eprintid: 29097 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/97 datestamp: 2023-09-19 07:04:21 lastmod: 2023-09-19 07:04:21 status_changed: 2023-09-19 07:04:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sandrasofia, Koesdini title: Evaluasi Impelementasi Program Bilingual di SMP Insan Rabbany Tangerang Selatan ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: program bilingual, evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi data dan infomasi tentang Impelementasi Program Bilingual di SMP Insan Rabbany Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu untuk mengetahui bagaimana program tersebut dapat diimplementasikan, sejauhmana terlaksananya program dan ketercapaian tujuan program. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada direktur pendidikan, kepala sekolah, guru IPA, matematika dan bahasa Inggris, siswa serta orang tua murid. Informasi yang diperlukan terkait dengan implementasi program bilingual yang sudah dijalankan oleh sekolah. Temuan hasil evaluasi antara lain evaluasi konteks meliputi visi misi sekolah dan kurikulum program bilingual; evaluasi input yang terdiri dari kemampuan siswa dan guru serta sarana dan prasarana dalam implementasi bilingual; evaluasi proses meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bilingual; evaluasi produk meliputi hasil dan dampak program bilingual bagi sekolah, siswa, guru dan orang tua siswa. Implikasi yang dirasakan oleh sekolah dengan adanya program bilingual akan meningkatkan prestise dan mutu pendidikan, siswa memiliki rasa percaya diri dan jiwa kompetitif yang tinggi serta memiliki daya analisis yang baik. Bagi guru termotivasi untuk terus mengembangkan diri dan menjadi lebih kreatif, inovatif dan berwawasan global. Serta bagi orang tua mendapakan pelayanan prima dari sekolah dan lebih siap dalam merencanakan pendidikan ke jenjang selanjutnya yang siap berkompetisi di era globalisasi. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Arifin, Zainal. 2019. Evaluasi Program. Bandung : Rosdakarya. Ansyar, Mohamad. 2017. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Kencana. Arikunto, S. & Abdul Jabar, C.S. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto Suharsimi. 2009. Dasar – dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Artini, Luh Putu, Nitiasih, & Putu Kerti. 2014. Bilingualisme dan Pendidikan Bilingual. Yogyakarta : Graha Ilmu. Baker, Colin. 2001. Foundation of Bilingual Education and Bilingualism. New York : Briddles Ltd. Bukhori, Adkha. 2017. Program Bilingual Science Class di MAN Demak (Studi Analisis SWOT). Chairunnissa, Connie. 2017. Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi dalam Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Mitra Wacana Media. Chen, Huey T. 2015. Practical Program Evaluation : Theory – Driven Evaluation and the Integrated evaluation perspective. London : Sage Publication. Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung : Nuansa Cendekia. Eko Prayitno, Sutarto Hadi, dan Muhammad Saleh. 2019. The Bilingual School Program Management. Journal of K6, Education, and Management (J-K6EM) Vol. 2, No. 1, 2019, pp. 64-70. Farida, Hanun. 2018. Madarasah berprestasi dengan Kelas Bilingual. Jurnal Dialog Vol. 41 (1) Juni 2018. Ghani, Abd, Rahman A. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Ghani, Abd, Rahman A 2015. Handout Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan. Sekolah Pasca Sarjana UHAMKA. Ghani, Abd, Rahman A. 2016. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Rajagrafindo Persada. Gracia, Eugene E, Jose E, & Nanes Sr. 2011. Bilingualism and cognition : informing research, pedagogy and policy. Washington DC : American Psychological Association. Harasusilo, Y.E. 2019. Skor PISA Terbaru, ini 5 PR Pendidikan Era Nadiem Makarim. https://edukasi.kompas.com/ Haryanto, Eddy. 2018. Analisis Kebijakan Bilingual. Yogyakarta : Textium Hikmat. 2014.Manajemen Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia. J.F Harmers, Michael H.A. Blanc. 2000. Bilinguality and Bilingualism. Cambridge: Cambridge University Press. Kurniawan, Dody. 2013. Evaluasi Program Pengembangan Bahasa Asing. Jurnal Evaluasi Pendidikan 4 (1) Maret 2013: 1-11 Lafendry, Ferdinal. 2018. Great Teacher Pencetak Anak Berkarakter. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Lendo, Oktavia, Tamzil, & Fachmi. 2018. Evaluasi Efektifitas Program Pembelajaran Bilingual Terhadap Kesempurnaan Komunikasi Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Budi Luhur Pondok Aren. Forum Ilmiah 15 (2) Mei 2018. Lexy J. Melong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya. McDavid, James C, Hawthorne, & Laura, L.R. 2006. Program Evaluation and Performance Measurement. California : Sage Pubilcations Inc. Margana, & Sukarno. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual di Sekolah Menengah Kejuruan. JURNAL KEPENDIDIKAN. 41 (1) Mei 2011, Halaman 79 - 93 Mulyana, Deddy. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Mulyasa, E. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta : Bumi Aksara. Murwani, Santosa. 2003. Pedoman Penulisan Tesis dan Desertasi. Jakarta : UHAMKA Press. Murwani, Santosa. 2018. Handout Metodologi Penelitian Ilmiah. Jakarta: Uhamka Nugraheni, Aninditya Sri. Implementasi Program Bilingual School untuk Meningkatkan kecerdasan Linguistik di SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (1) Juni 2017. Pancawati, Widya. (2020). Manfaat Bilingual Bagi Tumbuh Kembang Anak. http://id.theasianparent.com Partnership for 21st Century Skills. (2002). Learning for the 21 century. A report and mile guide for 21st century skills. Washington, DC: Partnership for 21st Century Skills. Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa: Untuk Pendidik Bahasa dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. R. Sanders James, Chair.1994. The Program Evaluation Standards. 2nd Edition. California : Sage Publications Inc. Santoso, Didik., & Ginting, Pirman. 2015. Bilingual Education Programs At Junior High Schools. Jakarta : Prenademedia Group. Satori, D: Meriawan, D. & Komariah, Aan. 2013. Model Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Administrasi Pendidikan. 17(1) Oktober 2013: 184 – 192 SMP Insan Rabbany.2020. Dokumen 1 Kurikulum SMP Insan Rabbany. Tangerang Selatan. Sugiyono, 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : CV. Alfabeta. Sukardi, 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan, Jakarta : Bumi Aksara. Suwardi, Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta. Tersiana, Andra. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta : Start up. Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Tesis Desertasi. Sekolah Pascasarjana UHAMKA. Jakarta: UHAMKA Press. Tri Angga Dewi. 2016. Implementasi kelas bilingual di SMP Negeri 1 Baturetno. Jurnal Kebijakan Pendidikan. Edisi 2 Vol. V Tahun 2016. Wirawan. 2011.Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta : Rajawali Press. Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Kencana. Jakarta. Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta : Kencana. citation: Sandrasofia, Koesdini (2020) Evaluasi Impelementasi Program Bilingual di SMP Insan Rabbany Tangerang Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29097/1/SPS_MAP_1809037011_KOESDINI%20SANDRASOFIA.pdf