eprintid: 29099 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/99 datestamp: 2023-09-19 07:42:59 lastmod: 2023-09-19 07:42:59 status_changed: 2023-09-19 07:42:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Masruroh, Masruroh title: Evaluasi Implementasi Program Biaya Operasional Sekolah di SMK YPK Kesatuan Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Manajemen keuangan, program BOS, transparansi, akuntabiliti abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui informasi dalam sosialisasi program BOS ,implementasi program BOS dan manajemen pengelolaan program BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis Bantuan operasioanal sekolah, khususnya terkait sosialisasi program BOS ,implementasi program BOS dan manajemen pengelolaan BOS dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Model Evaluation). Metode yang digunakan adalah metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data secara ilmiah, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, bendahara BOS, guru, orang tua dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada kesenjangan dalam sosialisasi program BOS dan hambatan-hambatanya yaitu komunikasi yang kurang efektif , TIM BOS tidak memahami tugas dan fungsinya. Implementasi program BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta, 10 komponen sesuai juknis, 3 komponen terjadi ketimpangan antara juknis BOS dengan realisasi pembelanjaan yaitu pembelian alat multimedia pembelajaran, pembayaran honor guru, dan kegiatan praktek kerja industri. Manajemen pengelolaan dana BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta terjadi ketimpangan, peneliti tidak mendapatkan dokumen RKAS untuk dianalisis. Direkomendasikan bahwa, SMK YPK Kesatuan Jakarta sebaiknya dapat menjalin komunikasi yang baik,TIM BOS melaksanakan sosialisasi program secara sitematis terencana dan terprogram, evaluasi pada implementasi program BOS agar bisa memaksimalkan anggaran agar semua komponen terpenuhi. Dalam manajemen pengelolaan program BOS hendaknya dilakukan perencananaan anggaran dengan menganalisis kebutuhan-kebutuhan sekolah dalam 1 tahun dengan melibatkan guru-guru yang bertanggung jawab dalam kegiatan. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Akbar, M. F. (2016) ‘Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan operasional sekolah’, Jurnal Analisis dan Pelayanan Publik, 2(1), pp. 47–64. Anas, A. (2016) ‘Implementasi Program Dana Bantuan Operasional Sekolah Sma Negeri 1 Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara’, Katalogis, 4(5), pp. 14–23. Anef (2019) ‘Home Pendidikan’, www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01318254/bpk-temukan-tujuh-sekolah-gunakan-dana-bos-tidak-sesuai-peruntukan, p. 2. Anggraini, E. (2005) ‘Evaluasi Program Bos Dalam Peningkatan Sarana Pendidikan’, pp. 147–152. Arifin, Z. (2019) Evaluasi Program. Bandung: PT.Rosda Karya. Arikunto, S. (2009) Evaluasi Program Pendidlkan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. (2014) Evaluasi Program pendidikan :Pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. 2nd edn. Jakarta: Bumi Aksara. Attanasio, O., Fitzsimons, E. and Gomez, A. (2005) The impact of a conditional education subsidy on school enrolment in Colombia. London. B.Suryosubroto (2004) Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Blaugh, M. (1992) The Methodology of Economics, or How Economic Explain. New York: Sage Publications. Crawford, J. (2000) Evaluation of Libraries and Information Services. ke 2. London: Aslib, the association for information management and information management international. Creswell, J. W. (2008) Educational research (Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research) (3rd ed.). New Jersey, Columbus: Pearson Merrill Prentice Hall. Darojat, W. M. (2015) Model Evaluasi Program Pendidikan, Islamidina. Dearden, L. et al. (2005) Education subsidies and school drop-out rates. WP05/11. Dearden, L. and Heath, A. (1996) ‘Income support and staying in school: What can we learn from Australia’s AUSTUDY experiment?’, Institute for Fiscal Studies, 17(4), pp. 1–30. Denzin, N. L. (2000) Handbook of qualitative research. Kedua. California: Sage Publication Inc. Depdiknas (2001) Depdiknas, Manajemen Berbasis Sekolah untuk Sekolah Dasar. Depdiknas (2010) Buku Panduan Operasional Sekolah, untuk Pendidikan Gratis Dalam Rangka Wajib Belajar 9 Tahun Yang Bermutu. