%A Dwi Alfiani Rusmawati %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %X Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20-23 Mei 2020 bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh supervisi akademik kepala sekolah, iklim organisasi, dan motivasi kerja guru, terhadap kinerja guru di Yayasan Pendidikan Islam Al Hamidiyah Depok. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan kuesioner angket, dimana seluruh populasi berjumlah 192 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sebanyak 130 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis dengan pendekatan korelasi linear sederhana. Pengumpulan data penelitian kuantitatif ini menggunakan instrumen penelitian dengan skala Likert. Uji validitas instrumen menggunakan rumus koefisien korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk menguji persyaratan analisis digunakan uji normalitas Kolomogorov- Smirnov dan uji homogenitas Levena. Hasil analisis data dengan uji statistik regresi linear sederhana menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap motivasi kerja guru sehingga jika supervisi akademik kepala sekolah naik sebesar 0,947 maka akan diikuti peningkatan motivasi kerja guru sebesar 5,921, 2) Terdapat pengaruh langsung positif iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru sehingga jika iklim organisasi naik sebesar 0,975 maka akan diikuti peningkatan motivasi kerja guru sebesar 3,777, 3) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap kinerja guru sehingga jika supervisi akademik Kepala Sekolah naik sebesar 0,825 maka akan diikuti peningkatan kinerja guru sebesar 1,668, 4) Terdapat pengaruh langsung positif iklim organisasi terhadap kinerja guru sehingga jika iklim organisasi naik sebesar 0,865 maka akan diikuti peningkatan kinerja guru sebesar 14,911, 5) Terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sehingga jika motivasi kerja guru naik sebesar 0,887 maka akan diikuti peningkatan kinerja guru sebesar 12,444, 6) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap iklim organisasi sehingga jika supervisi akademik Kepala Sekolah naik sevesar 0,913 maka akan diikuti peningkatan iklim organisasi sevesar 9,269. Disarankan kepada Yayasan Islam Al Hamidiyah untuk meningkatkan kinerja guru melalui peningkatan supervisi akademik Kepala Sekolah, menciptakan iklim organisasi yang kondusif dan menumbuhkan motivasi kerja guru. %L repository29107 %D 2020 %K supervisi akademik kepala sekolah, iklim organisasi, motivasi kerja guru, kinerja guru %T Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Pendidikan Islam Al Hamidiyah Depok