eprintid: 29107 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/07 datestamp: 2023-09-20 03:10:45 lastmod: 2023-09-20 03:10:45 status_changed: 2023-09-20 03:10:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rusmawati, Dwi Alfiani title: Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Pendidikan Islam Al Hamidiyah Depok ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: supervisi akademik kepala sekolah, iklim organisasi, motivasi kerja guru, kinerja guru abstract: Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20-23 Mei 2020 bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh supervisi akademik kepala sekolah, iklim organisasi, dan motivasi kerja guru, terhadap kinerja guru di Yayasan Pendidikan Islam Al Hamidiyah Depok. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan kuesioner angket, dimana seluruh populasi berjumlah 192 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sebanyak 130 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis dengan pendekatan korelasi linear sederhana. Pengumpulan data penelitian kuantitatif ini menggunakan instrumen penelitian dengan skala Likert. Uji validitas instrumen menggunakan rumus koefisien korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk menguji persyaratan analisis digunakan uji normalitas Kolomogorov- Smirnov dan uji homogenitas Levena. Hasil analisis data dengan uji statistik regresi linear sederhana menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap motivasi kerja guru sehingga jika supervisi akademik kepala sekolah naik sebesar 0,947 maka akan diikuti peningkatan motivasi kerja guru sebesar 5,921, 2) Terdapat pengaruh langsung positif iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru sehingga jika iklim organisasi naik sebesar 0,975 maka akan diikuti peningkatan motivasi kerja guru sebesar 3,777, 3) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap kinerja guru sehingga jika supervisi akademik Kepala Sekolah naik sebesar 0,825 maka akan diikuti peningkatan kinerja guru sebesar 1,668, 4) Terdapat pengaruh langsung positif iklim organisasi terhadap kinerja guru sehingga jika iklim organisasi naik sebesar 0,865 maka akan diikuti peningkatan kinerja guru sebesar 14,911, 5) Terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sehingga jika motivasi kerja guru naik sebesar 0,887 maka akan diikuti peningkatan kinerja guru sebesar 12,444, 6) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap iklim organisasi sehingga jika supervisi akademik Kepala Sekolah naik sevesar 0,913 maka akan diikuti peningkatan iklim organisasi sevesar 9,269. Disarankan kepada Yayasan Islam Al Hamidiyah untuk meningkatkan kinerja guru melalui peningkatan supervisi akademik Kepala Sekolah, menciptakan iklim organisasi yang kondusif dan menumbuhkan motivasi kerja guru. date: 2020-07-07 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Abas, Erjati, 2017, Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta: Gramedia. Alex S Nitisemito, 1990, Manajemen Personalia,Yogyakarta, Gajah Mada University Press. Amiruddin, 2009, Jurnal, Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi Madrasah Terhadap Kinerja Inovatif Guru, (Studi di Madrasah Aliyah Kecamatran Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, Anonim, 2008, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Pusat Bahasa Depdiknas, Edisi digital. Balitbang Depdiknas, 1999 Bimo Walgito, 2004, Pengantar Psikologi Umum,Yogyakarta: Andi. BSNP, PP No. 19 Tahun 2005, Delapan Standar Pendidikan Nasional, 2005 Burhanuddin, 1994, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara. Chairunnisa, Connie, 2016, Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Depok: Rajawali Press. _________, 2017, Metode Penelitian Ilmiah, Aplikasi dalam Pendidikan dan Sosial, Jakarta: Mitra Wacana Media. Depdiknas, 2008,Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : Konsep dan Pelaksanaan, Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas. Dirjen Pendis,2010, Rencana Strategik Pembangunan Pendidikan Islam 2010-2014, Jakarta: Departemen Agama RI. Education For All ( EFA ), 2011 Emzir, 2017, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif, Depok: PT Raja Grafindo Persada. Ghani, Abd Rahman, 2014, Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hamzah B Uno, 2008, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta:Bumi Aksara. Henry Simamora, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Penerbitan STIE YKPN. http://rasto.staf.upi.edu/2016/03/15/dimensi-pengukuran-iklim-sekolah/ diunduh tanggal 31 Januari 2020 https://nasional.kompas.com/read/2009/10/07/02424962/twitter.com diunduh pada tanggal 21 Desember 2019 https://sabrinafauza.wordpress.com/2010/04/05/faktor-faktor-yang-mempengaruhikinerja- guru/ diunduh pada tanggal 21 Desember 2019 https://tehtyastar.com/2018/01/31/teori-hierarki-kebutuhan-maslow/ diunduh tanggal 24 Desember 2019 https://tehtyastar.com/2018/01/31/teori-hierarki-kebutuhan-maslow/ diunduh tanggal 24 Desember 2019 https://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/55484f54547b61e50d2523f8/mengapa -mutu-guru-indonesia-rendah diunduh pada tanggal 21 Desember 2019 https://www.kompasiana.com/karatika/550e610d813311892cbc6500/peningkatan-mutupendidikan- di-indonesia# diunduh pada tanggal 21 Desember 2019 https://www.kompasiana.com/yunitamn/54f99080a3331140548b496d/penyebabrendahnya- mutu-pendidikan-di-indonesia diunduh pada tanggal 21 Desember 2019 https://www.uinjkt.ac.id/id/permasalahan-guru-di-indonesia/ diunduh pada tanggal 21 Desember 2019 https://zuwaily.blogspot.com/2012/11/komponen-komponen-dalam-sistem.html, diunduh pada tanggal 21 Desember 2019 Human Development Report (HDR), United Nations Development Programme (UNDP), 1999-2010 International Educational Achievement ( IEA ) Isaac, S, 1981, Hand book in Research and Evaluation, 2nd Edition, California: Edits Publisher. Joko Purwanto, 2005, Tesis, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, Keterbukaan Manajemen Kepala Sekolah, dan Motivasi Kerja Guru Trhadap Kinerja Guru ( Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri. Surakarta: Magister Manajemen Pendidikan, UMS Jufri, Hamid Al, 2014,Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, Jakarta : Smart Grafika. Kashmir, 2018, Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori dan Praktik, Depok: Rajawali Press. Kompri, 2015, Motivasi Pembelajaran, Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Latief, Abdul Majid, 2017, Manajemen Pendidikan, Konsep, Aplikasi, Standar, dan Penelitian, Jakarta : UHAMKA Press. Lilik Kurniasih, Tesis, Pengaruh Kompetensi Guru, Iklim Organisasi dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018, Surakarta : IAIN Martaniah, Sri Mulyani, Motif Sosial Remaja SMA Jawadan KeturunanCina, Suatu Studi Perbandingan, UGM, Yogyakarta, 1982 Martini dan Yuliano, 2003, Komitmen Organisasi Ditinjau Berdasarkan Iklim Organisasi dan Motivasi Berprestasi, Jurnal Phronesis Vol 2, Nomor 9. Martono, Nanang, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: Rajagrafindo Persada. Mawakimbang, Jerry, 2011, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Muhammad Sidik, et.all, Jurnal, Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Sub Rayon 2 Kabupaten Sambas, Pontianak: Program Magister Administrasi Pendidikan, FKIP Untan Mulyasa, 2002, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya. _________, 2009, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung:Rosdakarya. NE Rohmawati, Jurnal, Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru, Studi di SD Negeri Kecamatam Ciamis, Yogyakarta: Administrasi Pendidikan Olah raga, Pascasarjana, Universitas Galuh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007, Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, 2007. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, 2005 Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, 2008 Permendikbud Nomor 20, 21, 22, 23 dan 24 Tahun 2016 tentang Standar Nasional Pendidikan, 2016 Political and Economic Risk Consultant, 2000 Priansa, 2014, Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta. _________, 2017, Menjadi Kepala Sekolah dan Guru Profesional, Konsep, Peran Strategis, dan Pengembangannya, Bandung: Pustaka Setia. _________, 2018, Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia. Programme for International Student Assessment ( PISA ), 2018 Riduwan, Engkos Achmad, Cara Mudah Menggunakan Dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur), Lengkap Dengan Contoh Tesis dan Pehitungan SPSS 17.0, Alfabeta, Bandung, 2011 Rofa’ah,Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam, Deepublish, ISBN 9786024531744, 2016 Roqib, Moh, Nurfuadi, 2011, Kepribadian Guru, Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan, Purwokerto: STAIN Purwokerto Press. Sagala, Syaiful, 2009, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta. Sahlan, Asnawi,2002,Teori Motivasi, Dalam Pendekatan Psikologi Industri dan Organisasi, Jakarta:Studi Press. Salis, Edward, 2012, Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan, Yogyakarta: IRCisoD. __________, 2015, Total Quality Management in Education, Model, Teknik dan Implementasinya, Yogyakarta: IRCiSoD. Sandjojo, Nidjo, 2011, Metode Analisis Jalur, (Path Analysis), Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Siagian, Sondang P, 1995, Teori Motivasi dan Aplikasi, Jakarta: Rineka Cipta. Sri Andari, 2013, Tesis, Kontribusi Manajemen Supervisi Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta:UNY Sudarma, Momon, 2013, Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sudijono, Anas, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers. Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta. __________, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta. Suharsimi Arikunto, 2004, Dasar-dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta. __________, 2006, Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. Sukardi, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: BumiAksara. Supardi, 2010, Jurnal, Kontribusi Kepala Madrasah, Iklim kerja dan Pemahaman Kurikulum Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Propoinsi DKI Jakarta Tahun 2009-2010, Banten: Fakultas Keguruan dan Tarbiyah IAIN SMH. Supardi, 2013, Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif, Jakarta: Change Publication. Suprapto CH, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, Jakarta: Smart Grafika. Suryobroto, 2004, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta, : Rineka Cipta. Susanto, Ahmad, 2016, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Jakarta : Prenadamedia Grup. Syafril, 2019, Statistik Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Grup. The World Economic Forum Swedia, 2000 Tokan, Ratu Ile,2016, ManajemenPenelitian Guru Untuk PendidikanBermutu,Jakarta: PT Grasindo. Uji Kompetensi Guru (UKG ), 2015 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, 2005 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003 Wahab, Abdul Aziz, 2008, Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, Telaah Terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Wibowo, 2015, Manajemen Kinerja Edisi Kelima, Depok: Rajawali Press. _________, 2018, Manajemen Perubahan, Depok: Raja Grafindo Persada. Wirawan, 2007, Budaya dan Iklim Organisasi, Jakarta: Salemba Empat. citation: Rusmawati, Dwi Alfiani (2020) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Pendidikan Islam Al Hamidiyah Depok. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29107/1/SPS_MAP_1809037037_DWI%20ALFIANI%20RUSMAWATI.pdf