eprintid: 29075 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/75 datestamp: 2023-09-19 03:41:32 lastmod: 2023-09-19 03:41:32 status_changed: 2023-09-19 03:41:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lubis, Kholilah title: Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SD Negeri Pondok Bahar 5 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, Model CIPP abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di Sekolah Dasar Negeri Pondok Bahar 5 dari segi konteks, input, proses, dan produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi konteks, perencanaan pendidikan karakter tertuang dalam visi, misi, dan tujuan SD Negeri Pondok Bahar 5 yang kemudian diintegrasikan ke dalam kurikulum dan diimplementasikan melalui proses pembelajaran dan pembiasaan, serta pengembangan diri secara terprogram dan tidak terprogram. Dari segi input, dalam menyiapkan tenaga pendidik yang sesuai untuk melaksanakan dan menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didik, sekolah memberikan pembekalan kepada semua guru dan staff yang dilakukan oleh pengawas setiap tiga bulan sekali, serta pantauan dan koordinasi dari kepala sekolah. Dari segi proses, pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Pondok Bahar 5 sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak sekolah, meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, misalnya kurangnya kesadaran peserta didik akan kedisiplinan dan kemandirian. Dari segi hasil, evaluasi terhadap produk program pendidikan karakter menggambarkan bahwa pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD Negeri Pondok Bahar 5 memiliki hasil yang baik, meskipun terdapat kendala dalam pelaksanannya. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut diantaranya melalui dukungan dari orangtua karena penerapan pendidikan karakter akan lebih efisien jika ada kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orangtua agar pembiasaan-pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah dapat diterapkan pula di rumah. date: 2021-02-17 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 1, 50-58. Akbar, S., Samawi, A., Arafiq, M., & Hidayah, L. (2014). Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Sekolah Dasar Tahun 23 Nomor 2, 139 - 151. Al Jufri, H., & Suprapto. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. Jakarta: PT. Smart Grafika. Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing. Anwar, S. (2014). Pengembangan Budaya Mutu dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandar Lampung. Jurnal Studi Keislaman Volume 14 Nomor 2. Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Arifin, Z. (2017). Evaluasi Program. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Barnawi, & Arifin, M. (2017). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Engkoswara, & Komariah, A. (2015). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Ghani, A. R. (2016). Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Koesoema A, D. (2011). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Grasindo. Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun V Nomor 1. Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Rusdiana. (2017). Manajemen Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia. Rusmana, A. O. (2015). Penerapan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Eduscience Volume 4 Nomor 2. Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryadi. (2018). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Sarana Pancakarya Nusa. Syarif, Moch. Suryadi, Abd. Rahman A. Ghani, dan Suyanto. 2017. “The Model of Implementing Character-based Holistic Education In Learning”, http://serialsjournal.com, diakses pada 14 September 2020. Yulianti. 2019. “Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 09 Plus Jakarta Timur”. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group. citation: Lubis, Kholilah (2021) Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SD Negeri Pondok Bahar 5 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29075/1/SPS_MAP_1809037132_KHOLILAH%20LUBIS.pdf