%0 Thesis %9 Masters %A Sandrasofia, Koesdini %B Sekolah Pascasarjana UHAMKA %D 2020 %F repository:29097 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %K program bilingual, evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk %T Evaluasi Impelementasi Program Bilingual di SMP Insan Rabbany Tangerang Selatan %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29097/ %X Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi data dan infomasi tentang Impelementasi Program Bilingual di SMP Insan Rabbany Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu untuk mengetahui bagaimana program tersebut dapat diimplementasikan, sejauhmana terlaksananya program dan ketercapaian tujuan program. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada direktur pendidikan, kepala sekolah, guru IPA, matematika dan bahasa Inggris, siswa serta orang tua murid. Informasi yang diperlukan terkait dengan implementasi program bilingual yang sudah dijalankan oleh sekolah. Temuan hasil evaluasi antara lain evaluasi konteks meliputi visi misi sekolah dan kurikulum program bilingual; evaluasi input yang terdiri dari kemampuan siswa dan guru serta sarana dan prasarana dalam implementasi bilingual; evaluasi proses meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bilingual; evaluasi produk meliputi hasil dan dampak program bilingual bagi sekolah, siswa, guru dan orang tua siswa. Implikasi yang dirasakan oleh sekolah dengan adanya program bilingual akan meningkatkan prestise dan mutu pendidikan, siswa memiliki rasa percaya diri dan jiwa kompetitif yang tinggi serta memiliki daya analisis yang baik. Bagi guru termotivasi untuk terus mengembangkan diri dan menjadi lebih kreatif, inovatif dan berwawasan global. Serta bagi orang tua mendapakan pelayanan prima dari sekolah dan lebih siap dalam merencanakan pendidikan ke jenjang selanjutnya yang siap berkompetisi di era globalisasi.