%0 Thesis %9 Masters %A Al Khuwarizmi, Faariq Robiith %B Sekolah Pascasarjana UHAMKA %D 2021 %F repository:29048 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %T Evaluasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan : Studi Kualitatif pada Mafatih Islamic School Kalibata Jakarta Selatan %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29048/ %X Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Mafatih Islamic School Kalibata Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan model evaluasi ketimpangan (discrepancy model evaluation). Penggunaan model evaluasi tersebut dipilih untuk meneliti adanya kesenjangan antara standar dengan pelaksanaan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di Mafatih Islamic School Kalibata menggunakan e-learning dengan model Moodle sebagai penyampaian bahan ajar dan beberapa platform pertemuan virtual seperti Microsoft Teams, Google Meet, dan Zoom. Pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh Mafatih Islamic School Kalibata memiliki kesenjangan di dalam pelaksanaannya. Kesenjangan ada pada pelaksanaannya serta karakteristik mutu pendidikan yang belum terpenuhi seluruhnya, yaitu kinerja, waktu wajar, dan standar tertentu. Manajemen sekolah harus senantiasa melakukan pengawasan dan monitoring yang ketat sehingga pembelajaran daring yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan efektif sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya kesenjangan dan mampu mencapai seluruh karakteristik yang ada pada standar pelaksanaan. Hasil dari evaluasi yang dilakukan ini berkaitan dengan kualitas mutu pendidikan di Mafatih Islamic School Kalibata. Mutu pendidikan di Mafatih Islamic School Kalibata dapat dikatakan cukup baik jika dilihat dan disandarkan kepada beberapa aspek penilaian di dalam penelitian evaluasi ini. Aspek-aspek tersebut meliputi enam tahapan evaluasi ketimpangan, prinsip pembelajaran daring, hasil belajar murid, dan karakteristik mutu pendidikan. Dengan penelitian ini, diharapkan pembelajaran daring yang dilaksanakan lebih efektif lagi, terutama kaitannya dalam menjalankan amanah bangsa agar setiap anak bangsa dapat memperoleh hak pendidikan mereka.