eprintid: 29124 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/24 datestamp: 2023-09-21 01:38:24 lastmod: 2023-09-21 01:38:24 status_changed: 2023-09-21 01:38:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Eliyanti, Santi title: Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 28 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi Program, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) abstract: Tesis ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 28 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah. Meliputi: pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa evaluasi program BOS di SMP Negeri 28 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018, komponen konteks: (1). Landasan kebijakan dalam program BOS di SMP Negeri 28 Jakarta berpedoman pada: (a). Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017 Bantuan Operasional Sekolah (b). Permendikbud Nomor 26 Tahun 2017 Perubahan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah dan (c). Peraturan Kepala Dinas Provinsi DKI Jakarta Nomor: 488 Tahun 2017 tentang Mekanisme Penggunaan Dana BOS Sekolah Negeri Tahun 2017. (2). Perencanaan yang meliputi: RKJM, RKT dan RKAS disusun melalui koordinasi dan rapat dalam rapat dewan guru setelah memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah. RKAS telah disusun berdasarkan hasil evaluasi sedangkan RKJM, RKT disusun belum berdasarkan hasil evaluasi dari sekolah. Komponen input: (1). Organisasi tim BOS sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) kepala sekolah tentang tim manajemen BOS SMP Negeri 28 Jakarta yang bertanggung jawab dalam pengelolaan dana BOS yang diterima sekolah. (2). Ketersediaan SDM secara kuantitas di SMP Negeri 28 Jakarta sudah baik, akan tetapi secara kualitas perlu ditingkatkan. Komponen proses: secara keseluruhan pelaksanaan tugas oleh tim manajemen BOS sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaran program dana BOS Tahun 2017. Komponen produk: berdasarkan penilaian 11 komponen yang tertuang dalam Permendikbud No 26 Tahun 2017, realisasi dana BOS tahun 2017 meliputi: Pengembangan perpustakaan, Penerimaan peserta didik baru, Kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler, Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah, Pembayaran honor, Biaya lainnya. Standar nasional pendidikan yang terfasilitasi melalui dana BOS yaitu: pengembangan standar isi, pengembangan standar proses, pengembangan sarana dan prasarana sekolah dan pengembangan standar pembiayaan. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Abdul Kadir Karding, 2008, Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP. Negeri di Kota Semarang: Semarang: UNNES A. Muliati A.M., 2007. Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda: Suatu Penelitian Evaluatif berdasarkan Stake’s Countenance Model Mengenai Program Pendidikan Sistem Ganda pada sebuah SMK di Sulawesi Selatan 2005/2007. Jakarta: PPs UNJ. Agustanico Dwi Mulyadi. 2017. Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi, Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN: 2442-3874 Vol.3 No.1, Januari. Amaliasari. 2010. Kajian Terhadap Pengenaan Dana BOS oleh Beberapa Sekolah Dasar di Jakarta Timur Tahun 2010. Jakarta: Tesis UI. Ann W. Frye and Paul A. Hemmer. 2012. Program Evaluation Models and Related Theories: AMEE Guide No. 67, Medical Teacher. Vol.34. Areti Stavropoulu and Theodora Strouboki. 2014. Evaluation of Educational Programmes-The Contribution of History to Modern Evaluation Thinking, Health Science Journal. Vol.8, No. 2. Arikunto Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. Azam Bazrafshan, Ali Akbar Haghdoost, Habibalah Rezaei, and Amin Beigzadeh, 2015. A Practical Framework for Evaluating Health Services Management Educational Program: The Application of the Mixed-Method Sequential Explanatory Design, Research and Development in Medical Education. Vol.4, No. 1. Dermot Murphy. 2000. Key Concepts in ELT, ELT Journal Volume. Vol.54 No. 2. Derya Kavgaoğlu and Bülent Alci. 2016. Application of Context Input Process and Product Model in Curriculum Evaluation: Case Study of A Call Centre, Educatonal Research and Reviews. Vol.11, No. 17. Djaali dan Mujiono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan Jakarta:Grassindo. Eka Anggraini dan Mayarni. 2013. Evaluasi Program BOS dalam Peningkatan Sarana Pendidikan, Jurnal Administrasi Pembangunan, Volume 1, Nomor 2 Elizabeth Downes, Judith Wold, Mesrak Belatchew, Amani Mustafa, and Stephen Blount, 2017. Strengthening Educational Capacity through Context- Relevant Curriculum Design and Evaluation, Frontiers in Education. Vol.2,No. 29. Farida Yusuf Tayibnapis. 2010. Evaluasi Program Jakarta: Rieneka Cipta. Fitzpatrick, Jody L, Sanders, James R, Worthen, Blaine R, Program Evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines, Pearson Education, 2004 Guili Zhang, Nancy Zeller, Robin Griffith, Debbie Metcalf, Jennifer Williams, Chistine Shea, and Katherine Misulis. 