eprintid: 29126 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/26 datestamp: 2023-09-21 01:52:23 lastmod: 2023-09-21 01:52:23 status_changed: 2023-09-21 01:52:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Natsiruddin, Achmad title: Evaluasi Implementasi Mitsubishi School Program Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Karya Guna 1 Bekasi ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Kompetensi Keahlian, Evaluasi Program abstract: Mitsubishi School Program adalah program Corporate Social Responsibilty (CSR) PT Mitsubishi Motor Kramayudha Sales Indonesia kepada SMK Karya Guna 1 Bekasi sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) terampil, kompeten dan berkarakter sesuai kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model evaluasi Context, Input, Procces, Product (CIPP) menggunakan pendekatan Studi Dokumen, wawancara, observasi dan informan kunci. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan sekolah dan industri dalam menyelenggarakan Mitsubishi School Program (MSP), (2) Penyesuaian infrastruktur pembelajaran, (3) faktor pendukung dan penghambat untuk pelaksanaan Mitsubishi School Program, (4) Strategi yang digunakan untuk pencapaian tujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Mitsubishi School Program pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Karya Guna 1 Bekasi dapat meningkatkan kompetensi, daya saing global siswa dan guru dan kualitas SMK Karya Guna 1 Bekasi khusus kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Arifin, Z. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum . Bandung: PT Remaja Rosdakarya Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: PT Rineka Cipta Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Arikunto Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara Blaine et al. 2004. Program Evaluation Alternatives Approach and Practical Guidlines, Boston: Pearson Education Inc. Daru. 2017. Implementasi pelaksanaan kurikulum kelas industry di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Malang. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Djali, d. P. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo Eka Prihatin Disas. 2018. Link and Match as a Vocational Education Policy. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Ghani, Abd. Rahman A. 2009. Mengurai Simpul Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. GIZ. 2015. Guidelines Designing TVET Measures. Germany GIZ. 2016. Mengembangkan Kerja Sama yang Efektif antara Lembaga Diklat Kejuruan dan Industri Germany: Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH Hari Setiadi, Abd. Rahman A. Ghani & Suyatno, 2006, Evaluasi Pendidikan Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Uhamka Hadam, Sampun. 2017. Strategi Implementasi Revitalisasi SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Joko Saptono. 2015. Pengelolaan Kelas Standar Industri pada Paket Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 04 Boyolali. Surakarta: Tesis PPs UMS. Majid, Abdul. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta: Haja Mandiri. Mark D. Threeton. 2009. Automotive Technology Student Learning Styles and Their Implications for Faculty. The Pennsylvania State University Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muhmidayeli. (2014). Teori-teori Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama. Robert K. Vlacich. 2017. CONTRIBUTORS OF SUCCESS ON THE AUTOMOTIVE SERVICE EXCELLENCE (ASE) STUDENT CERTIFICATION EXAM. ProQuest LLC. The Pennsylvania State University College of Education Department of Learning and Performance Systems Rohanim, H. d. (2018). Kepala Sekolah sebagai Manager Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Santoso (2017). Peran Industri dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Kelas Industri Studi Kasus di SMK PGRI 3 Malang. Malang: Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang Sanusi, A. (2017). Sistem Nilai. Bandung: Nuansa Cendikia. Shinta. 2018. Pengelolaan Kelas Industri di SMKN 2 Klaten. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Steven R. Aragon. 2005. The Role of National Industry-Based Skill Standards in The Development, Implementation, And Assessment Of Community College Curriculum. University of Illinois at Urbana-Champaign Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sudjana, Djuju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sukardi. (2015). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan . Jakarta: Bumi Aksara. Tri Dianita Rully dkk. 2018. Study on The Implementation of Industrial Class Based on School with Electric’s Industry Cooperation of PJB Class Students (Jawa-Bali Power Generation) in SMK PGRI 3 Malang. Atlantis Press (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/) Wirawan. (2016). Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. ____. 2015. Rencana Strategis Direktorat Pembinaan SMK 2015-2019. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Yoto. 2014. Model “Diklastri” Sebagai Alternatif Meningkatkan Mutu Lulusan SMK. Jurnal Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang citation: Natsiruddin, Achmad (2019) Evaluasi Implementasi Mitsubishi School Program Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Karya Guna 1 Bekasi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29126/1/SPS_MAP_1709037001_ACHMAD%20NATSIRUDDIN.pdf