eprintid: 29111 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/11 datestamp: 2023-09-20 03:24:23 lastmod: 2023-09-20 03:24:23 status_changed: 2023-09-20 03:24:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Effendi, Effendi title: Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi, Praktik Kerja Industri, Kesenjangan (DEM). abstract: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesenjangan dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 5 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi (Kombinasi) dengan menggunakan model evaluasi Kesenjangan (DEM). Subjek penelitian ini adalah semua personil yang terlibat didalam pelaksanaan prakerin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini untuk kualitatif menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan Untuk Kuantitatif menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Reduksi data, Verifikasi data dan Kesimpulan . Teknik Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian ini adalah didalam pelaksanaan prakerin pada kompetensi keahlian TITL di SMK Negeri 5 Jakarta masih terdapat kesenjangan pada semua komponen yang terdapat didalam model evaluasi DEM (Komponen Design, Installation, Proses, dan Produk) terhadap pedoman yang telah ditetapkan., Adapun kesenjangan yang terbesar terdapat pada komponen Proses yaitu sebesar 19,46% . Hal ini disebabkan pada indicator persiapan dan pelaksanaan prakerin yang ada didalam komponen proses belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada didalam buku pedoman. Faktor penghambat pelaksanaan prakerin adalah : a) Masih terdapat siswa yang kurang sungguh - sungguh dalam melaksanakan prakerin b). Pembekalan siswa tentang disiplin dan budaya industri masih kurang c) Masih belum sinkron antara materi yang diajarkan disekolah dengan yang diberikan diindustri d) Masih banyak industri tempat prakerin siswa yang jenis pekerjaannya tidak sesuai dengan kompetensi keahlian siswa disekolah e) Masih belum sepenuhnya siswa diberikan tanggung jawab penuh tentang pekerjaan diindustri, date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Anugerah, D., Daryati, D., & Saleh, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin Berdasarkan Pedoman Prakerin di SMKN 3 Depok Program Keahlian Batu & Beton. Jurnal Pensil. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7238 Batubara, N. A. (2018). Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Siswa SMK Negeri 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.661 Direktorat PSMK. (2017). Pedoman Praktik Kerja Lapangan. Jakarta Direktorat PSMK Dirjen Dikdasmen Kemendikbud. Dwi Jayanti, Retno Sudarwanto, T. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) Terhadap Hasil Uji Kompetensi Keahlian Siswa Kelas Xii Tn Smk Negeri 2 Nganjuk. Universitas Negeri Surabaya. Edi, S., Suharno, S., & Widiastuti, I. (2017). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 10(1), 22–30.https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14972 Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, p. 306. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Harjono, I. (2012). Universitas Indonesia Implementasi Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smk Negeri 4 Di Kota Tangerang Istu Harjono Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Program Pascasarjana Universitas Indonesia. Hasreena A.R., Mohd Affandi, H., & Mohd Matore, M. E. (2018). Evaluating School Support Plan: A proposed conceptual framework using Discrepancy Evaluation Model. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(17), 49–56. Hayyinah, S. nur. (2016). Gambar Bangunan Menggunakan Pendekatan Metode Stake SMK N 2 Purwokerto. Herry. (2014). Evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri jurusan teknik konstruksi batu dan beton smkn 1 sintang tahun pelajaran 2012/2013 artikel penelitian. 1–15. Hidayatun Nikmah. (2017). Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. 132. Jackson, D. (2018). Developing graduate career readiness in Australia: Shifting from extra-curricular internships to work-integrated learning. International Journal of Work-Integrated Learning, 19(1), 23–35. Kurniawan, F., Djasmi, S., & Jaya, M.T.B.S. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Prakerin Jurusan Akutansi. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Mikkonen, S., Pylväs, L., Rintala, H., Nokelainen, P., & Postareff, L. (2017). Guiding workplace learning in vocational education and training: A literature review. Empirical Research in Vocational Education and Training, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40461-017-0053-4 Fjellström, M. (2017). Vocational learning in a Swedish post-secondary apprenticeship. Empirical Research in Vocational Education and Training, 9(1). https://udoi.org/10.1186/s40461-017-0051-6 Moleong, (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muri.A, Y. (2015). Asesmen dan Evaluasii Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group. Muslimin, M. I. N. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Prakerin Siswa Bidang Keahlian Teknik Mesin SMK N 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Ngalim.M, P. (2013). Prinsip- Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Onny Fitriana, Jamil Latief (2019) Evaluasi Program PKL FKIP UHAMKA [Jurnal Utilitas] Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (n.d.). Pendidikan. Prasetyo, B. (2013). Evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri kompetensi keahlian teknik gambar bangunan smk n 2 klaten skripsi. (08505244026). Provus, M. M. (1969). The Discrepancy Evaluation Model: An Approach to Local Program Improvement and Development. 209. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED030957 Putra, D. A., Arwan, A., & Rusdianto, D. S. (2019). Pengembangan Sistem Pengelolaan Praktik Kerja Industri pada Sekolah Menengah Kejuruan ( Studi Kasus : SMK PGRI 3 Malang ). 3(5), 4942–4950. Saifudin, A. S. dan A. J. C. (2014). Evaluasi program pendidikan Panduan Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Siti Suantari, N. P., Natajaya, I. N., & Yudana, M. (2019). Studi Evaluatif Tentang Implementasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Program Studi Keahlian Agro Bisnis Produksi Tanaman SMKN 1 Petang. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2744 Soeprijanto. (2010). Day Dukung Dunia Industri Terhadap Pelaksanaan Praktik Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Kerja Industri (Prakerin). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 275 Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. Statistik, B. P. (2019). Badan Pusat Statistik (BPS). Badan Pusat statististik. Sujoko, S., & Ismanto, B. (2017). Evaluasi Peningkatan Pengalaman Belajar Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 8. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p8-20 Sukmadinata. 2001. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sunnah, A., & Sukoco, S. (2014). Evaluasi pelaksanaan program Seamolec di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 145–163. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2542 Susanto, I., & Ansori, A. (2015). Evaluasi Pelaksanan Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada Mata Diklat Produktif di SMK Sunan Giri Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (JPTM). Tifa, W. (2016). Evaluasi Pelaksanaan prakerin Dengan Model CIPP pada Kompetensi Pemasaran di SMK Islam Bustanul ulum paku sari jember. Tommy Eka Miharja 1),AR.G.2) 1). (2017). Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) DI SMAH Kejuruan Farmasi Sari Farma Depok Tommy Eka Miharja 1) , Abd. Rahman A. Ghani 2) 1). 2, 109–124. https://doi.org/10.22236/JPPP Zainal, A. (2019). Evaluasi Program Teori dan Praktik dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan. Bandung: PT.Remaja rosdakarya citation: Effendi, Effendi (2020) Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29111/1/SPS_MAP_1809037050_EFFENDI.pdf