eprintid: 29085 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/85 datestamp: 2023-09-19 05:44:33 lastmod: 2023-09-19 05:44:33 status_changed: 2023-09-19 05:44:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sadremi, Sadremi title: Evaluasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi Program, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru abstract: Evaluasi ini bertujuan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala TK. Al-Ikhlas Kota Tangerang. Dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penilitian diharapkan dapat memberikan masukan kepada pengambil keputusan untuk program selanjutnya. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan responden enam guru, satu staf dan kepala sekolah. Instrument yang digunakan untuk menjaring data dengan triangulasi yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Validasi data, analisis data, penyajian data penarikan data dan verifikasi. Hasil temuan konteks menunjukkan perlunya supervise akademik berdasarkan kebutuhan peningkatan kinerja guru. Evaluasi input direncanakan dengan baik dan teknik melibatkan guru dalam kesiapannya dengan anggaran swadaya dari yayasan. Evaluasi proses ditemukan guru yang muda lebih cerdas daya tangkapnya dalam memberikan pembelajaran . Evaluasi produk berdampak positif menemukan tindak lanjut. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) kepala sekolah dalam melaksanakan perancangan program supervisi akademik berdasarkan pada tujuan dan prinsip supervisi, (2) Kepala sekolah sudah melaksanakan program supervisi sesuai prosedur yang telah di tentukan, (3) Hasil supervisi belum signifikan karena kepala sekolah belum memberikan feedback yang baik dalam peningkatan kinerja guru, (4) pembinaan dan pelatihan yang diberikan kepala sekolah belum sepenuhnya merata kepada guru. Oleh karena itu, hasil program supervisi tidak memberikan hasil yang signifikan dilihat dari data guru yang kualifikasinya belum terpenuhi. Dan penelitian ini bisa digenerelasikan atau diteruskan kepada peneliti berikutnya. date: 2021-02-17 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Ahmad Salim. 2012. Evaluasi terhadap pelaksanaan Akademik.Kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum sekolah (KTSP) di Sekolah Menengah Pertama 105 Jakarta Barat. Tesis: UHAMKA Al-Khuluqo, Ihsana. 2016. Belajar dan Pembelajaran : Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai – Nilai Spiritual dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Asikin, Y. A. (2018). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Min Ternate Di Desa Pulau Buaya, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 43. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1299 Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Andi. Chidi, N., & Victor, A. A. (2017). Principals’ Supervisory Techniques as Correlates of Teachers’ Job Performance in Secondary Schools in Ebonyi State, Nigeria. International Journal for Social Studies, 3(10), 13–22. https://eric.ed.gov/?id=ED581535 Dr. Nwite Onuma. (2016). PRINCIPALS PERFORMANCE OF SUPERVISION OF INSTRUCTIONS IN SECONDARY SCHOOLS IN NIGERIA. British Journal of Education, 53(9), 1689–1699. https://www.eajournals.org/journals/british-journal-of-education-bje/vol-4-issue-3-march-2015/principals-performance-of-supervision-of-instructions-in-secondary-schools-in-nigeria/ Darotdrajat dan Wahyudhiana M. 2015.Model Evaluasi Program Pendidikan. ISLAMADINA Jurnal Vol XIV No.1. Pages 1-28. (diakses online pada 11 September,2020,Website: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/1665) Dewi, Novi Cahya, Aslan dan Muhammad Suhardi. 2020. Gaya Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Akademik) Vol.4 Nomor 2 Maret 2020 : 159-164. (diakses online pada 21 September, 2020, Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/10919/5523) Elyana Roswita. 2017. Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar dan Motivasi berprestasi dengan kinerja guru di gugus 2 Pendidikan Dasar Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Tesis. Jakarta: UHAMKA. Ghani, Abd. Rahman A. 2013. Handouts Mata Kuliah Metodologi Pendidikan. Jakarta : Sekolah Pasca Sarjana UHAMKA. Hanafi, Halid, La Adu dan H. Muzakkir. 2019. Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta : CV. Budi Utama Hikmah. 2017. Peran Supervisi akademik Kepala Sekolah pada TK Islam Al Azhar 6 Sentra Primer cabang Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: UHAMKA. . Hasanah, Miftahul Laili. 