eprintid: 29108 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/08 datestamp: 2023-09-20 03:13:41 lastmod: 2023-09-20 03:13:41 status_changed: 2023-09-20 03:13:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rachmanie, Hani Arie title: Evaluasi Implementasi Program Ekstrakurikuler Pramuka di MI Al-Khairiyah Pagi Mampang Prapatan Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi Program, Ekstrakulikuler abstract: Tesis ini dengan judul “Evaluasi Implentasi Program Ekstrakurikuler Pramuka Di MI Al-Khairiyah Pagi Mampang Jakarta Selatan”. Penelitian evaluasi implementasi program ekstrakurikuler bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang bagaimana pencapaian program dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kondisi kurang efisiensinya kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka, dan peranan guru-guru dalam memotivasi kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan yang berlangsung dalam setiap pekannya dirasa kurang maksimal dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini meliputi instrument penelitian pihak-pihak yang berkegiatan di sekolah terutama peserta didik sebagai obyek utama dalam penyelenggaraan program kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka sesuai anjuran Pemerintah. Penentuan informasi dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sementara Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dengan para informan, pengambilan dokumentasi sebagai data, serta penelitian menggunakan teknik triangulasi, yang menyertakan utility standar. Selanjutnya Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, metode, pembahasan dengan teman sejawat dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program “Evaluasi Implentasi Program Ekstrakurikuler Pramuka Di MI Al-Khairiyah Pagi Mampang Prapatan Jakarta Selatan” kurang efektif dan perlu perbaikan dan pembenahan dalam pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka. date: 2020-08-16 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Asifudin. (2019). Master Book Pramuka (Cetakan Kedua). Semarang: Syalmahat Publishing. Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Cetakan VI). Yogyakarta: Diva Press. Craft, S. W. (2012). The Impact of Extracurricular Activities on Student Achievement at the High School Level . Dissertations. 543. . Hapsari, L., & Marzuki. (2013). Peran Pembelajaran PKN Dan Kegiatan Kepramukaan Dalam Membentuk Karakter Siswa Di MAN 1 Yogyakarta . Ringkasan Skripsi. Herlambang, Y. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Bengkulu: Sinar Grafika. Jufri, H. A., & Suprapto. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan (Edisi Pertama). Bengkulu: Smart Grafika. Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kurniawan, F., & Karyono, T. H. (2010). Ekstra Kurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter. Jurnal Bebas: Jur. Pend. Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, 2(2). Suryani, M. S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (Cetakan Pertama). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Syariffudin. (2018). Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam. . Yogyakarta: CV. Budi Utama. Ubaidah, S. (2014). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Al- Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 5, 56738. Wibowo, Y. A., & Andriyani, F. D. (2015). Wibowo, Y & Andriyani, F. (2015). Pengembangan Ekstrakurikuler Olahraga (edisi pertama). Yogyakarta: UNY Press. Widoyoko, S. E. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yanti, N. A. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di sma korpri banjarmasin. . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11). Yuhana, E. &. (2019). Implementasi Program Penguatan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi pada Siswa Kelas Atas di SDII Al-Abidin . (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). citation: Rachmanie, Hani Arie (2020) Evaluasi Implementasi Program Ekstrakurikuler Pramuka di MI Al-Khairiyah Pagi Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29108/1/SPS_MAP_1809037040_HANI%20ARIE%20RACHMANIE.pdf