eprintid: 29117 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/17 datestamp: 2023-09-20 04:09:46 lastmod: 2023-09-20 04:09:46 status_changed: 2023-09-20 04:09:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rusin, Rusin title: Pengaruh Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Profesionalitas Guru di Sekolah Dasar Negeri Binaan II dan III Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Kepemimpinan Manajerial, Disiplin Kerja, Profesionalitas Guru abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji hipotesis penelitian dan mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalitas guru, (2) Pengaruh disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru, dan (3) Pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Hipotesis penelitian yaitu : (1) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah terhadap profesionalitas guru, (2) Terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru, dan (3) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah terhadap disiplin kerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian adalah guru-guru dari 14 sekolah Binaan II dan III sebanyak = 154 guru tahun pelajaran 2020-2021. Sampel penelitian sebanyak 111 guru diambil secara propotional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalitas guru, dengan koefisien korelasi (r13) = 0.891, dan koefisien determinasi (r13)2 = 0.7939, pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalitas guru sebesar 79.39%. serta koefisien jalur (ϸ31) = 0.072 Kedua, Terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru, dengan koefisien korelasi (r23) = 0.830, dan koefisien determinasi (r23)2 = 0.6889, pengaruh disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru sebesar 68.89%, serta koefisien jalur (ϸ32) = 0.062. Ketiga, Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, dengan koefisien korelasi (r12)=0.831, dan koefisien determinasi (r21)2 = 0.6905, pengaruh kepemimpinan manajeial kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 69.05%, serta koefisien jalur (ϸ21) = 0.831. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1). Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah akan mempunyai dampak yang positif, jika Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah dapat ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan manajerial dan diklat kepemimpinan, sehingga profesionalitas guru juga akan meningkat kearah yang lebih baik lagi, 2). Disiplin kerja guru akan mempunyai dampak yang positif, jika profesionalitas guru dapat ditingkatkan menjadi melalui pelatihan-pelatihan kedisiplinan dan supervisi klinis secara periodik, sehingga profesionalitas guru juga akan meningkat kearah yang lebih baik lagi, dan 3). Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah akan mempunyai dampak yang positif, jika Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah dapat ditingkatkan melalui contoh-contoh keteladanan Kepala Sekolah yang lebih baik, sehingga disiplin kerja guru juga akan meningkat dan lebih efektif lagi. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: A, Jasin., 2010, Peningkatan Pembinaan Disiplin Nasional dalam Sistem dan Pola Pendidikan Nasional, Jakarta: Analisis CSIS No. 4 Tahun XVII. Abdul Manaf Siregar, 2015, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara”. Tesis.UNJ. Jakarta. Abuddin, Nata, 2013, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media. Alvin, Helmi Fadila, 2010, Buletin Psikologi Tahun IV, Nomor 2. Anoraga, Pandji, 2016, Psikologi Kerja, Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi , 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta. PT. Rineka Cipta. Bafadhal, Ibrahim. 2016. Manajemen Peningkatan mutu Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara. Castetter, William B. 2013. The Human Resource Function In Educational Administration, Sixth Edition. New Jersey : Englewood Cliffs. Chairunnisa Connie, 2017, Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi Dalam Pendidukan Dan Sosial, Jakarta : Mitra Wacana Media. ----------------, 2017, Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta : Mitra Wacana Media. Dessler, Gary,2012 ManajemenSumber Daya Manusia, Jilid 2,Jakarta, Indeks. Dewi Rachmawati. 2012. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Profesioanlitas Kerja di Kecamatan Ciracac Jakarta Timur”. Tesis .Jakarta: PPs.UNJ Jakarta. Efendi, Singarimbun Masri Sofyan , 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES. Endang Sri Wahyuni 2013.”Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru dengan Etos Kerja Guru di SMK Swasta Rayon II Jakarta Selatan”. Tesis. Jakarta: PPs UHAMKA. Engkoswara. 2011 Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung :Yayasan Amal Keluarga. Fatah, Nanang.2014.Landasan Manajemen Pendidikan.Bandung; Rosdakarya, Ginting, Abdorrakhman. 