eprintid: 29071 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/71 datestamp: 2023-09-19 03:29:12 lastmod: 2023-09-19 03:29:12 status_changed: 2023-09-19 03:29:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Umiyati, Umiyati title: Evaluasi Peran Komite Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 5 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Komite Sekolah, Mutu Pendidikan, Peran Komite Sekolah abstract: Komite sekolah memiliki peran sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan penghubung. Dari keempat peran tersebut, diharapkan komite sekolah mampu membantu satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan dan mampu melaksanaan pengelolaan pendidikan secara efisian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN Peninggilan 5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitaif, dengan pendekatan deskriptif dan model Provus (Ketimpangan dengan membandingkan antara stanndar yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 dan realisasi pelaksanaannya di SDN Peninggilan 5.Teknik pengumpulan data ini melalui wawancara yang mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, ketua komite, guru, dan orang tua peserta didik Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 5. Analisis data yang digunakan ada tiga langkah yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung telah dilaksanakan namun maksimal sebagai ditetapkan pemerintah. Sebagai pemberi pertimbangan komite belum terlihat aktif memberikan masukan dan pertimbangan dalam perencanaan program dan kebijakan sekolah. Sebagai pendukung, Komite Sekolah telah aktif memberikan dukungan terhadap pengadaan dan pengelolaan sarana prasarana, sumber daya manusia, maupun pendanaan, dalam menjalankan perannya sebagai pengontrol terhadap perencanaan dan pelaksanaan program sekolah, laporan hasil pengamatan masih berupa informasi lisan dan insidental. Peran sebagai penghubung sudah cukup baik, namun hubungan kerjasama dengan masyarakat masih kurang. Secara umum komite Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 5 berperan dalam peningkatkan mutu sekolah dengan membantu moril maupun materiil. date: 2021-02-17 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. . (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S., & Jabar, C. (2009). Evaluasi Program Pendidikan dan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Bedjo, S. (2007). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Sagung Seto. Briekerhoff, R. et.-al. (19S83). Program Evaluation. A Source Book. Boston: Kluwer Nijboff Publishing. Chairunnisa, C., & Pudjasemedi. (2013). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Ukamka Press. Daryanto, H. M. (2005). Adminstrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Ghani, A. R. (2014). Metode Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Rajawali Press. Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo. Isjoni. (2006). Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Isra, M. W. (2012). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pedidikan di SDIT Raudhatul Muttaqim Pondok Gede. Jakarta: UHAMKA. Janatun, T. (2015). Evaluasi Peran Komite Sekolah Dalam Pelolaan Mutu Layanan Pendidikan Di Madrasah Aliah 11 Jakarta. Jakarta: UHAMKA. Khusnuridlo. (2010). Prinsip-prinsip Evaluasi Program Supervisi Pendidikan (Online). Retrieved from http://www.khusnuridlo.com 20 Desember 2020 Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan 2. Bandung: Alfabeta. Lampiran II Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044 Tahun 2002, Penduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, hal. 121 Latifah, E. (2012). Peranan Komite Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen berbasis Sekolah Pada MTs Negeri Subang. Jakarta: UHAMKA. Meirawan, & Rahadi. (2006). Pemerdayaan Komite Sekolah: Modul 1: Penguatan kelembagaan Sekolah . Jakarta: Depdiknas. Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyadi, Suprayekti, & Fathia, F. (2015). Evaluasi Program. Jakarta: Lembaga Pengembangan UNJ. Mulyasa. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press. Mulyono, W. D. (2014). Jurnal Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan SMK di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Vokasi. Nanang, F. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Pendidikan. Bandung: Pustaka Bani Qurasy. Norkhalisah, Amanda, P. N., & Dayanti, R. (2020). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Di Sekolah Inklusi SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Jurnal Manajemen Kelompok 9-1.docx Version.1. Pohan, M. M. (2018). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal ANISIRU PAI, Vol. 2 No. 2, 97-106. Rahma S., D. (2014). Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rangkas Bitung Lebak Provinsi Banten. Jakarta. Sidi, I. J. (2001). Menuju Masyarakat Belajar, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. Sofiah, Y. (2017). Evaluasi Terhadap Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta. Jakarta: UHAMKA. Stufflebeam, D., & Shinkfield, A. (2007). Evaluation Theory, Models and Application. San Francisco: Jossey Bass. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sulasmono, B. S., & Murjini. (2017). Evaluasi Kinerja Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, Februari 2017, Th. XXXVI, No. 1, 113-121. Syaiful, S. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat, Strategi Menenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT. Nimas Multima. Tayibnapis, F. Y. (2000). Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta. Tim Pembinaan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. (2007). Pemberdayaan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Tim Pengembang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. (2003). Acuan Operasional Kegiatan dan Indikator Kinerja Komite Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Triatna, C. (2015). Pengembangan Manajemen Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. hal. 156 Pratiwi, I. A., & Hamidsyukrie , Z. M. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 1, 91-98. Widyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers. citation: Umiyati, Umiyati (2021) Evaluasi Peran Komite Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 5 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29071/1/SPS_MAP_1809037130_UMIYATI.pdf