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Djaali & Pudji Muljono (2007) Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Dunn, W. (2003) Analisis Kebijakan Publik, Jogjakarta : Gadjah Mada University. Jogjakarta: Gadjah Mada Univercity. E.Mulyana (2004) Menjadi Kepala Sekolah Profesional. 4th edn. Bandung: Remaja Rosda karya. Fatah, N. (1998) Nanang Fatah, Studi Tentang Pembiayaan Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya. Fetterman, D. M. (1988) Qualitative Approaches to Evaluation in Education: The Silent Scientific Revolution. London: Praeger. Fitpatrick, J.L., dkk (2009) Evaluation in Action:Interview with Expert Evaluators.et.a 1. New York:Sage Publications.doi:10.1016/j.ejmech.2014.09.007. Glewwe, P. and Olinto, P. (2004) Evaluating the impact of conditional cash transfers on schooling: An experimental analysis of Honduras’s PRAF program. Final Report for USAID. Washington, DC. Gulick, L. (1995) .‘“Manajemen is a Science.’, Academy of Mangement Journal, Vol.8, pp. 1., Maret. Halik , Hidayati & Amin (2019) ‘Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2017 di SMA Islam Dempo Timur Pasarean Pamekasan’, e-JRA, 08(10), pp. 116–130. Hamidi (2004) Metodologi Penelitian Kualitatif . Malang: Universitas Muhamadiyah. Harmanto, A. (2013) Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan: Tinjauan perilaku organisasi menuju Comprehensive Multilevel Planning. Jakarta: Gramedia. Huberman, & M. B. (2007) Qualitative Data Analysis A Sourcebook of New. 23 Methods. London: Sage Publication. Ilyas, T. R., Domai, T. and Shobaruddin, M. (2005) ‘Program Bantuan Operasional Sekolah Dasar ( Studi di SDN Bulusari Tarokan Kabupaten Kediri )’, Jurnal Administrasi Publik, 1(7), pp. 1331–1339. Indonesia, Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan (2009) Manajemen Pendidikan, ( Jakarta : Alfabeta, 2009), h.275. Jakarta. Indonesia, Tim Dosen Adminstrasi Pendidikan Universitas Pendidikan (2009) Manajemen Pendidikan. Jakarta: Alfabeta. John,R Morphent, Edgar L Alexsander, K. (1983) The Economics & Financing of Education. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Karding, A. K. (2008) ‘Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah ( Bos )’, Pasca sarjana UnDip, pp. 1–151. Kaswandi (2015) ‘Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD Negeri 027 Tarakan’, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Januari 2015; 66-74 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615, 3, pp. 66–74. Kebudayaan, kementrian pendidikan (2019) Permendikbud No.3 Th. 2019Tentang petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Kemdikbud (2019a) Pengelolaan keuangan sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud (2019b) Permendikbud No.3 Tentang Petunjuk teknis Bantuan operasional Sekolah. j. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud (2019c) Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah,. Jakarta: Kemdikbud. Khoeriyah, I. and Nurmandi (2014) ‘Evaluasi Program Wajib Belajar 9 Tahun Pada Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta)’, Journal of Governance and Public Policy, 1(1). doi: 10.18196/jgpp.2014.0008. Lalupanda, E. M. (2019) ‘Evaluasi implementasi program bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini’, JMSP Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 3(2). Maluccio, J. A. and Flores, R. (2005) Impact evaluation of conditional cash transfer. Research Report 141. Washington, DC. McDavid, J. C. (2005) Applying Qualitative Evaluation Methods. Ottawa: Departement of Indian and Northern Affairs,. Moleong (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya. Moleong, L. J. (2013) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya. Mukhtar (2013) Orientasi Baru Supervisi pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Group. Mulyono (2016) Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Myrnawati, C. . (2012) Metode Penelitian untuk Pemula. Jakarta: FIP Press. Oebadillah, S. (2019) ‘Penyalahgunaan dana BOS’, http://mediaindonesia.com/raed/detail/260085-pengelolaan-dana-bos-dinilai-masih-lemah, p. 1. Patton, M. (1990) Qualitative Evaluation and Research Methods. London: SAGE. Permendikbud (2008) Peraturan pemerintah,No.48 th 2008 tentang Pendanaan,. Kemdikbud. Peshkin, A. G. (1992) Becaming Qualitatif