eprintid: 29125 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/25 datestamp: 2023-09-21 01:42:19 lastmod: 2023-09-21 01:42:19 status_changed: 2023-09-21 01:42:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Astuti, Noor Rahmah Yuni title: Evaluasi Program Keahlian Ganda bagi guru SMKN 18 Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi Program, Keahlian Ganda abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Keahlian Ganda di SMK Negeri 18 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah , meliputi pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Wawancara yang dilakukan kepada Kepala Sekolah , Kepala Sub Bagian Tata Usaha , wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ketua Program Keahlian , Staff pengajar , Guru peserta program, siswa SMK Negeri 18 Jakarta. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Keahlian Ganda dievaluasi dari aspek Context , input , Process, and Product (CIPP) yang terdiri dari : Latar Belakang dan relevansi program . Input terdiri dari: kurikulum, persiapan , sosialisasi, kriteria guru peserta program, tutor. Process terdiri dari : proses kegiatan pelatihan di p4tk . Product terdiri dari : teaching dan non teaching. Aspek konteks : kebijakan pemerintah, landasan hukum dan tujuan Program Keahlian Ganda secara umum telah sesuai dengan pelaksanaan program Keahlian Ganda bagi para pengajar di SMKN 18. Aspek input : kriteria peserta Keahlian Ganda sebelum pelaksanaannya harus lebih cermat lagi karena beberapa peserta yang faktanya blm memenuhi syarat . jumlah jam yang sudah lebih dari cukup dan peserta yang blm mendapat sertifikat pendidik untuk mata pelajaran asalnya.kurangnya pertimbangan tentang jumlah peserta yang mengikuti program, sosialisasi dari pemerintah kepada pihak manajemen sekolah dan kurang meratanya informasi di sekolah-sekolah kejuruan juga menyebabkan tidak meratanya peserta. Aspek proses : kegiatan belajar mengajar selama mengikuti program selama satu tahun di p4tk yang ditunjuk baik dalam bentuk online atau in training . secara umum sudah terlaksana dengn baik. Tetapi perlu adanya perbaikan pada aspek sosialisasi pada pihak sekolah sehingga peserta mendapat dukungan dari pihak sekolah dan dalam hal guru pamong pun harus menjalankan perannya dengan optimal . Aspek produk : evaluasi pada aspek produk yang dilihat dari aspek apakah lulusan program keahlian Ganda ini menjalankan keahlian gandanya disekola asal atau pun sekolah lain perlu diperhatikan sehingga perjuangan memperoleh sertifikat pendidik selama setahun tidak menjadi sia. Atau supaya dipikirkan cara mengatasi pemanfaatan guru produktif baru ini. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Al Jufri, Hamid, Suprapto, Ch. Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Smart Grafika, 2014. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi dan Cepi safrudin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara. Dikmenbud, 2016. Juknis Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik (Keahlian Ganda) Http://www.keahlianganda.id Juknis Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 110 Juknis Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian /Keahlian Ganda Bagi Guru SMK/SMA . Kunandar, S.Pd. Guru Profesional ;implmentasi kurikulumjakarta rajagrafindo persada h.439 2007 Moleong, Lexy. 2005. Metode PenelitianKualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya. Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &D. ) Bandung: Alfabeta Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin. Evaluasi Program Pendidikan.Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan . edisi kedua, Jakarta : PT Bumi Aksara , 2010 Tim Penyusun Pedoman Thesis dan Desertasi, Pedoman tesis dan Desertasi, Jakarta: UHAMKA Press, 2008. Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen No 20 Thn 2005. citation: Astuti, Noor Rahmah Yuni (2019) Evaluasi Program Keahlian Ganda bagi guru SMKN 18 Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29125/1/SPS_MAP_1408036121_NOOR%20RAHMAH%20YUNI%20ASTUTI.pdf