%0 Thesis %9 Masters %A Lubis, Kholilah %B Sekolah Pascasarjana UHAMKA %D 2021 %F repository:29075 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %K Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, Model CIPP %T Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SD Negeri Pondok Bahar 5 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29075/ %X Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di Sekolah Dasar Negeri Pondok Bahar 5 dari segi konteks, input, proses, dan produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi konteks, perencanaan pendidikan karakter tertuang dalam visi, misi, dan tujuan SD Negeri Pondok Bahar 5 yang kemudian diintegrasikan ke dalam kurikulum dan diimplementasikan melalui proses pembelajaran dan pembiasaan, serta pengembangan diri secara terprogram dan tidak terprogram. Dari segi input, dalam menyiapkan tenaga pendidik yang sesuai untuk melaksanakan dan menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didik, sekolah memberikan pembekalan kepada semua guru dan staff yang dilakukan oleh pengawas setiap tiga bulan sekali, serta pantauan dan koordinasi dari kepala sekolah. Dari segi proses, pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Pondok Bahar 5 sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak sekolah, meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, misalnya kurangnya kesadaran peserta didik akan kedisiplinan dan kemandirian. Dari segi hasil, evaluasi terhadap produk program pendidikan karakter menggambarkan bahwa pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD Negeri Pondok Bahar 5 memiliki hasil yang baik, meskipun terdapat kendala dalam pelaksanannya. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut diantaranya melalui dukungan dari orangtua karena penerapan pendidikan karakter akan lebih efisien jika ada kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orangtua agar pembiasaan-pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah dapat diterapkan pula di rumah.