eprintid: 29082 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/82 datestamp: 2023-09-19 04:30:10 lastmod: 2023-09-19 04:30:10 status_changed: 2023-09-19 04:30:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Umayah, Ely Nur title: Evaluasi Supervisi akademik kepala sekolah di TK Nurul Hasanah ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi Program, CIPP, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Covid- 19 abstract: Tesis ini bertujuan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk dalam pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah TK Nurul Hasanah Kecamatan Karang Tengah. Metode yang dighunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Model yang digunakan adalah model CIPP dan instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa study dokumen, wawancara dengan 1 kepala sekolah dan 10 orang guru, serta observasi terhadap hasil supervisi. Untuk menguji keabsahan dan kevalidan data, peneliti menggunkan triangulasi dan kemudian membandingkan dengan standar evaluasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan program supervisi tetap dilanjutkan dan dilaksanakan dengan pertimbangan terkait penyesuaian dengan keaadan ditengah keaadan pandemic Covid-19 dimana harus juga memperhatikan aspek-aspek keselamatan dan kesehatan peserta didik dan pendidik serta juga guru memaksimalkan potensinya didalam penguasaan IT guna membantu KBM yang dilakukan secara daring saat ini sedang diterapkan. date: 2021-02-17 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Ahmad Salim. 2012. Evaluasi terhadap pelaksanaan Akademik.Kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum sekolah (KTSP) di Sekolah Menengah Pertama 105 Jakarta Barat. Tesis: UHAMKA Al-Khuluqo, Ihsana. 2016. Belajar dan pembelaran : Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai – Nilai Spiritual dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Arikunto, Suharsimi. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Erlangga Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Andi Danim, Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta Darotdrajat dan Wahyudhiana M. 2015.Model Evaluasi Program Pendidikan. ISLAMADINA Jurnal Vol XIV No.1. Pages 1-28. (diakses online pada 11 September 2020, website: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/1665) Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta Dewi, Novi Cahya, Aslan dan Muhammad Suhardi. 2020. Gaya Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Akademik) Vol.4 Nomor 2 Maret 2020 : 159-164. (diakses online pada 21 September 2020, website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/10919/5523) Elyana Roswita. 2017. Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar dan Motivasi berprestasi dengan kinerja guru di gugus 2 Pendidikan Dasar Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Tesis. Jakarta: UHAMKA Gall, Meredith D., Gall, Joyce dan Borg, Walter R. 2007. Educational Research: An Introduction. New York: Pearson Education Hanafi, Halid, La Adu dan H. Muzakkir. 2019. Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta : CV. Budi Utama Harlen, W. 2007. Assesment of learning. London : Sage Publication Hasanah, Miftahul Laili. 2019. Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Vol.3 No.2 November 2019 IAIN Curup – Bengkulu. 97-112 (diakses online pada 12 Desember 2020, website: http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/1159/pdf) Hikmah. 2012. Peran Supervisi akademik Kepala Sekolah pada TK Islam Al Azhar 6 Sentra Primer cabang Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: UHAMKA. Holidi, Dudung. 2012. Pedoman Manajemen Supervisi dan Kepala Sekolah & Pengawas. Tangerang : PT. Griya Widya Pustaka Hs, Syamsuddin. 2019. Penerepan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri 3 Pengulon. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) Vol.3 No.2 Juli 2019. 230-237 (diakses online pada 12 Desember 2020, website: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/21164/13202) Indrawan, Irjus & dkk. 2019. Guru Profesional. Klaten : Lakeisha Jelantik, A.A Ketut. 2018. Mengenal Tugas Pokok Sekolah dan Fungsi Pengawas Sekolah Sebuah Gagasan, Menuju Perbaikan Kualitas Secara Berkelanjutan (Countinous Quality Improvement). Yogyakarta : CV. Budi Utama Kurniawan, Daniel, Yari Dwikurrnaningsih dan Bambang S. Sulasmo. 2018. Evaluasi Program Supervisi Akademik di PAUD Swasta. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.5 No.2 Juli-Desember 2018. 107-123 (diakses online pada 12 Desember 2020, website: https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2137/1071) Kusumawati, Naniek dan Endang S. Maruti. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah. Magetan : CV. AE Media Grafika Kompri, 2017. Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori Untuk Praktik Profesional. Jakarta : Kencana Machali, Imam dan Ara Hidayat. 2018. The Handbook of Education Management : Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta : Kencanadaryanto Malawi, Ibadullah dan Maruti, Endang S. 2016. Evaluasi Pendidikan. Magetan : CV. AE Medika Grafika Marmoah, Sri. 2018. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Teori Dan Praktek. Yogyakarta : CV. Budi Utama Mas, Sitti Roskina.2020. Integrasi Kreativitas dan Inovasi pada Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Produksi. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol. 4 No. 3 Juli 2020 : 267-274. (diakses online pada 21 September 2020, Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/) Munthe, Ashinong P. 2015. Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Scholaria, Vol. 5, No. 2, Mei 2015: 1 – 14. Tangerang : Universitas Pelita Harapan Mushlih, Aguslani dan R Ahmad Suryadi. 2018. Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek. Bandung : Rosda Nawawi, H. Hada’i. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Gajah Mada University Novakhta, Vendy Sunny. 2018. Evaluasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Kota Banjar Jawa Barat. Jakarta : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. Kab. Sukabumi : CV. Jejak Prasojo, Diat Lantip dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media Purwanto Ngalim, 2012, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. Purwanto, Ngalim. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara Qurtubi, H. Ahmad. 2019. Administrasi Pendidikan ( Tinjauan Teori & Implementasi). Surabaya : CV. Jakad Media Publishing Rifai, M. 2005. Administrasi Pendidikan. Bandung : Penerbit Jammers Rukajat, Ajat. 2018. Teknis Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : CV. Budi Utama Sahertian, 2018. Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik, “Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Rineka Cipta. Sahertian, Piet A. dan Frans Mataheru. 2008. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional Slameto. 2020. Model, Program, Evaluasi Beserta Tren Supervisi Akademik. Qiara Media Stufflebeam, D.L. H McKee and B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation. Paper presented at the 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon. Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Rineke Cipta Sudjana, Djuju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Supardi, 2013. Kinerja Guru. Jakarta : Raja Gravindo. Sukardi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta : Bumi Aksara. Suparlan. 2008. Menjadi guru efektif. Yogyakarta: Hikayat Suparman, 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru : Sebuah Pengantar Teoritik. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi dan Implementasinya. Jakarta : Prenada Media Sutikno, Muzayanah. 2010. Modul Kuliah Evaluasi Program. Jakarta Suwartini, Erni Agustina. 2017. Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.2 Oktober 2017. 62-70 (diakses online pada 15 Desember 2020, Website: https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/download/8294/pdf) Syukri, Harun, Cut Zahri, dan Nasir Usman. 2015. Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara.Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 79-90 Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : Rineke Cipta Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Wulandari, Riska. 2020. Evaluasi Terhadap Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah 10 Jakarta Barat. Jakarta : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Yarbrough, Donald B., et. al. 2010. Joint Committee on Standards for Educational Evaluation: The Program Standards: A Guide for Evaluators and Evaluation Users. California: Sage Publication Yusuf, A. Muri. 2017. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Kencana citation: Umayah, Ely Nur (2021) Evaluasi Supervisi akademik kepala sekolah di TK Nurul Hasanah. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29082/1/SPS_MAP_1809037139_ELY%20NUR%20UMAYAH.pdf