eprintid: 29105 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/91/05 datestamp: 2023-09-20 01:51:02 lastmod: 2023-09-20 01:51:02 status_changed: 2023-09-20 01:51:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Atmaningsih, Yenny title: Evaluasi Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 05 Pagi ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi, Pendidikan Inklusif, DEM (Discrepancy Evaluation Model) abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian program yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada tahapan desain, instalasi, proses dan hasil dari pelaksanaan Pendidikan Inklusif di SDN Jatinegara 05 Pagi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi kesenjangan atau DEM (Discrepancy Evaluation Model) yang dikembangkan oleh Malcolm dan Provus. Model Kesenjangan merupakan suatu model evaluasi program yang digunakan untuk melakukan evaluasi proses pada suatu program dengan cara membandingkan program yang sesuai dengan standar pemerintah dengan program serta kinerja yang dilakukan oleh suatu lembaga yang di evaluasi. Pengambilan data dilakukan dengan cara ilmiah, meliputi kegiatan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini, terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Agama Islam, Guru Kelas I-VI, Guru Pembimbing Khusus, Komite Sekolah, dan beberapa orang tua murid. Hasil penelitian evaluasi Pendidikan Inklusif di SDN Jatinegara 05 Pagi, Pendidikan Inklusif masih kurang baik dalam mengikuti standar Pemerintah. DEM (Discrepancy Evaluation Model) atau model kesenjangan program yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Pendidikan Inklusif adalah membentuk karakter siswa Kreatif, Religius, Inovatif, dan Disiplin. Hal-hal yang terkait dengan program ini dapat dilihat yaitu : 1. Landasan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Design) terdapat dalam Visi, Misi, Tujuan, Kurikulum, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan Buku panduan cara belajar; 2. Kegiatan pembelajaran (Instalasion) terdapat dalam media pembelajaran, ruang sumber belajar, Guru pembimbing khusus, dan Siswa; 3. Metode Pembelajaran (Process) terdapat dalam Program Pembelajaran Individual, Alokasi waktu, dan Alat peraga; 4. Penilaian hasil belajar (Product) terdapat dalam laporan hasil belajar, dan raport. Pada Evaluasi hasil pelaksanaan pendidikan inklusif di SDN Jatinegara 05 Pagi belum memadai dengan standar pemerintah, sekolah mengupayakan untuk membentuk karakter siswa Kreatif, Religius, Inovatif, dan Displin. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Al-Adawiyah, Robiah.2016.Evaluasi Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 32 Jakarta Selatan.TesisJakarta : Pascasarjana UHAMKA. Andriyani, Winda. 2017. Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. . 2019. Evaluasi Program. Bandung : PT Remaja Roskarya. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara. Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 60. http://ejournal.uinsuka. ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/download/1929/1408/ Dwijowijoto, Riant Nugroho. 2003. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi.Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Garnida, Dadang. 2018. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung : PT Refika Aditama. Hermanto. 2010. Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Membutuhkan Keseriusan Manajemen Sekolah. Jurnal Ilmiah Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/6737 Herniati, Ridha. 2013. Evaluasi Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 01 Pagi Jakarta Barat.TesisJakarta : Pascasarjana UHAMKA. Ilahi, Mohamad Takdir. 2017. Pendidikan Inklusif Konsep &Aplikasi.Jogjakarta : Ar- Ruzz Media. Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099 Jauhari, M. N. (2017). Pengembangan Sekolah Inklusif Dengan Menggunakan Instrumen Indeks for Inclusion. Jurnal Buana Pendidikan, 13(23), 18–27. Khoeriyah, N. Dede. 2013. Pengembangan Model Evaluasi Kinerja SD Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Bandung : Staf pengajar PLB-FKIP Universitas Islam Nusantara. Kurniasih, Dedeh. 2012. Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Kebon Pala 03 Jakarta Timur. Tesis Jakarta : Pascasarjana UHAMKA. Malcolm, M. Provus. 1969. The Discrepancy Evaluation Model An Approach To Local Program Improvement And Development. Pittsburgh Public Schools : The Board Of Public Education. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi & Supervisi Bimbingan Konseling.Yogyakarta : Diva Press. Olivia, Stella. 2017. Pendidikan Inklusi Untuk Anak-Anak Berkebutuhan Khusus Di Integrasikan Belajar di Sekolah Umum.Yogyakarta : Andi. Prayitno, dkk. 2015. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta. Purwanto, Erwan Agus, dkk. 2015. Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.Yogyakarta : Gava Media. Puspitawati, Poppy Dewi. 2019. Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Inklusif Tingkat Nasional Tahun 2019 – 2024. Jakarta :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Saputra, A. (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 3. Setyowigati.2016. Evaluasi Implementasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Islam Dian Didatika Cinere Depok. Tesis Jakarta : Pascasarjana UHAMKA. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta. . Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung : CV Alfabeta. Sukardi.2015. Evaluasi Program Pendidikan Dan Kepelatihan.Jakarta : PT Bumi Aksara. Wahjusaputri, S., dkk. 2018. Program Bank Sampah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Berkebutuhan Khusus Di SDN Serdang 01, Jakarta Pusat. Uhamka : prosiding.relawanjurnal.id/index.php/comdev. Volume 2:257-267; https://doi.org/10.30874/comdev.2018.301 2019. Program Bank Sampah Dengan Model DEM Sebagai Strategi Pendidikan Karakter Bagi Siswa SDN Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Jakarta Timur. Uhamka : Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1), 312-333. https://doi.org/10.22236/psd/11312-33381 Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Widyawati, Rika. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah.Jurnal Ilmiah Semarang : Universitas Kristen Satya Wacana. citation: Atmaningsih, Yenny (2020) Evaluasi Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 05 Pagi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29105/1/SPS_MAP_1809037032_YENNY%20ATMANINGSIH.pdf