eprintid: 29086 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/86 datestamp: 2023-09-19 05:51:42 lastmod: 2023-09-19 05:51:42 status_changed: 2023-09-19 05:51:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sugiyarti, Sugiyarti title: Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Pada masa pandemi covid-19 Dini (Studi Kasus) di TK Khairunnisa Kecamatan Larangan Kota Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Implementasi Pembelajaran; Media Pembelajaran; Materi Pembelajaran. abstract: Tesis ini bertujuan untuk melihat kesesuaian pembelajaran jarak jauh dengan tumbuh kembang anak usia dini yang mana dalam pembelajaran adalah menciptakan suasana yang menyenangkan dan bahagia di rumah, sesuai dengan dunia anak usia dini, serta mengetahui hambatan yang dialami guru dalam proses pembelajaran jarak jauh yang dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sesuai dengan surat edaran Kemendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, Surat edaran Kemendikbud nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, dan SKB 4 Mentri nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020, dan Nomor 440- 882 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan telaah dokumen, observasi, wawancara dan catatan lapangan dianalisis kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Triangulasi dilakukan dengan kombinasi triangulasi sumber dan triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Kesesuaian proses pembelajaran jarak jauh guru TK Khairunnissa Kecamatan Larangan dengan mengacu pada anjuran pemerintah sudah cukup sesuai namun ada faktor penghambat untuk seorang guru memaksimalkan kompetensinya. Adapun hambatan berupa media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh belum memadai serta masih terbatasnya kemampuan guru untuk mengoperasikan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta kurangnya motivasi guru untuk meningkatkan ketrampilan penguasaan penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dari hasil penelitian yang ada, TK Khairunnisa khususnya dan guru-guru TK pada umumnya masih sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat ataupun daerah untuk melakukan pembinaan sumber daya manusia berupa ketrampilan penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK). date: 2021-02-17 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: N.W Nasution, (2017) Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing Chaeruman, Uwes A. (2020). Tips Implementasi Flipped Learning. Materi disajikan dalam Webinar APSTPI 2020 Chaeruman, Uwes A.dan Santi Maudiarti. (2018). Quadrant of Blended Learning: a Proposed Conceptual Model for Designing Effective Blended Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif1(1) (2018): 1-5. Diakses pada tanggal 24 Mei 2020 dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/5924/4373 Bilfaqih, Y & Qomarudin, M. N. 2015. Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. 131. Conny Semiawan. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini: pendidikan Prasekolah dan Dasar. Jakarta: Prenhalindo Depdikbud.1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta Balai Pustaka … Dirjen. GTK.Kemendikbud.2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh.Bagi Guru salama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan semangat Merdeka Belajar. E.Mulyasa.2009.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya,Bandung cetakan ke 4 Elizabeth G. Hainstock. 1999. Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Garrison, D. Randy dan Heather Kanuka. 2004. Blended Learning: Uncovering its Transformative Potential in Higher Education. Internet and Higher Education 7. No.7. Volume 2004. Hal. 95-105. Graham, Charles R. 2005 Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. Ihsana Khuluqo.2015. Manajemen PAUD. Pendidikan Taman Kehidupan Anak Yogyakarta : Pustaka Pelajar Kemendikbud. 2020. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran CORONAVIRUS DISESASE (Covid-19). Kuntarto E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature Vol. 3 No. 1 hal 99-110 Kuntarto, E. & Asyhar, R. (2017). “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa”. Repository Unja. Https://repository.unja.ac.id/cgi/users/ home? Sanjaya W.2016. Strateegi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan Bandung: Prenada Media Lexy J. Melong.2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm.174 Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Masitoh dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Novan Ardy Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media. Presiden RI., 2005, Permen RI No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Setneg RI Purwanto A, et all. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal EduPsyCouns. Vol.2 No. 1. Siti Aisyah dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini Jakarta: universitas Terbuka Staker, H. (2011). The Rise of K-12 Blended Learning: Profiles of Emerging Models. In Innosight Institute. ERIC. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Thorne, K., (2003). Blended Learning: How to Integrate Online & Traditional Learning. London & Sterling, VA: Kogan Page Limited. UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia Yudhi A dan Amalia N. 2018. Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Jurnal Basatra. Vol.7 No.1. Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: citation: Sugiyarti, Sugiyarti (2021) Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Pada masa pandemi covid-19 Dini (Studi Kasus) di TK Khairunnisa Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29086/1/SPS_MAP_1809037142_SUGIYARTI.pdf