eprintid: 29121 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/21 datestamp: 2023-09-20 04:28:11 lastmod: 2023-09-20 04:28:11 status_changed: 2023-09-20 04:28:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prayitno, Joko title: Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu se-Kota Depok ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) dan Budaya Organisasi Sekolah (X2) terhadap Kepuasan Kerja Guru (X3). Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi sekolah terhadap kepouasan kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap budaya organisasi sekolah. Populasi terdiri dari 156 guru dari 8 sekolah Islam terpadu di kota Depok. Kemudian dihitung dengan rumus Slovin dengan Teknik simple random sampling maka diperoleh 60 orang sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode survey, instrumen dengan menggunakan skala model Likert. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan uji validasi butir dan koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas Kolmogorov Smirnov (Liliefors). Analisis data dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan uji linearitas dan akhirnya dengan analisis jalur. Hasil penelitian adalah pertama terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kepuasan kerja guru (X3) dengan persamaan regresi = 32,8197 + 0,6631 X1 , koefisien korelasi 0,5648 dan koefiisen jalur p31 = 0,44761 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 13 =0,3191. Kedua terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi sekolah (X2) terhadap kepuasan kerja guru (X3), dengan persamaan regresi = 49,2408 + 0,4962 X2 koefisien korelasi 0,4606 dan koefisien jalur p32 = 0,25392 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 23 = 0,2121. Ketiga terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah (x1) terhadap budaya organisasi (X2), dengan persamaan regresi = 55,143 + 0,5032 X1 , koefisien korelasi 0,4617 dan koefisien jalur p21 = 0,46169 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 12 = 0,46169. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Al-Qurthubi, Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ahmad. 2012. Al-Jami’Li Ahkam al- Qur’an. Mishr : Dar Bidayah Arifin, H. Muhammad. 2015, The Influence of Competence, Motivation and Organizational Culture to High School Teacher Job satisfaction and Performance, New York : Dowling College Oakdale. Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta As’ad, Mohammad. 2008. Psikologi Industri Seri Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Lyberty Aziizah, Deasy Rachmawati, Wirawan, Supriadi Thalib. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Jurnal Ilmiah Ekbank 1 (2) 2 Desember 2018 : 9-18 Baptiste, M. 2019. No Teacher Left Behind: The Impact of Principal Leadership Styles on Teacher Job Satisfaction and Student Success. Journal of International Education and Leadership, 9(1) Spring 2019 : 1–11. Batugal, Maria Leodevina C. 2019. Organizational Culture, Commitment and Job Satisfaction of Faculty in Private-Sectarian Higher Education Institutions (HEIs). World Journal of Education 9 (2) April 2019 : 123-135 Bogler, Ronit. 2001. The Influence of Leadership Style on Teacher Job Satisfaction. Educational Administration Quarterly 37 (5) 2001 : 662-683 Cansoy, R. 2018. The Relationship between School Principals’ Leadership Behaviours and Teachers’ Job Satisfaction: A Systematic Review. International Education Studies, 12 (1), December 2018 : 37-52 Champoux, Joseph E. 2011. Organizational Behavior, Integrating individuals, Groups and Organization. New York : Routledge Danim, Sudarman. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta : P.T Bumi Aksara , 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta : P.T Rineka Cipta Davis, Keith & John Newstorm. 1995. Perilaku dalam Organisasi jilid 1. terjemahan Agus Dharma. Jakarta : Erlangga Deal, Terrence E & Kent D Peterson, 1999. Shaping School Culture The Heart of Leadership San Fransisco : Josey-Bass Inc Dugguh Ph.D, Stephen I & Dennis Ayaga, Ph.D. 2014. Job satisfaction theories: Traceability to employee performance in organizations. Journal of Business and Management 16 (5). May. 2014 : 11-18 Damayanti, E., & Ismiyati, I. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 9 (1), Februari 2020 : 33-49 Ellis Arthur K ; John J Cogan & Kenneth R Howey. 1991. Introduction to The Foundation of Education, New Jersey : Prentice-Hall. Inc Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : P.T Rineka Cipta. Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research, Jilid 2. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE Hersey, Paul H & Kenneth H Blanchard. 