eprintid: 29089 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/89 datestamp: 2023-09-19 05:55:43 lastmod: 2023-09-19 05:55:43 status_changed: 2023-09-19 05:55:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauziah, Nova title: Evaluasi Program Tahfiz Al Qur’an : Suatu Penelitian Evaluatif berdasarkan Model DEM (Discrepancy Evaluation Model), mengenai Program Tahfiz Al Qur’an Sekolah Dasar Islam Asshafa di Pengasinan Depok ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Program Tahfiz, Tahfiz Al Qur’an, menghafal Al Qur’an abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan pengetahuan, sedangkan tujuan khususnya adalah mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan program tahfiz, prosedur penyelenggaraannya, ketenagaan, sarana prasarana, proses pembelajarana, hasil dan dampak pelaksanaan program tahfiz Al Qur’an di Sekolah Dasar Islam Asshafa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model DEM (Discrepancy Evaluation Model). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari Kepala SD Islam Asshafa, Wakil Kurikulum, Koordinator Tahfiz, Guru Tahfiz. Dan Komite SD Islam Asshafa. Teknik analisis data dengen reduksi data (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)Kesesuaian program dengan standar program yang meliputi kurikulum, pembiayaan, sarana prasarana, dan peran serta orangtua diimplementasikan dengan baik, (2) Program tahfiz di SD Islam Asshafa sudah terencana dengan baik, mulai dari program tahunan, program semester, penjadwalan, target hafalan, sampai metode yang akan dipakai dalam pembelajaran, (3) Program tahfiz di SD Islam Asshafa sudah memiliki sistem evaluasi penilaian yang cukup baik untuk siswa, (4) Hasil implementasi program tahfiz Al Qur’an di SD Islam Asshafa berkaitan dengan kurikulum yang sudah sesuai dengan diharapkan, kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kurikulum dapat melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pengontrolan terhadap guru tahfiz dan siswa dapat mengikuti dengan baik program ini. Kelebihan dari program tahfiz Al Qur’an di SD Islam Asshafa adalah kebijakan–kebijakan program dan komitmen dalam melaksanakannya dalam upaya menciptakan generasi Rabbani yang mencintai Al Qur’an dan berakhlak Qur’ani. date: 2020-11-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Alfatoni, S. (2015). Teknik Menghafal Al – Qur’an. CV Ghyyas Putra. Arifin, Z. (2019). Evaluasi Program : Teori dan Praktek dalam Konteks Pendidikan dan Nonkependidikan. Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. dan C. S. A. J. (2014). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara. Diaz, F., Freato, R., Yanaga, E., Hallevy, G., Minelle, F., ، مختاري، پونه. شجاعي، معصومه. دانا امير , Contini, F., Smith, P. K., Mallia, A. K., Hermanson, G. T., Daim, T. U., Chan, L., Estep, J., Pigues, D. K., Alderman, J., Galton, P. M., Briefs, S., Elec, I. N., Al, T., … Schaller, A. (2017). Jurnal Tahfiz Hanafiah. ,( مجلة اسيوط للدراسات ا لبيئة, ا لعدد ا لحا( 3 43. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Fakultas, Z., Pendidikan, I., Universitas, P., Jakarta, M., & Cireundeu-ciputat, A. D. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Mencari, Memperoleh, Dan Menganalisis Data Hasil Dari Observasi Yang Dilakukan Penelitian. 301–310. Ferdinan, F., & Ibrahim, M. (2018). Pelaksanaan Progam Tahfidz Al Qur’an (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sulawesi Selatan). TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01), 37–50. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i01.1379 Firdausi, F. (2017). Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al- Qur’an (Studi atas buku “Metode Ilham: Menghafal al-Qur’an serasa Bermain Game” karya Lukman Hakim dan Ali Khosim). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 18(2), 189. https://doi.org/10.14421/qh.2017.1802-03 Ghani, A. R. . (2014). Metode Penelitian Tindakan Sekolah. Raja Grasindo. Irkhamiyati. (2017). Evaluasi Persiapan Perpustakaan Stikes ’ Aisyiyah Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 37–46. Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Al Qur’an) di Pondok Pesantren Al-Husain Magelang. Hanata Widya, 6(2), 62–73. Komunikasi, I., Sidoarjo, U. M., & Jurnal, R. (2011). Jurnal Ilmiah MAKNA METODOLOGI DALAM PENELITIAN. Lutfy, A. (2013). METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN (Studi Komparatif Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrasah al-Hufadzh II Gedongan Ender, Pangenan Cirebon dengan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Terpadu Al- Hikmah Bobos, Dukupuntang Cirebon). Holistik, 14(02), 157–173. Mardan. (2010). Al – Qur’an Sebuah Pengantar. Pustaka Mapan. Miles, M. B. and A. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage Publications. Muhammad Roihan Daulay. (2014). STUDI PENDEKATAN ALQURAN Oleh: Muhammad Roihan Daulay. Jurnal Thariqah Ilmiah, 01(01), 31–45. Muthoifin, M., Anshori, A., & Suryono, S. (2016). Metode Pembelajaran Tahfiz Al- Quran di Madrasah Aliyah Tahfiz Nurul Iman Karanganar dan Madrasah Aliyah Al- Kahfi Surakarta. Profetika, Jurnal Studi Islam, 17(2), 29–35. Muyasaroh, M., & Sutrisno, S. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Cipp Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 215–233. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2862 Norhan, L., & Sanjaya, L. (2016). Aplikasi Pembelajaran Menyusun Ayat Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Juz 30). Jurnal Online Informatika, 1(2), 87–91. https://doi.org/10.15575/join.v1i2.32 Nurjaman, R. (2020). Hasil Wawancara Staf Waka Kurikulum SD Islam Asshafa Patras, Y. E., Hidayat, R., Lian, B., Fitria, H., & Apriana, D. (2019). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 4(1). Ramadhan, S. (2020). Hasil Wawancara Koordinator Tahfiz SD Islam Asshafa. Ramadhanti, R. (2020). Hasil Wawancara Guru Tahfiz SD Islam Asshafa. Retnawati, Heri, dan E. M. (2016). Evaluasi Program Pendidikan. Universitas Terbuka. Rohili, T. (2020). Hasil Wawancara Kepala SD Islam Asshafa. Sa’dullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran. Gema Insani. SAHRONI, S., & LATIEF, A. M. (2019). Program Evaluation - Strengthening Character Education in Integrated Islamic Junior Secondary School. JKP | Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 2(1), 152–164. https://doi.org/10.22236/jkpuhamka.v2i1.3803 Saifulloh, W. M. (2013). Afifah Mendeley. 6(1), 20–32. Sanders, J. R. (1994). The Program Evaluation Standards. Sage Publications. Stufflebeam, D. L. dan A. J. S. (1984). Systematic Evaluation. Kluwer – Nijhoff Publishing. Sudjana, D. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Remaja Rosdakarya. Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan : Prinsip dan Operasionalnya. Bumi Aksara. Sukardi. (2015). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Bumi Aksara. Trinova, Z., & Wati, S. (2016). The Contributions of Quranic Tahfidz to Mental Health. Al-Ta Lim Journal, 23(3), 260. https://doi.org/10.15548/jt.v23i3.243 Umj, Z. (1970). Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 124–134. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.9 Widoyoko, S. E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar. Wirawan. (2011). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Rajawali Pers. Worthen, B. R. dan J. R. S. (1987). Educational Evaluation. Longman. Zulfitria. (2019). Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Darul Ilmi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 53(9), 1689– 1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 citation: Fauziah, Nova (2020) Evaluasi Program Tahfiz Al Qur’an : Suatu Penelitian Evaluatif berdasarkan Model DEM (Discrepancy Evaluation Model), mengenai Program Tahfiz Al Qur’an Sekolah Dasar Islam Asshafa di Pengasinan Depok. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29089/1/SPP_MAP_1809037018_NOVA%20FAUZIAH.pdf