2016. Aplikasi SIM Dalam Sistem Pendidikan.Bandung:Penerbit UIN. Gleeson. J., Munnelly, J. 2010. Developments in Citizenship Education in Ireland: context,rhetoric and reality, paper read at International Conference on Civic Education, New Orleans, November. Hamalik, Oemar. 2013. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara. Handoko, Hani T, 2012. Manajemen , Jogyakarta: BPFE. Harsey, Paul dan Blanchard, Kenneth H. 2012. Management of Organizational Behaviour, Utilizig Human Resource. New York : Prentice Hall. Hasibuan, Malayu SP. 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hoy, Wayne. 2011. Educational Administration: Theory, Research, and Practices. New York: McGraw-Hill.Inc. Isnawati, Nurlela 2010, Guru Positif-Motivatif, Jogjakarta : Laksana. Jarvis, P. 2014. Profesional Education. London : Croom Helm Ltd. Leonard. 2017. “Pengaruh kemampuan manajerial Kepala Sekolah dan suasana lingkungan kerja terhadap pengembangan profesionalitas guru.” Jurnal Pendidikan Internasional, http://www.jurnalpendidikan.upi.com. Liden, R.C., Wayne, S.J., & Sparrowe, R.T. (2012). “An examination of the mediating role of psychological empowerment on the relations between the job, interpersonal relationships, and work outcomes.” Journal of Applied Psychology. Vol. 85, No. 3, 407-41 6. Lipham, &Hoeh Jr. 2011. The Principalship Concept, Competency and Cases. New York : Longman. Maltis, Robert L. dan John H. Jackson,2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, ,Jakarta, Penerbit Salemba Empat. Mulyasa.E. 2015.Menjadi Kepala Sekolah Profesional . Bandung : Rosdakarya. ----------------2014.Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Napitupulu, Rodame, 2020, “ Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh, “ Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 7, No. 1, http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp Natawidjaja, Rochman. 2014. Peranan Guru dalam Bimbingan di Sekolah. Bandung . C V Abidin. Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Galia Indonesia. Netolicky, Deborah M, 2020,” School leadership during a pandemic: navigating tensions, “ The current issue and full text archive of this journal is available on Emerald Insight at: https://www.emerald.com/insight/2056- 9548.htm Nunuy Nurhasanah, 2009. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru di SDN Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan”, Tesis. Jakarta: PPs UHAMKA. Pidarta, Made. 2013. Landasan-landasan Kependidikan. Jakarta . Rineka Cipta. Proyek Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. 2010. Pedoman Supervisi dan Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar dan Menangah. Jakarta : Dirjen Dikdasmen, Depdikbud. Purwanto, Ngalim. 2017. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Bandung:Rosdakarya. Raphheals, Leon G. and George L. Loondersman. 2015. Theacher’s Performance; School Management Improvement. American Journal, Educational Research, iss 0217-7563, v no5, May. Saad, Sofyan. 2013. Pedoman Penulisan Tesis. Jakarta: PPS UHAMKA. Sadali. 2010. Kompetensi Guru sebagai Pengelola Media Pembelajaran dalam Konteks Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada seminar nasional teknologi pendidikan; peranan teknologi pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi. Di gedung LPMP Jawa Tengah, 17 Mei 2010. Semarang: UPBJJUT Semarang. Sahertian, Piet A. 2012. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset. Sanusi, et. all . 2012. Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kemendikbud.. Sastrohadiwiryo, Siswanto.B, 2011, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Bandung: Bumi Aksara. Siagian, Sondang, P., 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara. Sidi, Indra Jati, 2011, Menuju Masyarakat Belajar, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: Logos. Sudjana, Nana. 2012. Dasardasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sugiono, 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Supriadi, Dedi . 2012. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicitra Karya Nusa. Sutisna, Oteng. 2013. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktik Profesional. Bandung . PT Angkasa. Thoha, Miftah, 2012. Perilaku Organisasi (Konsep Dasar dan Aplikasinya) Jakarta : Raja Grafindo Persada. . 2014. Manajemen Kepegawaian Sipil Di Indonesia,Jakarta: Kencana. Tilaar. 2012. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14. 2005. Tentang Guru dan Dosen. Bina Darma. Usman, Moh Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Wirawan. 2016. Budaya Dan Iklim Organisasi,Teori Aplikasi Dan Penelitian . Jakarta: Salemba Empat. citation: Rusin, Rusin (2020) Pengaruh Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Profesionalitas Guru di Sekolah Dasar Negeri Binaan II dan III Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29117/1/SPS_MAP_1809037101_RUSIN.pdf