eprintid: 29109 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/09 datestamp: 2023-09-20 03:17:03 lastmod: 2023-09-20 03:17:03 status_changed: 2023-09-20 03:17:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraeni, Anggraeni title: Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TKIT Nurul Izzah, Depok ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum 2013 PAUD yang diselenggarakan TKIT Nurul Izzah berdasarkan Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD, khususnya terkait perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Model Evaluation). Metode yang digunakan adalah metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah TKIT Nurul Izzah, para guru, dan ketua komite. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan yang terjadi dalam perencanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah yaitu, diperlukan pedoman-pedoman dalam penyusunan KTSP, dalam pendokumentasian KTSP sebaiknya diberikan penjelasan kurikulum yang digunakan dan modifikasi kurikulum sehingga terlihat ciri khas kurikulum sekolah, selain itu dapat dipajang dalam mading kekhasan sekolah. Kesenjangan dari pengorganisasian kurikulum 2013 PAUD, diantaranya pada alokasi waktu/beban belajar yang digunakan melebihi dari standar minimal yang ditentukan yaitu 1350 menit setiap minggu namun hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sekolah, kalender pendidikan sudah menyesuaikan dengan aturan yang ditetapkan dan disosialisasikan kepada orang tua serta dipajang di mading sekolah. Selain itu, kesenjangan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah telah memiliki visi, misi, dan tujuan pendidikan namun tidak disosialisasikan kepada warga sekolah, misalnya dengan dipajang di dinding sekolah. Pendokumentasian dokumen II KTSP sebaiknya dikelola dengan baik sehingga terorganisir dengan baik. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Afifah, N., & Suriansyah, A. (2019). Implementation of Islamic Aqeedah Based Curriculum at Khoiru Ummah Tahfizh Plus Kindergarten. 2(1), 47–57. Agnihotri, S. (2018). The Importance of Early Childhood Education for a Sustainable Society: A Sociological Analysis. NRJP Journals 2018.Nrjp.Co.in Journal of Bank Management &Financial Strategies, 2(3), 3–26. Retrieved from http://www Arikunto, S., Safruddin, C., & Jabar, A. (2009). Evaluasi program pendidikan (Edisi ke 3). Jakarta: Bumi Aksara. Arofah, N. D., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. Jurnal Ceria, 2(2), 7–14. Bradekamp S. (1997). Developmentally appropriate practice in early childhood programs. Washington: NAEYC. Catania, L. S., Hetrick, S. E., Purcell, R., & Newman, L. K. (2011). Problems. In Advances in Mental Health (Vol. 10). Charlton, S. G., & O’Brien, T. G. (2010). Handbook of human factors testing and evaluation (Second Edi). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. Claire McLachlan, Marilyn Fleer, S. E. (2010). Early Childhood Curriculum. New York: Cambridge University Press. Creswell, J. W. (2008). Educational research (Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research) (3rd ed.). New Jersey, Columbus: Pearson Merrill Prentice Hall. Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2000). Handbook of qualitative research (Edisi Kedu). California: Sage Publication Inc. Dere, Z. (2019). Investigating the creativity of children in early childhood education institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652–658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302 Djaali, P. M., & Ramly. (2000). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs UNJ. Falkner, K., Sentance, S., Vivian, R., Barksdale, S., Busuttil, L., Cole, E., … Quille, K. (2019). An international comparison of K-12 computer science education intended and enacted curricula. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3364510.3364517 Felayati, & Yaswinda. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 30–40. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238 File, N., Mueller, J. J., & Wisneski, D. B. (2012). Curriculum in early childhood education: Re-examined, rediscovered, renewed. In Curriculum in Early Childhood Education: Re-Examined, Rediscovered, Renewed. https://doi.org/10.4324/9780203804360 Fitzpatrick, J. L. (2009). Evaluation in action: Interview with expert evaluators. New York: Sage Publication. Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research an introduction (8th ed.). USA: Library of Congress Cataloging in Publication Data. Ghani, A. R. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Hasibuan, H. B., Ramadhani, W. R., & Lubis, Z. (2020). Pengaruh penerapan pembelajaran tematik terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Al-Barkah Cinta Rakyat. Jurnal Raudhah, 8(1), 24–33. Hughes, F. P., Noppe, L. D., & Noppe, I. C. (1996). Child Development. USA: Prentice Hall, Inc. Husein, S. (2020). The curriculum of Early Childhood Education: Indonesia and United Kingdom. 9(1), 34–48. https://doi.org/10.22219/progresiva Issac, S., & Michael, W. B. (1982). Handbook in research and evaluation (2nd ed.). San Diego, California: Edits Publisher. Karyani, S. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK PKK Palur Mojolaban Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kaufman, R., & Thomas, S. (1980). Evaluation without fear. London: New Viewpoints. Kemendikbud. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Jakarta. Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 1–15). Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Lampiran III Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Kompetensi Tenaga Kependidikan (pp. 1–11). Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Lampiran I Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 1–38). Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Lampiran III Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 1–6). Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 1–8). Leksono, F. D., Sulton, & Susilaningsih. (2016). Implementasi kurikulum 2013 PAUD di TK TPI Nurul Huda Malang kelompok A1. Jurnal Teknologi Pendidikan, 126–131. Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Educational tour in Denpasar traffic park for early childhood. Proceedings I-CFAR, (October), 319–323. Marynowski, S., Denny, C., & Colverson, P. (2006). Best practices guide to program evaluation for aquatic educators. Alexandria: Recreational Boating and Fishing Foundation. Megersa, A. K., & Tarekegne, W. M. (2019). Preschool curriculum implementation in ethiopia: The case of selected woredas preschools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 14(2), 178–189. https://doi.org/10.18844/cjes.v14i2.3882 Miles, M. B., & AMH. (1994). Qualitative data analysis (2nd ed.). USA: Sage Publication. Miles, Matthew B, & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif (Asli Bahas). Jakarta: UI-Press. Miller, R. (1996). The Developmentally Approriate Inclusive Classroom In Early Education. Columbia: Delmar Publishers ITF An International Thomson Publishing Company. Mursid. (2018). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 143–158. Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 30–36. Nurhasanah. (2019). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019 (pp. 664–675). Palembang: Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Patimah, R. S., & Nurhayati, S. (2020). Manajemen lembaga Taman Kanak-kanak berprestasi dalam rangka mencetak anak usia dini yang unggu; dan berkarakter (Studi kasus di TK Islam Waladun Solih Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Comm-Edu, 3(1), 6–17. Pieters, J., Voogt, J., & Roblin, N. P. (2019). Collaborative curriculum design for sustainable innovation and teacher learning. In Springer Open. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20062-6_6 Prideaux, D. (2003). Curriculum designABc. Clinical Review, 326, 268–270. Provus, M. M. (1969). The Discrepancy Evaluation Model: An Approach to Local Program Improvement and Development. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED030957 Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarya: Pustaka Pelajar. Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12 (November), 381–390. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122 DOI: Roziqin, Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161 Rutman, L. (1984). Evaluation research methodology (Second Edi). New Delhi: Sage Publishing. Sahito, N. (2019). Evaluating the national curriculum of computer science grade 6 to 8 by using Bloom’s taxonomy. IJAEDU-International E-Journal of Advances in Education, V(15), 361–369. Sanders, J. R. (1994). The program evaluation standards 2nd edition. California: Sage Production Inc. Santrock, J. W. (1995). Life span development: Perkembangan masa hidup Jilid I (5th ed.). Texas, Dallas: University of Texas at Dallas. Stake, R. E. (2006). The countenance of education evaluation, paper, center of instructional research and curriculum evaluation. Chicago: University of Illinois. Stufflebeam. (1985). Systemic evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing. Suardi, S., & Samad, S. (2020). Stimulation of the Early Childhood Language Development: Optimalization of a Mother’S Role in Family Education. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 13(1), 196. https://doi.org/10.26858/retorika.v13i1.12300 Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2019). Metode pembelajaran dalam pengenalan dan pembiasaan perilaku kesehatan dan keselamatan pada anak usia dini. Sintesa Prosiding, 593–597. The National Research Coordinator. (2003). A world of preschool experience observation in 15 countries. USA: High/Scope Press. Tyler, R., & Brinkerhoff, R. O. (1983). Program evaluation: A practioner’s guide for trainers and educators. Massachusetts: Kluwer-Nijhoff Publishing. Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, model, standar, aplikasi, dan teori. Bandung: Rajawali Press. Wirawan. (2016). Evaluasi: Teori, model, metodologi, standar, aplikasi, dan profesi. Jakarta: RajaGrafindo. World Health Organization. (2012). Developmental difficulties in early childhood: Prevention, early identification, assessment and intervention in low- and middle-income countries. In World Health Organization. Yang, W., & Li, H. (2020). The role of culture in early childhood curriculum development: A case study of curriculum innovations in Hong Kong kindergartens. Contemporary Issues in Early Childhood, (February). https://doi.org/10.1177/1463949119900359 Yunita, W., Utami, D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259 citation: Anggraeni, Anggraeni (2020) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TKIT Nurul Izzah, Depok. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29109/1/SPS_MAP_1809037048_ANGGRAENI.pdf