eprintid: 29115 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/15 datestamp: 2023-09-20 04:01:14 lastmod: 2023-09-20 04:01:14 status_changed: 2023-09-20 04:01:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidarti, Alice title: Hubungan antara Profesionalitas Guru dan Konsep Diri Guru dengan Disiplin Kerja Guru Pada Era Pandemi Covi 19 di Sekolah Dasar Negeri Binaan I Kecamatan Kembangan Jakarta Barat ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Disiplin Kerja Guru, Profesionalitas Guru dan Konsep Diri Guru abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis hubungan antara profesionalitas guru dan konsep diri guru dengan disiplin kerja guru pada era pandemi covid 19 di sekolah dasar negeri binaan I kecamatan kembangan Jakarta Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang bertugas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Kemudian populasi terjangkau dalam penelitian ini sebanyak 152 orang dan sampel yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan sampel penelitian, adalah 110 orang dari 10 SD Negeri Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara profesionalitas guru dengan disiplin kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 6.504 + 0.936X1, dengan koefisien korelasi ry1= 0.886 dan koefisien determinasi (ry1)2= 0.7849 pada α= 0,05; (2) there is a positive relationship between teacher self-concept and teacher work discipline with the regression equation Ŷ = 15.073 + 0.843 X2, with a correlation coefficient of ry2 = 0.828 and a coefficient of determination (ry2)2 = 0.6856 at α = 0.05; and (3) there is a positive relationship between teacher professionalism and teacher self-concept together with teacher work discipline with the regression equation Ŷ = 2.980 + 0.707X1 + 0.256X2, with a correlation coefficient ry.12 = 0.8951 and a coefficient of determination (ry. 12 )2 = 0.8012 at α = 0.05; Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara profesionalitas guru dan konsep diri guru, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru. Oleh karena itu diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Adlan, Aidin . 2012. Hubungan Sikap Guru Terhadap Motivasi Berpresta dengan Kinerja. Matahari No.1 Arifin. 2011. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dalam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang. Arikunto, Suharsimi. 2012. Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta : Rineka Cipta. ------------ 2011. Prosedur Suatu Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Barnawi & Mohammad Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: ArRuzz Media. Baron, Robert A. 2013. Psikiologi Sosial. Jakarta : Erlangga. Bolanle, Akinola Oluwatoyin. 2013. Principals' Leadership Skills and School Effectiveness: The Case of South Western Nigeria. World Journal of Education, v3 n5 p26-33 2013. Dakses dari https://eric.ed.gov/ ?id=EJ1158710 tanggal 18/08/2020 Brantas. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Penerbit Alfabeta. Budiarto, Tri. 2014. ” Hubungan antara Konsep Diri dan Kesadaran Sejarah dengan Prestasi Belajar Sejarah Nasional Indonesia Siswa SMU Negeri di Kabupaten Sukoharjo”. Tesis. Jakarta: UNJ Jakarta. Campbell, A Cultural Identity As a Sosial Construct, Intercultural Education, Vol. 11,No. 1, 2019. Chan, E. (2017) Student Experiences of a Culturally-sensitive Curriculum: ethnic identity development amid conflicting stories to live by in Journal of Curriculum Studies, VOL. 39, NO. 2, 177–194 Danim, Sudarwan. .2012 Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. Djaali . 2017. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara. Fadilla Helmi, Avin. 2016. “Disiplin Kerja”. Buletin Psikologi, Tahun IV, No. 2, Desember 2016, Edisi Khusus Ulang Tahun XXXII . Giyanto. 2017. “Korelasi antara Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Tesis. Jakarta : UNJ Jakarta. Green, Berg et.all. 2013. Behavior and organization. 4 th ed. New York : McGraw- Hill Publishing Company. Gleeson. J., Munnelly, J, 2019 Developments in Citizenship Education in Ireland: context,rhetoric and reality, paper read at International Conference on Civic Education, New Orleans, November 2019. Glover, Veronica. 2015. A Study of the influence of leadership competencies on a school culture organization (Disertasi). Diunduh dari https ://journal. unnes .ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/9612 tanggal. 18/08/2020 Harahap, Baharuddin. 2013. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya. Hardjana, 2013. Komunikasi intrapersonal & Komunikasi. Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Hartani. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang. Hasibuan, Malayu S.P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. Jeffrey, Bob. and Peter Woods.2019. Student Experiences of a Culturally-sensitive Curriculum: ethnic identity development amid conflicting stories to live by in Journal of Curriculum Studies, VOL. 39, NO. 2, 177–194 Kunandar. 2017 Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa. Leavy, A. When I Meet Them I Talk to Them: the Challenges of Diversity for Preservice Teacher Education. Irish Educational Studies Vol. 24, No. 2 /3, September 2019, pp. 159 /177 Luckman, T. dan Berger. 2015.The Social Construction of Reality.Harmondsworth: Penguin. Ma’mur, Jamal. 2013. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta : Power Books. Maister, David 2017. True Professionalism. New York: The Free Press. Mulyasa, E. 2015, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: Remaja Rosda Karya. Musliadi. 2019. “Metode Pembinaan Disiplin Pegawai”. Artikel, , http://musliadipnl.files.wordpress.com/2019/01/, diskses 18 April 2019. Nasution, Mustafa Edwin. & Hardius Usman. 2006. Proses Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Nurhasanah, Anis. 2013.”Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru dengan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sukabumi”. Tesis. Jakarta : UNJ Jakarta Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 28. Peraturan Pemerintah RI Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri. Peraturan Pemerintah. No 19 Pasal 29 Tahun 2005 tentang Disiplin Kerja Pudiyanto, Edy. 2011. “Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Guru terhadap Pekerjaan dengan Kompetensi Profesional Guru ( Studi Ex Post Facto Guru Matematika SMA se Kota Surakarta”). Tesis .Solo: PPs.UNS. Rahman, Bujang 2015. Teacher-Based Scaffolding as a Teacher Professional Development Program in Indonesia. Australian Journal of Teacher Education.Volume. 40. Issue. 11. Diakses dari www.ro.ecu.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=2596&context. Tanggal. 19/08/2020 Rakhmat, Jalaludin. 2013, Psikologi Komunikasi, Bandung :PT Remaja Rosdakarya. Robbins, Stephen P. 2013. Organizational Behavior.New York: Prentice. Rochman, Chaerul dan Heru Gunawan. 2011. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Nuansa Cendekia. Sardirman, AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada Simanjuntak, Payaman. 2011. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta : Salemba Raya Empat. Sobur, Alex. 2013. Psikologi Umum. Bandung : CV. Pustaka Setia. Sodikin. 2012. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Profesionalitas Guru dengan Disiplin Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Se- KKM Rajeg Kabupaten Tangerang. Tesis UNJ. Jakarta. Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineke Cipta. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Steven, Eggland. A and Gilley. Jerry.W. 2010, Principles of Human Resource Development.New York: Addison Wesley Pub. Company Inc. Sudjana, Nana . 2012. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Sudrajat, Akhmad. 2018. “Budaya Organisasi Di Sekolah”,(http:// akhmad sudrajat. wordpress. com/2018/01/27/, diakses 22 Januari 2020. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. ------------, 2016, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta. Supriadi, Dedi. 2011.Mengangkat Citra dan Martabat Guru.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Surya, Muhamad; Abdul hasyim dan Rus Bambang Suwarno. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor : Ghalia Indonesia. Sutermeister, Robert..A 2016. People and Productivity.New York: Mc Grow Hill Book Company. Syah , Muhibbin. 2016. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Terry, Robert W .2013. Authentic leadership. New Jersey : Jossey Bass Publishers. Umar, Husein. 2015. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Undang- Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Wirawan. 2012. Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indones ia & UHAMKA Press. Yutmini, Sri, 2012, Strategi Belajar Mengajar, Surakarta:FKIP UNS. citation: Hidarti, Alice (2020) Hubungan antara Profesionalitas Guru dan Konsep Diri Guru dengan Disiplin Kerja Guru Pada Era Pandemi Covi 19 di Sekolah Dasar Negeri Binaan I Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29115/1/SPS_MAP_1809037095_ALICE%20HIDARTI.pdf