1996. Management of Organizational Behavior. New Jersey : Prentice Hall Hosseinkhanzadeh, A, & Yeganeh, T. (2013). Investigate Relationship Between Job Satisfaction and Organizational Culture Among Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 832–836. Hoy, Wayne K & Cecil G Miskel. 2005. Educational Administration. New York : Mc Graw-Hill Ivancevich, John M ; Robert Konopaske & Michael T Matteson. 2005. Organizational Behavior. New York : Mc Graw-Hill Komariah, Aan & Cepi Triatna. 2005. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : P.T Bumi Aksara Kouni, Zacharo, Marios Koutsoukos, Dimitra Panta. 2018. Transformational Leadership and Job Satisfaction: The Case of Secondary Education Teachers in Greece Journal of Education and Training Studies 6, (10) October 2018 : 158-168 Lunenberg, Fred C & Allan C Ornstein. 2012. Educational Administration, Concepts & Practices. Belmont : Cengage Learning Luthans, Fred. 1995. Organizational Behavior. Singapore : Mc Graw-Hil Mejia, Luis R Gomez ; David B Balkin & Robert L Cardy, 2007. Managing Human Resources. Singapore : Pearson Education Moorhead, Gregory & Ricky W Griffin. 2000. Organizational Behavior. Delhi : AITBS Publishers & Distributors Mullins, Laurie J & Gill Christy 2013. Management & Organisational Behaviour. 10th ed.United Kingdom : Pearson Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosda Karya .2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung :Remaja Rosda Karya Munandar, Ashar Sunyoto. 2006. Psikologi Industri & Organisasi. Jakarta : UI Press Murwani, Santosa. 2005. Model Proposal : Penelitian Eksperimen, Penelitian Survei, Penelitian Survei Kausal dilengkapi dengan Path Analysis. Jakarta : Program Pasca Sarjana UHAMKA Nanda, Serena. 1994. Cultural Anthropology. California : Wadsworth Publishing Company Ndraha, Taliziduhu 2003 Budaya Organisasi Jakarta : P.T Rineka Cipta Novia, D. R. M., & Putri, W. D. 2016. Tingkat Kepuasan Guru Terhadap Gaji Masih Rendah. Republika. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/05/02/o6jok9359-tingkatkepuasan- guru-terhadap-gaji-masih-rendah Olsen, A. A., & Huang, F. L. (2018). Teacher job satisfaction by principal support and teacher cooperation: Results from the Schools and Staffing Survey. Education Policy Analysis Archives, 27(11) 2018 : 1-27 Penjelasan Peraturan Pemerintah no. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Tambahan Lembaran Negara no.4496 Robbins, Stephen P. 2010. Organizational Behavior New Jersey : Pearson Education , 1994. Essentials of Organizational Behavior, New Jersey : Prentice Hall Robbins, Stephen P, & Timothy A Judge 2015 Perilaku Organisasi terj. Ratna Saraswati & Febriella Sirait Jakarta : Penerbit Salemba Empat Rochaety, Ety, dkk. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Mitra Wacana Media Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta Sayadi, Y. 2016. The effect of dimensions of transformational, transactional, and nonleadership on the job satisfaction and organizational commitment of teachers in Iran. Management in Education, 30(2), 57–65. Schein, Edgar H. 2004. Organizational Culture and Leadership. San Fransisco : Jossey-Bass Senyametor, Felix, et. al. 2019. Relationship Between Teacher Job Satisfaction and Productivity in the Asante Akim South District of the Ashanti Region of Ghana. Journal of Education and Learning; Vol. 8. (3) 2019 : 193-201 Snowden, Petra & Richard A Gurton. 1998. School Leadership & Administration : Important Concepts, Case Studies & Simulation. USA : Mc Graw Hill Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : ALFABETA Suyanto. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional. Jakarta : Pusat Studi Agama dan Peradaban Muhammadiyah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Program Pembangunan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 206 Wexley, Kenneth N & Gary A Yukl. 2005. Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia terj. Drs. Moh Shobaruddin. Jakarta : P.T Rineka Cipta Wirawan. 2006. Kapita Selekta Teori Kepemimpinan Pengantar untuk Praktek dan Penelitian. Jakarta : Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA Press , 2007. Budaya dan Iklim Organisasi Teori dan Aplikasi Penelitian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat , 2014. Kepemimpinan Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Yukl, Gary. 2013. Leadership in Organizations. New Jersey : Pearson Prentice Hall Zakaria, Ramli T, dkk. 2013. Pedoman Penulisan Tesis Dan Disertasi. Jakarta : UHAMKA Press citation: Prayitno, Joko (2020) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu se-Kota Depok. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29121/1/SPS_MAP_1909039032_JOKO%20PRAYITNO.pdf