%X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Aliyah Aziziyyah Tangerang. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data dan menggunakan teknik observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung kepada unit analisis, yaitu: Kepala Sekolah, Pengurus Yayasan, Staff Tata Usaha, Guru Bahasa Indonesia, dan Peserta Didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desain pengembangan budaya literasi di MA Aziziyyah Tangerang telah disesuaikan dengan panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dirumuskan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, meliputi 3 tahapan yaitu: Tahapan Pembiasaan, Tahapan Pengembangan, dan Tahapan Pembelajaran. Indikator ketercapaian dalam tahapan-tahapan tersebut terpenuhi 30 butir dari total 37 butir. Hasil ini menunjukkan bahwa masing-masih tahapan dalam desain pengembangan budaya literasi berjalan optimal sesuai dengan tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan budaya literasi di MA Aziziyyah Tangerang, diantaranya: faktor psikososial, faktor kepemimpinan, faktor lingkungan, faktor organisasi, faktor ekologi, dan kebijakan pemerintah. Faktor-faktor tersebut cenderung memberikan dampak positif bagi proses pengembangan budaya literasi di MA Aziziyyah. Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah menjadi pondasi utama optimalisasi pengembangan budaya literasi. Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi ditunjukkan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan nilai-nilai literasi dan diterapkan guna mengoptimalkan unsur-unsur budaya literasi yang ada di lingkungan sekolah. Indikator ketercapaian terkait efektivitas kepemimpinan kepala sekolah MA Aziziyyah dalam mengembangkan budaya literasi terpenuhi 6 butir dari total 7 butir. Hasil penelitian memperlihatkan kepemimpinan yang dijalankan oleh kepala sekolah sudah cukup efektif. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi ilmiah dalam upaya pengembangan budaya literasi di Indonesia khususnya MA Aziziyyah Tangerang. Sehingga menjadi penting bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian ini baik menggunakan pendekatan kualitatif atau kuantitatif dan mencakup variabel yang lebih beragam. %A Alif Luthvi Azizah %L repository29127 %T Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Aliyah Aziziyyah Tangerang %K Efektivitas Kepemimpinan, Literasi, Pengembangan Budaya %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %D 2019