%0 Thesis %9 Masters %A Mu’min, Mu’min %B Sekolah Pascasarjana UHAMKA %D 2020 %F repository:29090 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %K disiplin kerja guru, sarana pendidikan, prestasi siswa %T Hubungan Antara Disiplin Kerja Guru dan Sarana Pendidikan dengan Prestasi Siswa MTs Miftahul Umam Cilandak Jakarta Selatan %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29090/ %X Fokus penelitian adalah untuk mengungkap ada atau tidaknya hubungan antara disiplin kerja guru dan sarana pendidikan dengan prestasi siswa MTs Miftahul Umam Cilandak Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan di kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Miftahul Umam Cilandak Jakarta Selatan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik korelasi dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas delapan di MTs Miftahul Umam Cilandak. Sampel penelitian diambil 117 siswa dari 166 populasi yang diambil secara acak proporsional. Data kemudian dikumpulkan menggunakan instrument kuesioner. Analisis data menggunakan statistik korelasi dan regresi dengan taraf α = 0,05. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Disiplin Kerja Guru dengan Prestasi Siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,036 (3,6%). Artinya Disiplin Kerja Guru dan Prestasi Siswa memiliki kekuatan hubungan sebesar 3,6%. (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Sarana Pendidikan dengan Prestasi Siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,095 (9,5%). Artinya Sarana Pendidikan dan Prestasi Siswa memiliki kekuatan hubungan sebesar 9,5%. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Disiplin Kerja Guru dan Sarana Pendidikan secara bersama-sama dengan Prestasi Siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,881 (88,1 %). Artinya Disiplin Kerja Guru dan Sarana Pendidikan memiliki kekuatan hubungan sebesar 88, 1% terhadap Prestasi Siswa. Dengan demikian, kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara prestasi siswa dengan disiplin kerja guru dan sarana pendidikan.