui Sastra Anak. Surabaya: Appi-Bastra. Siagian, Sondang 2012. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Smith, Philip and Alexander Riley. 2009. Cultural Theory: an Introduction. Oxford: Blackwell Publishing. Soekamto, Soerjono. 2008. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali. Sugiyono. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: R & B Alfabeta. Terry, George R. 2006. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. Tim Penyusun. 2008. Pedoman Tesis dan Disertasi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Jakarta: Uhamka Press. Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Yukl, Gary. 2010. Leadership in Organization 7th Edition. New Jersey: Pearson Educational. Yusuf, Choirul Fuad. 2011. Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pena Citrasatria. Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Pronamedia Group. Yusuf, Pawit M. & Yaya Suhendar. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana. Wirawan. 2011. Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. JPSD Vol. 3 No. 1, Maret 2017, ISSN 2540-9093. Alsobaie, Mohammed Fahd. 2015. The Principal’s Relationship with Teacher and Development Literacay of Elementry School Student. Journal of Education and Practice Vol. 6. No. 35 2015 p-ISSN:2222-1735. Asmawan, Moch. Chairil. 2018. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol 28. No. 1, Juni 2018.p-ISSN:1412-3835. Edmoton Regional Learning Consortium. 2016. K-12 Literacy Guiding Document. Endaswara, Suwardi. 2017. Strategi Pengembangan Budaya Literasi Sastra di Sekolah dan Masyarakat. Prosiding SENASBA Edisi 1. Gilbert, Kristen A. 2017. Innovative Leadership Preparation: Enhancing Legal Literacy To Create 21st Century Ready Principals. Academy of Educational Leadership Journal Volume 21 No.1 2017. Hoffman, Therese K. 2010. Cultural Literacy is More than Reading and Writing. International Social Science Review Vol. 66, No.132-547. Madanchian, Mitra et al. 2017. Leadership Effectivenes Measurement and Its Effect on Organization Outcome. 10th International Conference Interdiciplinarity in Engineering, INTER-ENG 206. Manan, Md Mohtar B. 2014. Leadership Characteristics of Excellent Headmaster. Journal of Education and Practice Vol.5 No.23. Margono, Hendro. 2010. Perpustakaan Sebagai Kunci Utama Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dalam Masyarakat. Palimpsest, Edisi Tahun II,No 2. Maryamah, Eva. 2016. Pengembangan Budaya Sekolah. TARBAWI Volume 2. No. 02. Piaw, Chua Yan et al. 2013. Factors of leadership skills of secondary school principals. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116. Pratomo, Hery. 2010. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Program Gerakan Literasi di Sekolah. Inovasi Pendidikan: Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam menghadapi Abad 21. Wandasari, Yulisa. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 1 No 1: 326. citation: Azizah, Alif Luthvi (2019) Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Aliyah Aziziyyah Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29127/1/SPS_MAP_1709037003_ALIF%20LUTHVI%20AZIZAH.pdf