TY - JOUR Y1 - 2021/// ID - repository28996 IS - 1 JF - Jurnal Pendidikan Karakter PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - public SN - 2089-5003 SP - 117 UR - https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/38898/pdf N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pola sinergitas antara guru dan orang tua dalam integrasi nilia-nilai karakter pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Responden penelitian ini yaituguru dan orangtua siswa dari tiga Sekolah Dasar Muhammadiyah,yaitu SD Muhammadiyah Bojonggede Provinsi Jawa Barat, SD Muhammadiyah 24 Rawamangun Provinsi DKI Jakarta, dan SD Muhammadiyah 12 Pamulang Provinsi Banten. Responden berjumlah 25 guru dan 141 orangtua. Angket menggunakan skala likert,dan data yang didapatkan dianalisis secaradeskriptif kuantitatif dan dilanjutkan dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pada indikator pembimbingan karakter, sinergitas guru dan orang tua di tiga sekolah tersebut sudah berjalan baik.Keduanya telah bersama-sama memberikan pembimbingan karakter kepada anak. Sedangkan untuk indikator penilaian karakter dan menjalin komunikasi terdapat perbedaan pola sinergitas antara guru dan orang tuadi ketiga sekolahtersebut VL - 12 TI - SINERGITAS GURU DAN ORANGTUA DALAM INTEGRASINILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARINGDI MASA PANDEMI COVID-19 EP - 133 A1 - Sri Astuti, Astuti A1 - Pramudiani, Puri A1 - Masykuroh, Khusniyati A1 - Ulfah, Syafika ER -