eprintid: 29119 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/19 datestamp: 2023-09-20 04:17:06 lastmod: 2023-09-20 04:17:06 status_changed: 2023-09-20 04:17:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulastri, Eli title: Evaluasi Impelemtasi Kurikulum 2013 di Masa Covid 19 di SDN Kunciran 6 Kecamatan Pinang Kota Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Kurikulum, Covid 19 abstract: Tesis ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap imlementasi kurikulum 2013 di masa covid 19 di SDN Kunciran 6 Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Hal yang dievaluasi tentang implementasi kurikulum 2013 di masa covid 19 adalah 1) kondisi siswa, 2) kondisi guru, 3) sarana dan prasarana, 4) perencanaan pembelajaran, 5) pelaksanaan pembelajaran, dan 6) penilaian. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, tenaga pendidik, orang tua peserta didik, dan peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Dalam penyusunan penelitian ini menggunakan langkah-langkah : identifikasi dan analisis data, serta kriteria keberhasilan.Temuan penelitian antara lain : 1) dalam tahap pendahuluan aspek keaktifan peserta didik belum memenuhi standar, aspek tenaga pendidik dalam hal kualifikasi akademik, kompetensi paedagogik, melaksanakan tugas secara profesional, sarana dan prasarana, dan perencanaan pembelajaran masih belum sesuai kriteria, 2) tahap proses pelaksanaan pembelajaran belum memenuhi standar, 3) tahap akhir dalam penilaian sudah sesuai dengan standar. Dari hasil penelitian evaluasi implementasi kurikulum 2013 di masa covid 19 menunjukkan bahwa belum semua aspek terpenuhi, namun beberapa aspek dalam masing-masing tahapan telah berkategori baik. Oleh karena itu, hasil temuan dari penelitian ini diharapkan bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan kinerja dari semua pihak dalam implementasi kurikulum 2013 di masa covid 19. Dengan dikeluarkannya kurikulum darurat atau kurikulum 2013 yang disederhanakan. date: 2021-02-17 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Arifin, Zainul, (2019). Evaluasi Program, Bandung : Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi, (2015). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara. Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353 Budiani, S., & Syamwil, R. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 45–57. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15998 Dicky Pratama1, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Google Classroom Terhadap Efisiensi Pada STMIK XYZ. In Seminar Nasional Informasi Tehnologi 2016 (pp. 48–52). Fitrah, Ruslan. (2020). “ Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid 19 di Bima”. Journal off Elementari Education. Vol. 5 No 1, 2020 Fujiawati, Fuja Siti. (2016). ‘Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni’, Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1 (2016), 16–28. Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online, Perspektif Ilmu Pendidikan, 2020 - journal.unj.ac.id Perspektif Ilmu Pendidikan - Vol. 34 ,2020 Hartanto, (2016). Jurnal Media Aplikom Volume 12 Nomer 1| Juni , 2020 | https://doi.org/10.33488/1.ma.2.1.247. Heni Kartika, (2020). Pola Information Flows pada Evaluasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19, Journal of Library and Informations Science, Vol 4 No 2, 2020 Idi, Abdullah, (2016). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik, Jakarta : Rajagrafindo Persada. Isbaniah. Fathiyah, (2020). Jurnal Respirogi Indonesia, Vol. 40, No 2. Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi Kurikulum. Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum. Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran. Kemendikbud, (2020). Permendikbud Nomor 719 P/2020 tentang pedoman pelaksanaan Kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus Khuluqo, I. El, Chairunnisa, C., & Ghani, A. R. (2020). Teacher ’ s Perceptions of Curriculum Changes in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology Vol 29(6), 4690–4693. Magdalena, I., Nurhidayati, I., Astuti, A. W., & Rabani, S. N. (2020). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di SDSI Harapan Ibu School. Jurnal Halaqah, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.5281/zenodo.3634475 Masrokhah, (2020). “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran online swelama masa pandemi Covid 19”. Journal off library and Iformation Scieence. 2020 Mubin, Ali, (2018). ‘Pengaruh Filsafat Rekonstruksionisme Terhadap Rumusan Konsep Pendidikan Serta Tinjauan Islam Terhadapnya’, Rausyan Fikr, 14 (2018), 69–80. Mulyasa, E, (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung : Remaja Rosdakarya.Nurdin. Purwanto, Agus, (2020).Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online : 2716-4446 Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Surat Edaran, No 3 tahun 2020, pada satuan pendidikan dan nomor 36962/MPK.A/HK/2020, tentang Pelaksanaan Penidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid 19). citation: Sulastri, Eli (2021) Evaluasi Impelemtasi Kurikulum 2013 di Masa Covid 19 di SDN Kunciran 6 Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29119/1/SPS_MAP_1809037134_ELI%20SULASTRI.pdf