2011. Using the Context, Inputm Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Compreehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs, Journal of Higher Education Outreach and Engagement. Vol.15, No. 4. Hood, S., & Hopson.R K. 2008. Evaluation roots reconsidered: Asa Hilliard” Nobody Knows My Name” project, and African Educational Exellence. Review of Education Research. Hezzrin Mohd Pauzi, Nor Jana Saim, Norulhuda Sarnon Kusenin, and Mohammad Rahim Kamaluddin. 2017. Evaluation of Children’s Rehabilitation Program by Using the CIPP Model, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol.7, No. 3. John M Owen and Patricia Rogers. 1999. Program Evaluation: Form and Approaches, London: SAGE Publications Ltd. Kaswandi.2015. Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD Negeri 027 Tarakan, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Januari. Leigh Deves, 2011. Program Evaluation in Co-operative Education: A Dearth of Standards?, Asia-Pacific Journal of Cooperative Education, Vol.12, No. 3. Lung-Hsing Kuo, et.al. 2012. An Evaluation Model of Integrating Emerging Technology into Formal Curriculum. International Journal of Education and Information Technologies. Lexy J. Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Lyn M. Shulha and J. Bradley Cousins. 1997. Evaluation Use: Theory, Research, and Practice Since 1986, Evaluation Practice. Vol.18, No. 3. M. Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya Jakarta: Bumi Aksara. ________, 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan Jakarta: Bumi Aksara. Margaret E. Ross. 2010. Designing and Using Program Evaluation as a Tool for Reform, Journal of Research on Leadership Education. Vol.5 No. 12. Matt Vassar, Denna L. Wheeler, Machelle Davison, and Johnathan Franklin. 2010. Evaluation in Medical Education: An Overview of the Utilizationfocused Approach, Journal of Educational Evaluation for Health Professions. Vol.7, No. 1. Mutrofin. 2010 Evaluasi Program Teks Pilihan Untuk Pemula Yogyakarta: LaksBang PRESSindo. Nusa Putra. 2012. Penelitian Kualitatif Proses dan Aplikasi Jakarta: PT. Indeks. Owston dalam Ӧmer Gӧkhan Ulum, 2016. Evaluation of English as a Foreign Language Program-Using CIPP (Context, Input, Process and Product) Model, European Journal of English Language Teaching. Vol.1, No. 2. Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. R. Lance Hogan. 2007. The Historical Development of Program Evaluation: Exploring the Past and Present, Online Journal of Workforce Education and Development. Vol.2, No. 4. Rama Devi V and, Nagurvali Shaik. 2012. Evaluating Training and Development Effectiveness - A Measurement Model, Asian Journal of Management Research. Vol.2 No.1. Royse, David., Thyer, Bruce A., Padgett, Deborah.K., Logan, TK. 2006. Program Evaluation, an Introduction, Fourth Edition, USA: Thomson Brooks/Cole. Sara M. Steele. 1970. Program Evaluation – A Broader Definition, Journal of Extension. Scheirer, M.A. 2000. ”Getting More “Bang” for Your Performance Measures “Buck”. American Journal of Evaluation. Vol. 21. Stuffebeam, D.L.,2007. Evaluation: Theory, Model, Application San Francisco: CA Whiley. ____________The CIPP Model Evaluation. Presented at the 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Netrwork (OPEN) ____________The In CIPP Model For Evaluation Boston: Kluwer Academic Publishers, 2002. Sudaryono. 2014. Educational Research Methodology Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia. Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2012. Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Jakata: Bumi Aksara. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Vuyisile Msila and Angeline Setlhako, Evaluation of Programs: Reading Carol H. Weiss, Universal Journal of Educational Research. Vol.1, No. 4, 2013. Wirawan, Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011. _______ Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat, 2008 Yvonne Steinert, Sylvia Cruess, Richard Cruess, and Linda Snell. 2005 Faculty Development for Teaching and Evaluating Professionalism: From Programme Design to Curriculum Change, Medical Education. Vol.39. Young, G. ”Evaluation Can Cross the Boundaries. 2006. The Case of Transport Canada”. Canadian Journal of Program Evaluation. Vol. 21(3). Republika. (2016). DPD Soroti Temuan BPK Terkait Pengelolaan Dana BOS. Melaluihttp://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/01/22/o1c62k3 59-dpd soroti-temuan-bpk-terkait-pengelolaan-dana-bos, (diakses padatanggal 19 desember 2016) citation: Eliyanti, Santi (2019) Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 28 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29124/1/SPS_MAP_110836221_SANTI%20ELIYANTI.pdf