%A Wijdana Ibria %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %X Tesis ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang Etnoparenting anak usia dini suku Betawi di TK Islam Al Abriya Sawangan Depok. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan mengetahui makna-makna tingkah laku, kondisi emosional dan lainnya pada pola asuh suku Betawi yang terekspresikan secara langsung maupun tidak langsung. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dokumentasi, observasi dan studi literatur. Wawancara dilakukan kepada orang tua siswa, pegawai sekolah yang menjadi orang tua siswa, dan tokoh masyarakat. Temuan hasil penelitian etnografis meliputi jenis pola asuh yang diterapkan suku Betawi yaitu permisif atau demokratis; nilai-nilai yang ditanamkan adalah nilai keagamaan, kejujuran, kerendahan hati, kepatuhan pada orang tua, kemandirian dan menjaga hubungan baik dalam masyarakat; pola asuh dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua, pendidikan, pengalaman, stress dan komunikasi; aktivitas pengasuhan positif yang dilakukan yaitu percakapan penuh keakraban, kegiatan berkumpul/makan bersama, antar-jemput anak, dan tidur bersama; orang tua berperan dalam fungsi keagamaan, perlindungan, cinta kasih dan sosialisasi; efektivitas komunikasi orang tua dalam pengasuhan anak tergantung wawasan, tingkat pendidikan dan jenis pola asuh yang diterapkan orang tua. Dengan demikian dapat disarankan kepada sekolah agar mengembangkan program-program dengan menitikberatkan pada nilai keagamaan, kekeluargaan dan sosial seperti program tahsin, Peringatan Hari Besar Islam, serta kegiatan lain yang memfasilitasi kebersamaan anak dengan orang tuanya serta kegiatan parenting. %L repository29046 %D 2021 %T Etnoparenting Anak Usia Dini Suku Betawi di Taman Kanak-kanak Islam Al Abriya Kecamatan Sawangan Depok