2019. Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Vol.3 No.2 November 2019 IAIN Curup – Bengkulu. 97-112 (diakses online pada 12 Desember 2020, Website: http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/1159/pdf) Hs, Syamsuddin. 2019. Penerepan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri 3 Pengulon. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) Vol.3 No.2 Juli 2019. 230-237 (diakses online pada 12 Desember, 2020, Website: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/21164/13202) Kurniawan, Daniel, Yari Dwikurrnaningsih dan Bambang S. Sulasmo. 2018. Evaluasi Program Supervisi Akademik di PAUD Swasta. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.5 No.2 Juli-Desember 2018. 107-123 (diakses online pada 12 Desember 2020, Website: https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2137/1071) Kusumawati, Naniek dan Endang S. Maruti. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah. Magetan : CV. AE Media Grafik. Kompri, 2017. Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori Untuk Praktik Profesional. Jakarta : Kencana. Machali, Imam dan Ara Hidayat. 2018. The Handbook of Education Management : Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta : Kencanadaryanto. Malawi, Ibadullah dan Maruti, Endang S. 2016. Evaluasi Pendidikan. Magetan : CV. AE Medika Grafika. Marmoah, Sri. 2018. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Teori Dan Praktek. Yogyakarta : CV. Budi Utama. Mas, Sitti Roskina.2020. Integrasi Kreativitas dan Inovasi pada Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Produksi. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol. 4 No. 3 Juli 2020 : 267-274. (diakses online pada 21 September 2020, Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/). Mushlih, Aguslani dan R Ahmad Suryadi. 2018. Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek. Bandung : Rosda. Mas, Sitti Roskina.2020. Integrasi Kreativitas dan Inovasi pada Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Produksi. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol. 4 No. 3 Juli 2020 : 267-274. (diakses online pada 21 September 2020, Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/ Novakhta, Vendy Sunny. 2018. Evaluasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Kota Banjar Jawa Barat. Jakarta : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. Kab. Sukabumi : CV. Jejak. Prasojo, Diat Lantip dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media. Purwanto, Ngalim. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara. Qurtubi, H. Ahmad. 2019. Administrasi Pendidikan ( Tinjauan Teori & Implementasi). Surabaya : CV. Jakad Media Publishing. Roswita, Elyana. 2017. “Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru di Gugus 2 Pendidikan Dasar Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang”. Tesis. Jakarta : UHAMKA. Rukajat, Ajat. 2018. Teknis Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : CV. Budi Utama. Slameto. 2020. Model, Program, Evaluasi Beserta Tren Supervisi Akademik. Qiara Media. Stufflebeam, D.L. H McKee and B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation. Suwartini, Erni Agustina. 2017. Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.2 Oktober 2017. 62-70 (diakses online pada 15 Desember 2020, Website: https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/download/8294/pdf Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Scholario Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.voll.59 no.2, Mei 2015. . Suparman, 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru : Sebuah Pengantar Teoritik. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi dan Implementasinya. Jakarta : Prenada Media. Syukri, Harun, Cut Zahri, dan Nasir Usman. 2015. Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara.Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 79-90. Widiyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Wulandari, Riska. 2020. Evaluasi Terhadap Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah 10 Jakarta Barat. Jakarta : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Yusuf, A. Muri. 2017. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Kencana. 11121 ISTRO 2019 www.istr.am Internatonal Jurnal Of Scientific dan Technology Research Volume 8 Edisi 08 Agustus 2019. Evaluasi Program citation: Sadremi, Sadremi (2021) Evaluasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29085/1/SPS_MAP_1809037141_SADREMI.pdf