Research:An Introduction ,Longman. New York. Preskil, dan Jones, N. (2009) A Practical Guide For Engaging Stakeholders in Developing Evaluation. Princeton Robert Wood Johnson Foundation. Prihatin, A. A. (2013) ‘Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) Dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) Tahun 2012 ( Studi Pada Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Negeri 6 Kabupaten Bintan )’, Naskah Publikasi, 2012(1). Provus, M. M. (1969) The Discrepancy Evaluation Model: An Approach to Local Program Improvement and Development. Wahington: Pittsburgh Public School. Purwanti, E. (2008) Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Rapahael, B. (2011) Evaluation A gUIDE fOR good Practive. Sidney: National Youth Suicide Prevention Strategy Evaluation Working Group. Robbin, S. P. (2013) Organizational Behavior. New York: Pearson Education. Inc. Prentice Hall. Rumidi, S. (2004) Metodologi Penelitian. ke 2. Yogyakarta: Gajah mada Univercity press. Sanafiah (2003) Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grapindo Persada. Sanders, J. (1994) The Program Evaluation Standards: How to Assess Evaluations of Educational Program 2nd Edition. California: SAGE. Schady, N. and Araujo, M. C. (2008) ‘Cash transfer, conditions, and school enrollment in Ecuador’, Economia Journal, The Latin American and Caribbean Economic Association - LACEA, 0 (spring, pp. 43–77. Schultz, T. P. (2004) ‘School subsidies for the poor: evaluating the Mexican Progresa poverty program’, Journal of Development Economics, 74(1), pp. 199–250. Shinkfield, A.JStufflebeam, D. L. (2012) Systematic evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing. Silele E, S. H. & P. R. . (2017) ‘Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus Pada SD Inpres 4 Desa Akediri Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat) Evaluation Of Management Of Operational Funt Of Case Study In The SD Inpres 4 Akediri Village District Jail’, Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), pp. 1626–1635. Slameto, S. (2012) ‘Monitoring Dan Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah Di Kota Salatiga Dengan Menggunakan Analisis Kesenjangan Tahun 2011/2012’, Satya Widya, 28(1), p. 1. doi: 10.24246/j.sw.2012.v28.i1.p1-12. Stake, R. E. (2006) The countenance of education evaluation, paper, center of instructional research and curriculum evaluation. Chicago: University of Illinois. Stuflibeam & Shinkfield (2007) Evalution Theory Models. & Applications. San Fransisco.: John Wiley & Sons Inc,. Sudjana, N. dan I. (2001) Penelitian dan Penilaian Pendidika. Bandung: Sinar baru Algesindo. Sugiyono (2011) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono (2015) Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta. Sukardi (2011) Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. Sulistiyorini (2006) Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Elkaf. Sulistyaningrum, E. (2016) ‘“Impact evaluation of the school operational assistance program (Bos) using the matching method”,’ Journal of Indonesian Economy and Business, p. 31(1), pp. 33–62. doi: 10.22146/jieb.10319. Sunardi (2017) ‘Efektivitas Penggunaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMK Kristen Immanuel Kota Pontianak Program Keahlian Akuntansi Dengan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product ). The’, Jurnal Akuntansi, (2), pp. 1–23. Supriadi (2010) Dunia Pendidikan. Jakarta: Gramedia. Suyanto, P. (2009) BOS 2009. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama. W.Gulo (2005) Metodologi Penelitian. ke 4. Jakarta: Gramedia. Weiss, C. H. (2004) Evaluation Research : Methods lor Assesing Program Eflectiviness. New Jersy: Prentice Hall. Wijaya, D. (2009) Implikasi Manajemen Keuangan Sekolah. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur. Wirawan (2012) Evaluasi,Teori,Model,Standar,Aplikasi dan Profesi. Jakarta: PT.Rajawali Pres. Wirawan (2016) Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT.Raja Grapindo Persada. Yousefi, S. A. (2018) ‘Prodi Manajemen Pendidikan Islam 1439 H / 2018 M’. Yusuf, F. T. (2002) Evaluasi Program. Jakarta: PT Rineka Cipta. citation: Masruroh, Masruroh (2020) Evaluasi Implementasi Program Biaya Operasional Sekolah di SMK YPK Kesatuan Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29099/1/SPS_MAP_1809037014_MASRUROH.pdf