eprintid: 29070 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/90/70 datestamp: 2023-09-19 03:24:05 lastmod: 2023-09-19 03:24:05 status_changed: 2023-09-19 03:24:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Supriatin, Supriatin title: Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Penggerak: Studi Kualitatif pada SDN Sudimara Timur Ciledug Kota Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: MBS, Sekolah Penggerak, CIPP abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi terlaksana atau tidak implementasi manajemen berbasis sekolah menuju sekolah penggerak di SDN Sudimara Timur. Evaluasi ini juga bertujuan untuk menilai konteks, input, proses dan produk dari pelaksanaan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah penggerak Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah, meliputi pengumpulan data menggunakan wawancara berstruktur, observasi, dan dokumentasi.. Model penelitian yang digunakan adalah model CIPP (Conteks, Input, Procces, Produk).Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan, monitoring, dan evaluasi manajemen berbasis sekolah sudah dilaksanakan dengan cukup baik di SDN Sudimara Timur namun untuk program menuju sekolah penggerak belum direncanakan dikarenakan program tersebut baru ingin disosialisasikan oleh dinas terkait. 2) Implementasi manajemen berbasis sekolah dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi sekolah serta bersesuaian dengan peraturan yang berlaku. 3) Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah bersesuaian dengan kualifikasi yang dibutuhkan namun terdapat guru yang masih tidak mampu menjalankan program manajemen dengan baik. 4) Hasil implementasi manajemen berbasis sekolah diantaranya meningkatnya prestasi akademik dan non akademik peserta didik serta meningkatnya kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidik dalam merencanakan pembelajaran untuk memajukan mutu pendidikan diSDNSudimaraTimur.Berdasarkanhasil evaluasi ini, elevator memberikan rekomendasi program evaluasi implementasi manajemen berbasis sekolah menuju sekolah penggerak untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah yang bersesuaian dengan visi, misi sekolah, serta peraturan yang terkait. date: 2021-02-17 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: A. Ghani, Abd Rahman. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014. Agustina, Sri. "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di MAN 4 Sleman 2017/2018." Jurnal UII (2018). Aminuddin Siahaan, dkk. Manajemen Berbasis Sekolah (konsep, strategi, dan implementasi). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014. Anisatulhuda, Nida. Studi Evaluasi Penggunaan Model CIPP dalam Diklat Guru Pendamping Muda Bagi Pendidik PAUD di Kabupaten Ciamis. Tesis. Bandung: UPI, 2019. Arifin, Zainal. Evaluasi Program Teori dan Praktek dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019. Bhakti, Yoga Budi. "Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA." Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah (2017): 77. Budiwibowo, Satrio, Sudarmiati. Manajemen Pendidikan . Yogyakarta: ANDI, 2018. D.Reynaldo. "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung." journal repository (2020). E.Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019. Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015. Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan. "Merdeka Belajar." Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak 10 Maret 2020: 4. Lindberg, Erik and Vladmir Vanyunshyn. "Manajemen Berbasis Sekolah dengan atau tanpa Kepemimpinan Internasional." Jurnal Internasional Vol.2 (2013): 39-50. Mesiono, M. "Manajemen Berbasis Sekolah." Journal repository.radenintan (2016). Muda, Giswar Ranto. "Evaluasi Implementasi Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 01 Pagi." (2017): 19. —. Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 01 Pagi Penjaringan Kapuk Muara, Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: UHAMKA, 2017. Musbir. "Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Peusangan Kabupaten Bireuen." Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA (2014): 264. N.Nazidah. "Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs PAB 2 Sampali." journal repository (2019). —. "Kepemimpinan kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs PAB 2 Sampali." journal repository (2019). Putra, Inda Ahardika. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. 2020. Sabil, Husni. "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 11 Kota Jambi." Jurnal Sainmatika Vol.8 (2014): 1. Sahroni, S. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten. Tesis. Surakarta: Pascasarjana IAIN, 2018. Silitonga, D. "Evaluasi Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah Pada SMK Negeri 3 Jakarta." E Juenal ebn (2021). Stufflebeam. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta:Rajagrafindo Persada, 2011. Sugiono. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2015. Suhartono. "Humas Perspektik Manajemen Berbasis Sekolah." Jurnal Paedogogik Media (2021). Sulasmono, BS. "Evaluasi Manjemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SMP Negeri BOJA Kabupaten Kendal ." ejournal.uksw.edu (2015). Susanto, D. "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 4 Slerok Kota Tegal." Jurnal Unnes (2017). Susanto, TTD. "Evaluasi Implementasi Program Manjemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 61 Jakarta ." journal repository (2019). TERSIANA. METODE PENELITIAN. JOGYAKARTA: JOGYAKARTA, 2018. Wiyanto, Arip. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Tesis. Surakarta: Pascasarjana MPI, citation: Supriatin, Supriatin (2021) Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Penggerak: Studi Kualitatif pada SDN Sudimara Timur Ciledug Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29070/1/SPS_MAP_1809037129_SUPRIATIN.pdf