%0 Thesis %9 Masters %A Sulastri, Eli %B Sekolah Pascasarjana UHAMKA %D 2021 %F repository:29119 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %K Kurikulum, Covid 19 %T Evaluasi Impelemtasi Kurikulum 2013 di Masa Covid 19 di SDN Kunciran 6 Kecamatan Pinang Kota Tangerang %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29119/ %X Tesis ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap imlementasi kurikulum 2013 di masa covid 19 di SDN Kunciran 6 Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Hal yang dievaluasi tentang implementasi kurikulum 2013 di masa covid 19 adalah 1) kondisi siswa, 2) kondisi guru, 3) sarana dan prasarana, 4) perencanaan pembelajaran, 5) pelaksanaan pembelajaran, dan 6) penilaian. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, tenaga pendidik, orang tua peserta didik, dan peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Dalam penyusunan penelitian ini menggunakan langkah-langkah : identifikasi dan analisis data, serta kriteria keberhasilan.Temuan penelitian antara lain : 1) dalam tahap pendahuluan aspek keaktifan peserta didik belum memenuhi standar, aspek tenaga pendidik dalam hal kualifikasi akademik, kompetensi paedagogik, melaksanakan tugas secara profesional, sarana dan prasarana, dan perencanaan pembelajaran masih belum sesuai kriteria, 2) tahap proses pelaksanaan pembelajaran belum memenuhi standar, 3) tahap akhir dalam penilaian sudah sesuai dengan standar. Dari hasil penelitian evaluasi implementasi kurikulum 2013 di masa covid 19 menunjukkan bahwa belum semua aspek terpenuhi, namun beberapa aspek dalam masing-masing tahapan telah berkategori baik. Oleh karena itu, hasil temuan dari penelitian ini diharapkan bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan kinerja dari semua pihak dalam implementasi kurikulum 2013 di masa covid 19. Dengan dikeluarkannya kurikulum darurat atau kurikulum 2013 yang disederhanakan.