eprintid: 29094 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/94 datestamp: 2023-09-19 06:25:50 lastmod: 2023-09-19 06:25:50 status_changed: 2023-09-19 06:25:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sunanto, Dwi title: Evaluasi Implementas Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 8 Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: evaluasi, karakter, CIPP abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi, memperoleh informasi pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 8 Jakarta. Pelaksanaan pendidikan yang dimaksud meliputi kebijakan penyelenggaraan, tujuan, visi dan misi sekolah, peserta didik, guru, kurikulum, pembiayaan, sarana dan prasarana, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Subyek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan mulai dari context bahwa kebijakan tentang pelaksanaan pendidikan karakter secara eksplisit sudah ada. Input, SMKN 8 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pendidikan karakter yang diimplementasikan pada ekstrakurikuler. Latar belakang pendidikan guru 73% yang telah S1 dengan kompetensi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, tetapi jumlah guru pembina khusus ekstrakurikuler belum memadai. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 revisi. Prasarana khusus yang dimiliki SMKN 8 Jakarta cukup memadai. Process, pelaksanaan pembelajaran dan ekstrakurikuler dilakukan secara klasikal,. Dan Product, rata-rata tingkat pencapaian hasil belajar yang diperoleh siswa cukup baik, artinya bahwa setiap siswa dapat dinyatakan lulus. Perkembangan aspek sosialnya bagus dengan pendidikan karakter siswa menjadi mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Al Jufri, Hamid. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. Jakarta: Smart Grafika. Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, dan Prosedur, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Aneka Cipta. Arikunto, S. & Safrudin, C. 2014. Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara. El Khuluqo, I. 2016. Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Sprititualitas dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar. Ghani, Abd. Rahman. A. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Depok: Rajagrafindo Persada. _________________. Handouts 2014. Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Hadi, S. 2011. Metode Riset Evaluasi, Jakarta. Hamalik, O. 2003. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kustawan, D. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: PT Luxima Metro Media __________. 2013. Penilaian Pembelajaran. Jakarta: PT Luxima Metro Media. Majid, Abdul & Andayani, Dian, 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Moleong, L. J..2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Murwani, R.S. 2006. Evaluasi Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Uhamka Press. Purwanto, N. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Stufflebeam, D. L. & Shinkfield, A. J. 1990, Sytematic Evaluation, Boston: Kluwer Nijhoff Publishing. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrai. Bandung: Alfabeta. ________. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. Tayipnafis, F. Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Tahun 2003 Wirawan. 2012. Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers. Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan , Jakarta: Kencana. citation: Sunanto, Dwi (2020) Evaluasi Implementas Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 8 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29094/1/SPS_MAP_1809037007_DWI%20SUNANTO.pdf